Mengenalkan Beberapa Aplikasi di Laptop Pada Anak


Ayah, ibu, pernah gak sih si kecil ikut-ikut nimbrung saat kita sedang bekerja di depan laptop? Saat Za dan Ra balita, mereka seriiing banget ikut-ikutan ‘merusuh’ saat saya sedang menulis atau membaca artikel dari laptop. Sekarang pun saat masa balita sudah lewat, mereka masih sering ikut penasaran dengan apa yang saya lakukan di depan laptop. Yah, wajar lah, namanya juga anak, mereka meniru apapun dari lingkungan sekitarnya. Kalau ayah dan ibunya setiap hari ‘mojok’ di depan laptop, mereka tentu saja akan penasaran dan meniru. 

Sekarang ipadnya istirahat karena rusak, jadi suka ikutan umi 'nimbrung' depan laptop
 
Awalnya agak kesal juga sih saat anak-anak ‘nempel’ terus padahal saya harus menulis konten di blog saya atau harus mencari artikel referensi di laptop. Apalagi, sudah beberapa gadget dan laptop jadi korban karena dijatuhkan atau digebrak anak. Tetapi lalu saya menyadarkan diri sendiri bahwa anak-anak adalah prioritas saya sebagai ibu. Seiring dengan bertambahnya usia kakak Za dan adik Ra, mereka juga semakin bisa diberi pengertian saat uminya harus menyelesaikan pekerjaannya terlebih dulu di depan laptop.

Daripada saya kesal yang membuat hati dan tubuh lelah, lebih baik saya sekalian mengenalkan anak pada beberapa aplikasi di laptop sembari menulis. Bukan aplikasi yang susah, tapi tentu saja aplikasi yang mudah-mudah saja yang bisa mendukung pendidikannya di sekolah, misalnya saja aplikasi berikut ini yang sudah sangat biasa kita gunakan.

  1. Microsoft Word
Ah, ini sih aplikasi yang biasaaa banget kita pakai untuk menulis. Oleh karena itu pasti sangat mudah bagi kita sebagai orangtua untuk mengajarkannya pada anak. Tapi buat anak tentu saja tetap hal yang baru dan menarik. Apalagi untuk adik Ra yang sedang belajar membaca dan menulis, proses belajar jadi menarik. Misalnya nih, saat saya menyuruhnya mencari huruf tertentu, ia akan mencarinya seperti mencari harta karun karena tidak mudah baginya untuk menemukan satu huruf yang dimaksud. 

microsot word untuk anak
tenjocity.wordpress.com

Selain belajar mengenal huruf, di aplikasi Microsoft Word anak juga belajar mewarnai huruf, mengenal berbagai jenis huruf, belajar mengubah ukuran huruf, mengenal macam-macam paragraph, dan sebagainya termasuk memasukkan gambar ke dalam tulisan. Tuh, banyak kan yang bisa dipelajari di aplikasi ini.

  1. Microsoft Power Point
Kalau aplikasi ini lebih cocok untuk anak yang sudah agak besar, minimal sudah Sekolah Dasar lah ya karena aplikasi ini sangat bermanfaat ketika akan mengadakan presentasi. Anak sekolah dasar, apalagi di jaman digital seperti sekarang ini, sudah bisa dan tidak aneh melakukan presentasi di depan kelas dengan menggunakan teknologi komputer. 

Aplikasi ini sering dipakai kakak Za untuk membuat berbagai macam presentasi dengan tema yang ia sukai. Biasanya sih tema seputar game atau tokoh kartun yang ia sukai. Ya, saya tidak membatasi tema yang akan ia presentasikan untuk saat ini. Yang penting ia mau belajar sambil bermain, itu sudah bagus.

microsot power point untuk anak
presentasi yang dibuat kakak Za emnggunakan power point
 
  1. Paint
Aplikasi Paint paling mudah digunakan anak seusia adik Ra. Ini adalah aplikasi untuk menggambar, mewarnai, mengenal berbagai bentuk, bahkan bisa memasukkan huruf dan gambar juga. Kebetulan di sekolah pun adik Ra belajar Paint di mata pelajaran TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Jadi, menggunakan aplikasi ini di rumah bisa menunjang proses pendidikannya di sekolah.

microsoft paint untuk anak
modulkomputer.com
 
Itulah tiga program yang saya kenalkan sama Kakak Za dan adik Ra di rumah menggunakan laptop. Ini laptop yang saya gunakan bersama dengan anak, untuk kerja dan bermain dengan anak. Walaupun harus selalu dicharge karena tidak bisa lama menyimpan baterai, kami bersyukur bisa menggunakan laptop ini di rumah. Kan katanya kalau bersyukur, Allah SWT akan menambah nikmat-Nya sama kita hehe. Siapa tahu nanti kesampaian beli laptop baru seperti laptop Asus yang banyak diulas di blog teknologi. Harga laptop Asus berkisar antara 3 juta sampai puluhan juta, jadi bisa menabung dulu lah yaa.

harga laptop asus
blibli.com


Bagaimana dengan anda, setuju tidak sih kalau anak diperkenalkan dengan berbagai aplikasi di laptop? Kalau anak-anak ingin ikut main laptop sementara anda harus bekerja, apa yang anda lakukan? Share yuk di kolom komentar biar jadi pelajaran buat saya dan pembaca yang lain.

Comments

  1. enak kalo anak udah dikenalin sama gadget laptop jadi bisa banyak belajar dan berkreasi. gak cuma buat game doank, asus juga gak bikin lemot

    ReplyDelete
  2. Huhu kalau aku sdh 2x laptop kena siram air karena pas ada kerjaan si kakak bangun. Krn keduanya masih balita. 😌
    Tp mungkin gedean dikit lg bisa diajak main bareng yak kayak za dan ra

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Menginap di Hotel Yang Ramah Anak di Bogor