Ini Dia Beberapa Faktor Penyebab Wanita Tidak Subur



Untuk bisa hamil dengan segera pastinya akan menjadi dambaan setiap wanita yang sudah menikah. Salah satu hal yang harus diperhatikan seorang wanita yang sedang merencanakan program kehamilan adalah dengan memperkirakan dan menghitung kapan terjadinya masa subur dan waktu tidak subur. Waktu subur ini merupakan waktu didalam siklus haid wanita ketika kondisi sel telur sudah matang dan sel sperma siap untuk segera membuahinya. Kemungkinan untuk hamil sangat besar jika diwaktu subur melakukan hubungan seksual. Tetapi pada kondisi tertentu seorang wanita meski sudah memperhitungkan periode ovulasinya dan pada waktu subur secara rutin melakukan hubungan seksual, tetap saja mengalami kesulitan untuk bisa hamil. 


penyebab wanita tidak subur


Kondisi yang seperti ini bisa menjadi indikasi jika seorang wanita itu tidak subur. Lalu apa yang menjadi penyebab seorang wanita tidak subur?  Berikut beberapa faktor penyebab wanita tidak subur diantaranya yaitu : 

1.      Usia
Ketidaksuburan seorang wanita sangat erat kaitannya dengan usia, karena pada umumnya kesuburan pada wanita itu akan menurun secara signifikan ketika menginjak usia 30 tahun keatas. Diusia yang seperti sekarang ini selain akan kesulitan untuk hamil tetapi resiko keguguran juga akan lebih tinggi.

2.      Kebiasaan Merokok
Kehamilan juga akan terganggu jika mempunyai kebiasaan merokok, gangguannya itu seperti gangguan pada leher rahim, tabung saluran indung telur, hingga meningatkan resiko keguguran. Rokok ini akan menyebabkan penuaan yang lebih cepat terhadap indung telur dan sebelum waktunya rokok ini akan menghabiskan sel telur, sehingga kemungkinan untuk bisa hamil ini sangatlah kecil.

3.      Berat Badan
Tingkat kesuburan pada wanita juga akan menurun jika memiliki badan yang terlalu gemuk atau terlalu kurus. Hal ini dikarenakan berat badan ini akan mempengaruhi tingkat hormon didalam tubuh dan termasuk didalamnya hormon yang berperan didalam proses ovulasi juga akan menurun.

4.      Gangguan Ovulasi
Menurut sebuah penelitian penyebab utama wanita tidak subur adalah adanya gangguan terhadap proses ovulasinya. Gangguan ovulasi pada seorang wanita ini bisa ditandai dengan tidak normalnya menstruasi dan periode menstruasi tidak lengkap.

Itulah beberapa faktor penyebab wanita tidak subur. Dengan telah mengetahui faktor faktor yang dapat mengurangi tingkat kesuburan maka para wanita ini akan mengetahui cara untuk mengantisipasinya.

Comments

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Menginap di Hotel Yang Ramah Anak di Bogor