Mandi Air Panas dan Wisata Alam di Grage Sangkan



Libur sekolah kali ini, saya mengajak Za dan Ra pulang kampung ke rumah kakek dan nenek mereka di sebuah kota kecil bernama Kuningan di Jawa Barat. Mendengar nama kota ini, biasanya orang akan salah paham. Tak sedikit yang mengira Kuningan yang dimaksud adalah daerah Kuningan di Jakarta. Mereka akan ngeh setelah dijelaskan bahwa kota Kuningan letaknya tak jauh dari Kota Cirebon. 

Berbeda dengan Kota Cirebon yang terletak di pesisir pantura Jawa Barat yang dikenal berhawa panas menyengat. Di Kuningan udaranya relative sejuk dengan sumber mata air panas melimpah. Ada satu desa yang dikenal dengan mata air panasnya yaitu Desa Sangkanhurip. Udara di desa ini mirip dengan wilayah Puncak di Cianjur, Jawa Barat. 

Mandi Air Panas dan Wisata Alam di Grage Sangkan
kolam renang air dingin dan panas di Grage Sangkan Hotel & Spa

Sangkuhurip merupakan salah satu desa wisata yang tidak hanya mengandalkan panorama yang indah, tetapi juga air untuk kesehatan. Di desa kecil di kaki Gunung Ciremai itulah mata air panas bermineral mengalir. Titik alirannya tak begitu banyak, hanya di ruas-ruas tertentu. Tetapi justru itulah yang membuat Desa Sangkanhurip menjadi istimewa.

Air dari Sangkanhurip berbeda dengan air mineral di beberapa titik mata air panas lain di daerah pegunungan. Jika air pegunungan lain hanya mengandung belerang, air Sangkanhurip mengandung berbagai mineral dan renik dalam air hangatnya. Menurut hasil penelitian, air panas Sangkanhurip mempunyai kandungan seperti sulfat (SO4), silikon dioksida (SiO2), dan klorida (Cl) dengan konsentrasi tinggi. Meskipun letaknya di dekat Gunung Ciremai, air itu mengandung endapan marin, yang berarti air panas itu tak berhubungan dengan aktivitas Ciremai.

Kandungan mineral dan renik dari air itu dipercaya bermanfaat untuk menjaga kesehatan. Antara lain untuk melancarkan peredaran darah, meredakan stress, meredakan demam, menyehatkan jantung, mengatasi insomnia, dan sebagainya. Karena itu, air panas bersuhu sekitar 40-50 derajat celsius yang keluar dari mata air di Desa Sangkanhurip banyak dimanfaatkan warga dan wisatawan untuk mandi serta berendam.

Mandi Air Panas di Grage Sangkan Hotel & Spa

Di Sangkanhurip terdapat banyak pemandian air panas yang bisa kita kunjungi bersama keluarga. Salah satunya yang saya kunjungi bersama keluarga adalah Kolam Renang Air Panas di Grage Sangkan Hotel & Spa. Ya, kolam renang ini terletak di dalam area Grage Sangkan Hotel & Spa. Namun selain digunakan oleh pengunjung hotel yang menginap, kolam renang juga bisa digunakan oleh pengunjung yang tidak menginap. Sebelum memasuki area kolam renang, saya harus melewati gedung hotel dan bungalow, lalu parkir tak jauh dari area kolam renang. 

Tiket masuk kolam renang air panas di Grage Sangkan Hotel & Spa sekitar 25 ribu sampai 50 ribu rupiah. Hehe, maaf lupa tepatnya berapa. Karena setiap kali saya mengunjungi kolam ini ditraktir sama orangtua atau keluarga adik. 

Di kolam renang Grage Sangkan Hotel & Spa, tempatnya bersih. Mungkin karena saya seringnya datang di pagi hari ya. Kolam renang buka mulai dari jam 6 pagi sampai kurang lebih jam 6 sore. Kolam renang terdiri dari 4 kolam air dingin dengan berbagai kedalaman, 1 kolam air hangat, 1 kolam air panas, serta perosotan air. Tak jauh dari wahana perosotan air, terdapat beberapa air pancuran yang jika kita duduk di bawahnya terasa seperti punggung kita dipijat. 

