4 Objek Wisata Sejarah di Bukittinggi untuk Liburan Keren



(sumber : kemlu.go.id)


Libur telah tiba, tetapi Anda mungkin masih bingung menentukan ingin pergi ke tempat seperti apa. Bagi Anda yang berencana berlibur ke kota terbesar kedua di Provinsi Sumatera Barat, yaitu Bukittinggi, empat objek wisata bernuansa edukasi dan sejarah berikut ini sangat layak untuk dimasukkan ke dalam daftar tujuan.

1.     Museum Rumah Kelahiran Bung Hatta

Lahir di Bukittinggi, Wakil Presiden pertama Indonesia ini memiliki nama lengkap Mohammad Hatta (1902-1980). Beliau adalah tokoh penting dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Untuk mengenang masa-masa hidup salah satu proklamator Indonesia ini, rumah tempat beliau lahir pun dijadikan objek wisata yang bisa dikunjungi oleh siapa saja.

Berlokasi di Jalan Soekarno-Hatta nomor 37, Kelurahan Aur Tanjungkang Tengah Sawah, Kecamatan Guguh Panjang, Kota Bukittinggi, museum ini buka pada hari Senin-Jumat (08.00-16.00) dan Sabtu-Minggu (09.00-14.00). Tidak ada biaya masuk di tempat ini.

Di sini, Anda bisa melihat beberapa koleksi peninggalan Bung Hatta. Barang-barang itu berupa perabotan-perabotan yang pernah beliau gunakan seperti meja, kursi, jam, tempat tidur, hingga peralatan dapur.

2.     Museum Tri Daya Eka Darma

Di era kolonial Belanda hingga pendudukan Jepang, Bukittinggi sudah menjadi tempat bernaung dan bergeraknya para penjajah. Untuk mengenang bagaimana pejuang Indonesia mempertahankan tanah mereka, Bukittinggi pun dipilih sebagai tempat dibangunnya sebuah museum yang isinya menceritakan kejadian sejarah tersebut. 

Diresmikan pada 16 Agustus 1973, jam operasional museum ini adalah dari 08.00 pagi hingga pukul 04.00 sore. Tidak ada biaya masuk di sini alias gratis.

3.     Benteng Fort de Kock

Pada tahun 1825, benteng ini didirikan oleh Kapten Bouer. Sebagai lokasi pertahanan para tentara kolonial Belanda, daya tarik utama tempat ini adalah sisa-sisa senjata peninggalan masa perang seperti meriam yang diletakkan pada empat sudut sekitar benteng.

Jam operasional adalah dari 08.00 pagi hingga 05.30 sore, biaya masuk ke tempat ini adalah Rp10.000 untuk anak-anak di bawah usia 12 tahun, Rp15.000 untuk pengunjung berusia di atas 12 tahun, dan Rp20.000 untuk wisatawan asing. Lokasi benteng terletak di Bukit Jirek, atau tepatnya di Jalan Yos Sudarso, Benteng Pasar Atas, Guguak Panjang, Bukittinggi.

4.     Terowongan Jepang atau Lobang Jepang

Bagi Anda yang suka menjelajahi tempat-tempat unik yang mengandung pengetahuan sejarah di baliknya, maka situs Lobang Jepang adalah salah stau opsi terbaik. Di sini, Anda bisa berjalan-jalan di dalam sebuah terowongan sepanjang sekitar 1,5 kilometer. Pada era penjajahan Jepang, terowongan ini difungsikan sebagai tempat bagi para pekerja paksa.

Berlokasi di Jalan Panorama, Guguak Panjang, Bukittinggi, jam operasional Lobang Jepang adalah dari pukul 7.30-18.30. Biaya masuk per orang adalah Rp8.000. Di sekitar tempat ini, Anda juga bisa melihat pemandangan luar biasa Ngarai Sianok.

Di Mana Hotel yang Nyaman untuk Tempat Menginap Selama Berlibur di Bukittinggi?
Untuk Anda yang datang dari luar kota dan ingin berlibur ke kota ini, booking hotel murah di Bukittingi bisa Anda dapatkan melalui Airy Rooms. Reservasi bisa melalui website maupun Androids dan Apple Apps. 



Airy Rooms adalah sebuah jaringan hotel terbesar di Indonesia. Airy Rooms memiliki properti hotel terbanyak dibandingkan jaringan hotel lain dan menjalin kerja sama sangat baik dengan semua mitra hotel. Selain murah, Airy Rooms juga memiliki fasilitas yang lengkap.

Setelah melakukan pembayaran dengan sistem transfer maupun kartu kredit, fasilitas-fasilitas berikut bisa Anda nikmati dengan leluasa:

·         Tempat tidur yang bersih
·         Perlengkapan mandi
·         Shower dengan air hangat
·         Televisi layar datar
·         Air minum gratis
·         Air Conditioner (AC)
·         Koneksi WiFi gratis

Tunggu apa lagi? Siapkan koper Anda dan nikmati liburan keren ke tempat-tempat wisata yang mengandung nilai sejarah dan edukasi di atas!



Comments

  1. belum pernah ke bukit tinggi. semoga suatu hari nanti bisa ke sana

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Telinga Yang (Seperti) Tersumbat