Merencanakan Liburan Keluarga Ke Jogjakarta Bersama JD.id




Jogjakarta merupakan salah satu kota yang ingin saya kunjungi sebagai destinasi wisata. Bukan tanpa alasan sih. Ada sejarahnya. Dulu ketika masih bekerja dan single, saya pernah janjian sama dua teman dekat sekaligus teman kost  saya untuk sama-sama pergi ke Jogja. Tapi karena kesibukan masing-masing, terlebih lagi kami lalu berkeluarga dan terpisah beda kota satu sama lain, rencana itu bubar sudah.

Lalu kemudian waktu berlalu. Saat kumpul dengan keluarga besar, saya kadang suka mendengar cerita dari kakak ipar dan adik ipar yang tentang Jogja. Mereka memang pernah kuliah disana. Katanya, kuliner disana cukup murah. makanya, Jogja merupakan salah satu tujuan pendidikan favorit anak muda di Indonesia. 

Saya pun jadi makin diingatkan tentang Jogjakarta. Berwisata kesana bersama keluarga sepertinya akan jadi hal yang menyenangkan.  Saya pun mencoba googling dan menemukan beberapa tujuan wisata menarik yang bisa dikunjungi bersama keluarga, jika kami mempunya kesempatan pergi ke Jogjakarta.


  1. Wisata Bangunan Bersejarah
Candi merupakan salah satu bentuk bangunan bersejarah yang dipakai sebagai tempat ibadah umat Hindu dan Budha di masa dahulu. Kalau mengajak anak mengunjungi Candi, bisa sekalian belajar sejarah Indonesia nih. Sekarang candi masih digunakan untuk perayaan hari raya dan acara khusus. Diantara candi yang ada di Jogjakarta antara lain Candi Prambanan, Candi Ratu Boko, Candi Tara atau Kalasan, Candi Ijo, Candi Barong, Candi Sambisari, Candi Kedulan, Candi Lumbung, Candi Plaosan, Candi Sewu, Candi Banyunibo, Candi Gebang, dan sebagainya. Wah banyak juga ya, mana dulu yang dikunjungi ya?

candi prambanan
Candi Prambanan (indonesia-tourism.com)
 
Bangunan bersejarah lainnya di Jogjakarta adalah tentu saja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Keraton merupakan contoh arsitektur istana Jawa terbaik, yang memiliki balairung mewah, lapangan serta pavilion yang luas. Keraton Yogyakarta didirikan oleh Sultan Hamengku Buwono I pada tahun 1755. Sekarang Keraton masih berfungsi sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangga istananya yang masih menjalankan tradisi kesultanan sampai sekarang. Wah, senangnya ya kalau bisa berkunjung ke Keraton dan bisa mengetahui kehidupan seorang sultan. 

Ada juga Taman Sari yang merupakan bekas taman atau kebun Keraton Nyagogyakarta yang awalnya memiliki luas 10 hektare dengan 57 bangunan berupa gedung, kolam pemandian, jembatan gantung, kanal air, danau dan pulau buatan serta lorong bawah air. Namun kini sisa-sisa bagian Taman Sari yang dapat dilihat hanyalah yang berada di barat daya kompleks Kedhaton saja.

Keraton Yogyakarta (id.wikipedia.org)


  1. Wisata pantai
Ternyata tidak hanya Bali yang pernah saya dan keluarga kunjungi, Jogjakarta juga punya pantai-pantai yang indah. Asyiiiik. Ya, pengalaman ke Bali tahun 2015 lalu mengunjungi pantai-pantainya sungguh berkesan. Sehingga saya bisa bilang, saya tidak akan pernah bosan kalau mengunjungi pantai.  Selain pemandangan indah dan udara segar yang bisa didapat, banyak kegiataln lburan yang bisa dilakukan di pantai seperti bermain pasir, bermain bola, berenang, dan sebagainya. Dan tentu saja kita bisa mentadaburi alam sehingga semakin dekat pada-Nya.

Diantara Pantai di Jogjakarta yang bisa kita kunjungi adalah pantai Indrayanti, pantai Baron, Pantai Pok Tunggal, Pantai Parangtritis, pantai Drini, Pantai Timang, Pantai Sundak, Pantai Glagah, Pantai Siung, dan Pantai Sadranan. Mm, ke pantai mana dulu nih? Yang pasti nanti yang terdekat dari tempat menginap dong ya.

pantai parangtritis
Pantai Parangtritis (indonesia-tourism.com)
 
  1. Wisata edukasi
Wisata edukasi bisa meningkatkan pengetahuan bagi seluruh anggota keluarga. Seperti pepatah, sekali merengkuh dayung dua tiga pulau terlampaui.  Sambil jalan-jalan dan refreshing, bisa sekalian menambah pengetahuan dan pengalaman. 

