Dessert Untuk Anak, Tak Sekedar Dingin dan Manis

Sewaktu kecil, saya sering menikmati es serut yang dipadatkan dengan pegangan stik es krim dan disiram gula merah. Kebetulan, tetangga saya adalah penjual es cendol yang juga menjual es serut seperti ini. Jadi aja, hampir tiap hari jajan beginian. Ada yang suka juga?

Es serut yang disiram gula memang dingin dan manis, jenis dessert yang disukai anak. Tapi dipikir-pikir, ini nilai gizinya minim banget ya. Hanya air dan gula yang kalau terlalu sering dikonsumsi bisa membuat tenggorokan tidak nyaman.

dessert untuk anak

dessert untuk anak

Solusinya, agar dessert untuk anak tidak sekedar dingin dan manis, bisa ditambahkan dengan buah-buahan atau biskuit atau makanan lain yang nilai nutrisinya tinggi. Bahkan dengan tambahan berbagai bahan, es serut bisa menjadi jenis makanan yang mewah nan mahal. Saya pernah mencicipi es serut di sebuah restoran yang disiram sirup dan diberi toping buah-buahan. Harganya tentu jauh lebih mahal dan tampilannya lebih bagus.

Agar dessert untuk anak tak sekedar dingin dan manis, bisa juga dengan membekukan berbagai jus buah kesukaan anak dan minuman bergizi lainnya seperti yogurt dan susu. Jadi selain dingin dan manis, nilai gizinya juga tetap ada. Buah-buahan mengandung berbagai vitamin yang dibutuhkan anak. Susu mengandung kalsium yang dibutuhkan untuk perkembangan tulang anak. Serta yogurt membantu melancarkan pencernaan anak. 

dessert untuk anak

Tentu saja segala sesuatu yang berlebihan tidak baik untuk tubuh. Minum atau makan es yang dingin sebaiknya dilakukan ketika tubuh anak sehat. Ketika sakit dan minum es justru akan membuat tubuh semakin tidak nyaman dan memicu penyakit lain timbul seperti radang tenggorokan.

Semoga bermanfaat.



Comments

  1. Lagi musim minuman kemasan dibekuin ya mak,seru...nyesep2

    ReplyDelete
  2. Di rumah selalu sedia yakult, tapi belum pernah dibekukan. Patut dicoba nih.

    ReplyDelete
  3. Anak-anak saya penggemar berat yogurt. Sejak MPASI mereka udah konsumsi yogurt :)

    ReplyDelete
  4. Selain Yakult sekarang lagi ngehits yang susu Ultra kotak dibekuin gitu Mba. Kayaknya enak ya, tapi belum coba juga, hahaha.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Menginap di Hotel Yang Ramah Anak di Bogor