Ayah dan ibu saya paling suka berendam di kolam air panas karena setelahnya aliran darah terasa lancar. Memang di kolam air panas banyak para sepuh yang berendam di sini sambil saling memijat dan mengobrol. Hm, tak hanya orangtua sih, saya juga senang berendam di kolam air panas yang konon katanya baik untuk kesehatan ini. Bahkan adik Ra yang masih berusia 6 tahun lebih juga suka berendam di kolam air panas. Kalau anak-anak sudah kedinginan di kolam air dingin, tinggal loncat saja ke kolam air hangat atau kolam air panas ini.

playground & outbound di Grage Sangkan Adventure
playground & outbound di Grage Sangkan Adventure
playground & outbound di Grage Sangkan Adventure
playground & outbound di Grage Sangkan Adventure

playground & outbound di Grage Sangkan Adventure
labirin tanaman di Grage Sangkan Adventure
 
Wisata Alam di Grage Sangkan Adventure

Setelah puas mandi air panas dan makan makanan yang kami bawa dari rumah (di dalam area kolam juga banyak kedai makanan dan kantin), saya sekeluarga mengunjungi Grage Sangkan Adventure yang lokasinya terletak di belakang kolam renang, masih di area Grage Sangkan Hotel & Spa. Masuk ke Grage Sangkan Adventure tidak perlu membayar tiket lagi, tinggal menunjukkan tiket kolam renang. 

Di dalam Grage sangkan Adventure, suasananya asri sekali dan bersih. Disini terdapat berbagai wahana yang berhubungan dengan alam dan edukasi untuk anak. Misalnya saja area memancing, melukis, memberi makan kelinci, playground dan outbound, naik motor ATV, flying fox, area berkemah, kebun dengan berbagai tanaman, dan sebagainya. 

Playground yang terdiri dari berbagai permainan seperti perosotan, labirin tanaman, ayunan, outbound ringan dan sebagainya itu gratis loh. Surgaaaa banget bagi anak-anak. Mereka bisa betah berlama-lama di sini. Untuk orangtuanya juga ada bangku-bangku dan meja di sekitar playground untuk menunggui anak mereka main. Kakak Za yang biasanya anti sama playground karena usianya sudah mulai bertambah, ternyata malah suka main di sini karena area mainnya luas dan permainannya banyak termasuk outbound.

Tapi untuk beberapa permainan tetap harus bayar lagi ya. Misalnya untuk Flying Fox dan Motor ATV sebesar 15 ribu rupiah per motor. Untuk Adik Ra, ini kali pertama ia ber-flying fox. Ia bilang, awalnya deg-degan, namun akhirnya lega setelah menyelesaikan permainan tersebut. Begitupun dengan permainan motor ATV, adalah kali pertama buat Kakak Za dan Adik Ra. Karena itu, Kakak Za yang duduk di depan sempat nervous dengan mengegas terus si motor, sampai guidenya ikut lari mengejar motor. Setelah itu, mereka masuk ke kandang kelinci untuk memberi makan beberapa kelinci di sana. 

Grage Sangkan Adventure
Naik ATV 15 ribu/motor
Grage Sangkan Adventure
flying fox

Grage Sangkan Adventure
gratis memberi makan kelinci di kandangnya

Oh ya, di area Grage Sangkan Adventure ini banyak pepohonan unik. Bapak saya yang memang senang berkebun, senang banget melihatnya dan minta ijin sama petugas di sana untuk membawa beberapa tanaman kecil untuk ditanam di rumah. Alhamdulillahnya, dijinkan. 

Buat teman-teman yang sedang berkunjung di Kota Kuningan, Jawa Barat, jangan lewatkan untuk mandi air panas dan wisata alam disini ya. Sekarang musim libur sekolah sudah usai dan kita harus kembali ke aktivitas semula. Semoga tetap semangat!

Sumber referensi: alampriangan.wordpress.com 

Comments

  1. Waah jd pingin berendam air panas di sejukmya kuningan

    ReplyDelete
  2. Aku dulu mandi air panas pas di Ambon, mba. Sejak pindah ke pulau Jawa jarang sekali mandi air panas. Hhehe. Asik nih referensinya mba. makasih ya

    ReplyDelete
  3. Tempatnya asik banget buat bermain bersama anak2....

    ReplyDelete
  4. waa tempatnya hijau royo royo... adem lagi ya.. Jadi pengen kesana heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk mba Dian nanti nginepnya di tempat saya

      Delete
  5. Padahal Kuningan itu dekat, tapi sampai sekarang belum kesampaian berkunjung ke sana. Semoga dalam waktu dekat bisa jalan2 ke Kuningan.

