Tips Menabung Untuk Anak Sekolah Sejak Dini


Hemat pangkal kaya. Ini bunyi kata pepatah yang sering sekali kita dengar pas jaman sekolah dasar dulu. Artinya kurang lebih, kalau ingin hidup sejahtera ya aturlah keuangan kita dengan belanja seperlunya dan berusaha menghemat pengeluaran untuk ditabung demi masa depan. Ya, menabung sangat penting untuk masa depan. Jangan sampai uang dihabiskan untuk masa sekarang sementara masa depan kita sengsara. Oleh karena itu, menabung harus dibiasakan sejak dini dan inilah tips menabung untuk anak sekolah sejak dini yang bisa kita terapkan pada anak-anak kita.


  1. Kenalkan anak pada jenis uang logam, kertas, nominalnya, dan kegiatan menabung
Untuk tahap pertama, kenalkan anak sejak dini pada jenis uang logam dan kertas. Kenalkan juga nominal uang yang ada pada anak, mulai dari seratus rupiah, dua ratus, lima ratus, seribu, lima ribu, dan seterusnya. Sambil tak lupa juga mengenalkan anak pada penggunaan uang, selain digunakan untuk berbelanja juga uang bisa ditabung. 
 
Mengenalkan anak pada uang dan menabung bisa melalui uang mainan sambil bercerita atau bermain peran dengan anak, serta bisa melalui berbagai buku. Tips ini paling cocok untuk anak seusia kelompok bermain atau Taman Kanak-kanak, karena lewat permainan mereka akan lebih bisa menyerap informasi.

tips menabung untuk anak sekolah sejak dini
pixabay.com

  1. Beri anak uang saku
Ya dong, anak tidak dapat menabung kalau ia tidak dapat uang saku. Beri ia uang saku secukupnya saja sesuai kemampuan orangtua. Misalnya dua ribu sehari. Dan beri ia batasan dan aturan dalam menggunakan uang sakunya. Misalnya seribu untuk jajan dan seribu untuk ditabung. 

Oh ya, biasanya pada momen tertentu anak juga akan mendapatkan uang dari saudara atau anggota keluarga yang lain, misalnya saat hari raya Idul Fitri. Mintalah anak untuk menyisihkan uang yang didapatnya untuk ditabung.

  1. Beri motivasi untuk menabung
Setiap orang mempunyai keinginan, begitu juga dengan seorang anak. Berilah anak motivasi agar ia semangat untuk menabung. Misalnya, saat anak suka sekali membaca dan membuat komik. Motivasi ia agar menyisihkan sedikit uang jajannya untuk ditabung. Kelak, tabungannya bisa dipakai untuk membeli komik kesukaannya, untuk biaya sekolah animasi atau desain yang sesuai dengan hobi dan bakatnya itu.

Buat saya, ini yang paling efektif buat si sulung kakak Za. Bila mempunyai satu keinginan, ia akan berusaha mewujudkannya. Saat ini, ia punya satu celengan khusus untuk menyisihkan uang sakunya untuk ditabung. 

  1. Berikan ia celengan dengan berbagai bentuk yang menarik

tips menabung untuk anak sekolah sejak dini
pixabay.com

Celengan dengan bentuk karakter kesukaan anak bisa menambah semangat anak untuk menabung. Celengan dengan berbagai karakter populer sekarang bisa dengan mudah ditemukan di toko. Membuat sendiri celengan yang menarik juga bisa jadi pilihan. Jadi anak bisa lebih bebas berkreasi dan makin memotivasinya untuk menabung.

  1. Ajak ia menabung di bank
Setelah uang di rumah terkumpul cukup banyak, ajaklah anak menabung di bank. Ini merupakan cara mengenalkan anak pada kegiatan menabung di bank. Menabung di bank lebih aman dan terjamin dibanding menabung di rumah. Sedangkan di rumah, uang bisa rusak dan beresiko terkena tindak kejahatan. 

Saat ini, sudah banyak bank yang bekerjasama dengan sekolah agar anak sekolah bisa menabung di bank. Misalnya dengan cara bank keliling menggunakan mobil yang berkeliling dari satu sekolah ke sekolah lain. Ini kesempatan yang bagus buat anak agar bisa menabung di bank. Anak sekolah tidak perlu mendatangi bank yang bersangkutan karena bank yang akan mendatangi anak di sekolahnya.

Inilah 5 tips menabung untuk anak sekolah sejak dini. Yang juga penting, kita sebagai orangtua harus jadi teladan dulu buat anak. Beritahu anak ketika kita akan menabung. Misalnya seperti ini, “…Nak, hari ini kita mau belanja kebutuhan rumah. Lihat, Ibu sudah mencatat barang yang akan kita beli. Kamu boleh memilih satu makanan kesukaanmu. Nah, kalau yang ini, uangnya mau ibu tabung untuk sekolahmu….”

Bagaimana dengan anda, pak, bu, apa tips anda agar anak sekolah menabung sejak dini? Share yuk di kolom komentar!

Comments

  1. Mbak, maaf mau tanya, barangkali mbak tau: kalau uang logam hasil celengan kita bawa ke bank, apakah mereka mau menerimanya sebagai tabungan? Sebab anakku uang logam hasil celengannya sampai seratus ribu tapi ya logam kabeh. Masih nimbang2 mau bwa ke bank, kuatir malah petugas ga mau terima karena malas ngitung hiks hiks....

    ReplyDelete
  2. Anak saya nanti masuk kelas 2 SD baru kenal duit, telat ya..
    Sebelumnya gak pernah saya kasih uang jajan soalnya.

    Takut dia jajan sembarangan di sekolahnya

    Kelas 1 SDpun belum dikasih uang saku karena emang gak dibolehin sekolah.

    Tapi Alhamdulillah dia mau nabung, tiap dikasih uang jajan, selalu disisain untuk ditabung.

    Saya buatin dia semacam pembukuan gitu, jadi dia belajar uang masuk dan uang keluar sendiri.
    Selain itu bikin dia belajar menghitung jumlah uang 😊

    ReplyDelete
  3. He eh mb, bener banget..menabung ini memang harus dibiasakan sejak kecil. Klo anak2ku biasanya tak "giring" ke bank klo abis lebaran itu mba...soalnya klo ga gitu, THR mereka ya cuma buat beli mainan sama jajan mlulu

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Menginap di Hotel Yang Ramah Anak di Bogor