Resep Ayam Panggang Bumbu Santan Yang Endes Banget




santan sasa


Dilihat dari namanya saja pasti kita sudah bisa menebak kalau menu masakan satu ini di olah dengan cara di panggang. tapi kog pakai santan ya? Nanti itu kita bahas. yang pasti, menu ini akan memadukan lezatnya ayam panggang penuh dengan bumbu rempah dengan santan pedas. So sosok banget buat kamu penggemar pedas sekaligus dimakan maka malam hari atau musim hujan saat cuaca dingin. Apa saja yang dibakar, kala musim dingin memang sangat enak. 


Kita memang akan pakai santan, dan santan dalam hal ini akan saya gunakan sebagai bahan campuran ketika menumis ayam. Ayam panggang bumbu santan sendiri biasanya di sajikan dengan sambal kecap yang pedas. Namun buat kalian yang tidak menyukai rasa pedas dapat mengurangi jumlah cabe rawitnya. Wahh jadi bikin ngiler kan. 

Memasak menu maskan satu ini cukup gampang kok. Karena tidak ada bahan dan bumbu yang sulit didapatkan. Paling yang agak ribet dalam membuatnya adalah Santan. Tapi kali ini, saya akan menggunakan Sasa Santan Kelapa. Sebab menurut saya pribadi, kualitas Sasa santan kelapa setara dengan kelapa yang diperas secara langsung, dari aroma juga demikian. Jadi tidak ada alasan untuk tidak menggunakan bahan yang satu ini. Cocok untuk segala masakan, makanan dan minuman. Ia juga tanpa pengawet. Kebetulan juga, Sasa Santan Kelapa ini dikemas dalam kondisi sudah matang dan siap pakai. 

Bahan dan Cara Buat Ayam Panggang Kuah Santan Pedas

Dari pada tambah penasaran, kali ini saya akan membagikan resep gimana sih membuat ayam panggang bumbu santan yang endes banget. Namun mula-mula kita harus menyiapkan bahan dan bumbunya terlebih dahulu ya guys.

Bahan yang perlu kita siapkan yaitu:

·         1 ekor ayam di potong menjadi 8 bagian
·         2 lembar daun salam
·         2 lembar daun jeruk
·         2 sendok makan asam jawa
·         1 batang serai diambil dagingnya saja lalu memarkan
·         Minyak goreng secukupnya
·         Satu bungkus Sasa Santan Kelapa

Untuk bumbu halusnya yang perlu kita siapkan adalah

·         8 siung bawang merah
·         6 siung bawang putih
·         6 butir kemiri
·         6 buah cabai merah besar
·         1 sendok the ketumbar
·         Garam dan gula secukupnya

Nah untuk sambal kecapnya kite juga perlu menyiapkan

·         10 buah cabai rawit di potong halus
·         5 sendok makan kecap manis
·         Air jeruk dari ¼ buah limau

ayam panggang santan sasa

Setelah semua telah siap di dapur. Yuk kita mulai memasak ayam panggang bumbu santan yang endes banget.

1.    Panaskan minyak goreng, kemudian tumis bumbu halus hingga harum
2.    Kemudian tambahkan serai, daun salam, daun jeruk, lengkuas dan tumis kembali hingga harum
3.    Masukkan potongan ayam, aduk perlahan hingga semua bumbu tercampur merata [ada dagomg ayam
4.    Selanjtnya, tambahkan Sasa Santan Kelapa dan air asam. Masak dengan api sedang, dan tunggu hingga kuah mengental. Jangan lupa untuk mengaduknya biar santan tidak pecah dan kehilangan kandungan baiknya.
5.    Setelah itu matikan api, dan panggang ayam hingga berwarna kecoklatan. Ayam panggang bumbu santan siap di sajikan bersama sambal kecap dan nasi hangat. Endes banget kan rasanya.

Nah itulah resep ayam panggang bumbu santan yang bisa saya bagikan menggunakan Sasa Santan, aslinya santan. Bagaimana sangat mudah untuk dipraktekan di rumah bukan. Selamat mencoba, semoga berhasl.

Comments

  1. yummy banget ayam panggangnya. kayaknya makin gurih karena pake santan yaa mba

    ReplyDelete
  2. Baru tau nih ayam panggang bisa pakai bumbu santan, enak...

    ReplyDelete
  3. pake sasa santan kelapa praktiss ga perlu repot meres santan :)

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Agar Ayam Matang Tak Berdarah

Menginap di Hotel Yang Ramah Anak di Bogor