    ReplyDelete
  6. Masukin ke dalam rencana jalan-jalan tahun 2018, ah. Kapan-kapan ke Kuningan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk mba kalo sedang ada di kuningan mampir ke rumah saya :)

      Delete
  7. Dulu pas ke Kuningan, saya nggak sempat ke Grage Sangkaan. Mampirnya ke pemandian Cibulan. Kapan-kapan kalau ke Kuningan, mau nyobain jalan² di sekitaran Grage Sangkaan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cibulan juga terkenal, terutama karena kolamnya ada ikannya yg besar2

      Delete
  8. Whuaaa kampungku Kuningan. Tapi belum pernah ke sana hihi. Pengen ah kalo pulang kampung lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya mba, di sekitar sangkanhurip ada beberapa tempat umum untuk mandi air panas

      Delete
  9. Tempatnya bagus sekali, anak-anak saya pasti girang banget kalau diajak ke sana. Sekali-kali main ke Kuningan deh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya buat anak-anak friendly banget terutama karena ada kolam renang dan playground

      Delete
  10. Asri banget tempatnya. Paket komplit lg yaa.. Ada kolam renang, kolam airpanas, playground segala.. Ini mah anakku ga bakal mau pulang mba :D. Dia udh lama jg pgn flying fox. Tp trakhir mau coba ini di salah satu hotel di puncak, dia msh blm boleh krn tingginya kurang. Moga2 skr udh bisa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dulu waktu ngajar di sekolah alam, anak Playgroup udah bisa flying fox. mungkin kalo di tempat umum ketinggiannya beda ya

      Delete
  11. waaah asyik banget di kuningan ada pemandian air panas dan wisata alam ini, yg aku tau kuningan itu ada kolam ikan gede2 soalnya tanteku dulu pernah ngajar di pesantren yg ada di kuningan

    ReplyDelete
  12. Kalau pas badan lagi capek paling nikmat memang mandi air panas ya mbak

    ReplyDelete
  13. Enak banget kayaknya kalo habis mainan trus mandi di air panas ya...ilang semua pegel2nya

    ReplyDelete
  14. Trakir ke kuningan sudah lama dan paling inget sama kolam isi ikan gede2 banget

    ReplyDelete
  15. Kuningan banyak tempat wisatanya sekarang ya Mbak. Pernah sekali ke Kuningan di nikahan teman. Pas mudik kemarin, ngelewatin arah ke Kuningan juga.. next kepingin juga ke Kuningan

    ReplyDelete
  16. Kayanya saya belum pernah ke kuningan... Kirain sepanas cirebon...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuningan cederung lebih sejuk dibanding cirebon, tapi kalo kuningannya yg deket laut tetep panas

      Delete
  17. outbond akan selalu menyenagkan untuk anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastinyaa mbaa, tp ada juga yg takut ketinggian jd belajar berani dan PD

      Delete
  18. Seru banget ya jalan-jalannya Za dan Ra semoga makin menambah wawasan bagi mereka berdua. Tempatnya adem ya, jadi mupeng ke Grage Sangkan. Nice infonya, Mbk.

    ReplyDelete
  19. Waaa... tempatnya kelihatan santai dan cocok banget buat refreshing ya mbak. Rasanya cuma lihat dari foto aja tenang dan jauh dari hiruk pikuk kota :D

    Kalau dari Kota Cirebon-nya, perjalanan naik mobil ke Desa Sangkanhurip kira2 berapa lama mbak?

    ReplyDelete
  20. Wah, asyik sekali anak-anak seseruan di sana yaa, Mbak :)

    ReplyDelete
  21. Aku pernah dua minggu di Kuningan, di Cigugur. Sukaak dengan udara dan keasrian alamnya. Pengen lagi ah main ke Kuningan

    ReplyDelete
  22. Aku sering nggak nahan kalau suhu airnya kepanasan... kadang mikir juga kalo terancamnya bersamaan campur laki perempuan

    ReplyDelete
  23. Di Ambon juga ada pemandian air panas tapi ya khusus tempat mandi nggak ada fasilitas kayak gini, ini seruuuu bgt

    ReplyDelete
  24. Pengen mandi air panas, ngebayangin badan jadi relaks dan capek2 bisa berkurang. Serunya tempat ini, asri dan bersih.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Telinga Yang (Seperti) Tersumbat