Membuat Boneka Tangan Dari Stik Es Krim




Salah satu kegiatan bermain adik Ra di rumah yaitu menggambar. Saya nggak membatasinya dalam menggambar. Silahkan kalau ia mau menggambar apa saja. Kebanyakan adik Ra menggambar orang. Menruut artikel psikologi yang saya baca, anak seusia adik Ra (adik Ra usianya 6 tahun lebih menjelang 7 tahun) yang menggambar orang menunjukkan ia sedang mengamati lingkungannya melalui gambar. Artinya, gambar yang ia buat merupakan hasil yang ia lihat dari lingkungannya. Dan memang adik Ra seringkali menggambar orang dan dinamai dengan nama-nama seolah mereka adalah teman atau gurunya. 

Akhir pekan ini, adik Ra membuat kreasi boneka tangan (puppet) menggunakan stik es krim. Ini inisiatif dia sendiri loh. Karena memang di rumah tuh kayak gudang, ups! Ada beberapa barang-barang bekas yang saya simpan untuk sewaktu-waktu diperlukan seperti kertas bekas, Stik bekas es krim, dan sebagainya. Mau dibuang, kok kadang-kadang butuh. Nah, adik Ra ini suka ‘ngoperek’ dan tiba-tiba jadilah beberapa boneka tangan dari stik es krim buatannya.

Membuat Boneka Tangan Dari Stik Es Krim


Alat yang diperlukan untuk membuat boneka tangan ala adik Ra yaitu:

1.       Stik es krim
2.       Kertas
3.       Pensil warna/crayon/spidol
4.       Gunting
5.       Double tip

Caranya, pertama-tama adik Ra menggambar karakter orang yang ingin ia mainkan, bisa anak laki-laki atau perempuan. Adik Ra ini membuat beberapa puppet sesuai imajinasinya, ada pangeran, puteri, adiknya puteri, bahkan ada penjahatnya juga hehe!

Kemudian, guntinglah karakter yang sudah dibuat dan diwarnai lalu tempelkan pada stik es krim. Jadi deh, puppet sederhana dari stik es krim. Dari kegiatan membuat puppet saja sudah banyak menstimulasi otot dan kreatifitas anak melalui kegiatan menggambar, mewarnai, menggunting, menempel dan bercerita. Sst, melalui kegiatan bercerita ini bunda juga bisa menyelipkan nasihat-nasihat buat anak looh.

Happy weekend all!

Comments

  1. Masya Allah keren ide mainnya, nanti Aisyah mau ikutan bikin ah.

    ReplyDelete
  2. Stik es krim banyak di rumah. Kalau nggak dipakai buat makan es krim, ya buat mainan anak-anak. Tapi nggak terpikir bikin boneka lucu kayak gini. Kudu bikin deh.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Menginap di Hotel Yang Ramah Anak di Bogor