Ada beberapa tempat yang bisa dikunjungi sebagai tujuan wisata edukasi sekeluarga, yaitu Museum Ullen Sentalu untuk mengetahui kesenian dan budaya Jawa, Museum Benteng Fort Vredeburg, Taman Pintar Yogyakarta untuk belajar sains, Museum Sonobudoyo yang memamerkan benda-benda budaya, Museum Affandi yang memamerkan lukisan seniman Affandi, Museum De Mata trick Eye untuk merasakan pengalaman tiga dimensi, Museum De Arca Sattue untuk mengetahi figure terkenal dunia, Museum Dirgantara, Museum Nasional Jogja, Museum Code, Museum Batik Jogjakarta, dan sebagainya. Banyaaak, bingung lagi kan.

museum ullen sentalu
Museum Ullen Sentalu (njogja.co.id)


  1. Wisata kuliner
Teman dan saudara yang sudah berkunjung ke Jogja seringkali bercerita tentang wisata kuliner Jogja yang murah meriah sehingga menambah rasa penasaran saya. Diantara tempat makan yang terkenal di Jogja adalah Angkringan KR, Jejamuran, Bakmi Pak pele, Sate Klathak Pak Bari, House of Raminten, Warung Sawah Gondang Legi, The Manglung CafĂ©, Ayam Geprek Bu Rum, Oseng Mercon Bu Narti, Gudeg Pawon, Nasi Goreng Kambing Krodosono, dan sebagainya. 

angkringan jogja
angkringan (cnnindonesia.com)
 
  1. Wisata Alam
Saya suka dengan wisata yang berhubungan dengan alam karena suasana menyegarkan yang didapat bisa membuat suasana hati jadi adem. Di Jogjakarta ada beberapa wisata alam yang bisa dikunjungi selain wisata pantai yang saya tulis diatas, seperti Kebun Binatang Gembira Loka, Air terjun Sri gethuk, Hutan Pinus Mangunan, Wisata Alam Kalibiru, Taman pelangi, Bukit Bintang, Tebing Breksi, dan yang lainnya.

jogjawis.blogspot.com
 
Sebelum berangkat ke tujuan wisata, ada baiknya kita menentukan tujuan wisata yang akan didatangi, menentukan tempat menginap yang dekat dengan tempat wisata, dan menentukan transportasi menuju ke tempat tujuan. Sekarang saya lagi pantengin JD.id nih! JD.id adalah salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia yang pertama kali beroperasi pada November 2015 yang lalu. Saat ini JD.id memiliki 12 kategori produk untuk dijual yang terdiri dari kebutuhan ibu dan anak, smartphone, elektronik, bahkan menyediakan keperluan liburan keluarga seperti JD Flight dan JD Hotel

Keperluan liburan saya ke Jogjakarta sudah ada di satu tempat yaitu JD.id, jadi lebih mudah pesan tiket pesawat dan hotel. Saya bisa memesan hotel tempat menginap selama berwisata di Jogjakarta, sekaligus mendapatkan tiket pesawat murah di JD.id jika saya pintar mencari informasi yang tepat disini. Misalnya nih, saat saya mengetik tulisan ini, sedang ada promo potongan 500 ribu untuk pembelian tiket pesawat di JD.id sampai dengan 30 April 2018. Tentunya jika kita memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku ya. 

JD.id mempunyai moto “Make Joy Happen”, membuat kesenangan terwujud. Yah, siapa yang nggak senang kalau pesan hotel dan transportasi untuk liburan gak perlu ribet ke tempat yang berbeda dan tinggal pesan dari rumah lewat layar komputer atau smartphone. Impian liburan bersama keluarga ke Jogjakarta bisa saya wujudkan bersama JD.id. Bahkan tiket penerbangan yang tersedia di JD.id bukan Cuma dalam negeri, tersedia juga tiket pesawat ke luar negeri. 

Bagaimana dengan anda, teman? Liburan kemana yang anda impikan? Kemanapun itu, semoga dapat anda wujudkan ya. 




Comments

  1. Wah kangennya ke Jogja lagi. Jogja memang istimewa. Baru tahu di jd.id bisa pesan tiket biasanya cuma buat belanja

    ReplyDelete
  2. Ahh, lagi lahi tentang yogyakarta yang selalu merindu dan ngangenin baik wisatanya maupun kulinernya nih..
    Kangen ke angkringannya..

    ReplyDelete
  3. Jogja memang enggak ada habisnya buat dieksplor ya Mbak...beberapa kali ke sana sekalian mudik lebaran ke Jatim tetap masih ada yang kurang. Jogja memang ngangeni sekali :)

    ReplyDelete
  4. Udah lama ngak ke Yogya, selain wisata sejarah,pantai di yogya memang keren

    ReplyDelete
  5. jogya memang ga ada matinya, banyak tempat, banyak hal yang bisa diexplore disana

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Telinga Yang (Seperti) Tersumbat