So Good CERDIK, Alternatif Hiburan Digital Yang Mendidik Untuk Anak



Banyak orangtua yang khawatir saat anaknya bermain gadget. Mereka khawatir anaknya terkena pengaruh buruk gadget karena konten pornografi begitu mudah masuk ke smartphone yang dipakai anak. Baru-baru ini malah marak berita tentang fitur search GIF di whatsapp yang mudah sekali menampilkan konten kurang pantas untuk anak jika diketik kata kunci tertentu. Sehingga beberapa orangtua di grup yang saya ikuti berpendapat untuk menjauhkan sama sekali anaknya dari gadget. Untungnya pagi ini saya mendapat kabar bahwa sebagian orang sudah tidak bisa mengakses fitur search GIF ini.

so good cerdik

Saya sendiri sih masih suka meminjamkan anak saya gadget. Meminjamkan ya, bukan memberikan. Karena anak saya masih belum cukup usia untuk mempunyai gadget sendiri. Apalagi untuk memiliki akun media sosial, pasti media sosial menolak pendaftaran akun mereka karena usia mereka belum memenuhi syarat. Ada akun media sosial atas nama anak saya, namun hanya untuk menyimpan gambar dan tulisan yang ia buat.

Saya biasanya memberikan beberapa batasan saat meminjamkan anak smartphone atau laptop. Misalnya saja, hanya boleh main selama satu jam, bergantian antara kakak dan adik masing-masing selama setengah jam. Menggunakan smartphone juga sebaiknya minta ijin dulu dan digunakan di ruang terbuka seperti ruang keluarga, agar saya bisa sesekali mengecek anak sedang bermain game atau menonton tayangan apa. 

so good cerdik

Saya juga kadang-kadang memberikan berbagai alternative permainan digital yang bisa dimainkan anak. Misalnya membuat gambar di aplikasi Paint, belajar mengetik menggunakan Microsoft word, atau membuat presentasi menggunakan Microsoft Power Point. Kegiatan tersebut selain menghibur karena mereka bisa mencoba berbagai fitur yang menyenangkan, juga bisa menstimulasi kreatifitas mereka. Aplikasi tersebut juga bermanfaat untuk membantu mata pelajaran komputer di sekolah.

Beberapa hari yang lalu, saya memperkenalkan aplikasi baru sama kakak Za dana dik Ra, namanya aplikasi So Good CERDIK. Awalnya, kita lagi belanja di minimarket dekat rumah untuk membeli nugget kesukaan anak-anak. Nugget soalnya praktis untuk teman makan nasi, tinggal digoreng untuk sarapan dan bekal anak sekolah. Jadi cukup membantu saat sibuk di pagi hari untuk menyiapkan keperluan sekolah anak-anak.

so good cerdik
 
Nugget yang kita beli itu mereknya So Good ukuran 400 gram. Ternyata di dalamnya ada Kartu CERDIK yang berisi cerita digital interaktif. Wah menarik sekali. Rasanya seperti beli nugget berhadiah buku, hehe. Ya, soalnya kalau kita ingin membaca cerita anak harus membeli buku. Adik Ra yang cukup antusias dan ekspresif saat melihat kemasan So Good dan melihat ada permainan di dalam kemasannya.

Di rumah, kita coba gunakan kartu CERDIK So Good dengan terlebih dulu menginstall aplikasi So Good CERDIK. Aplikasi tersebut bisa kita dapatkan atau search melalui Google Play. Setelah itu, aplikasinya bisa langsung digunakan. Ada fitur lain yang bisa dipakai selain cerita digital interaktif, yaitu resep. Yeaay, ini nih yang disukai emak seperti saya. Cari resep sekalian ajak anak main hanya dengan satu aplikasi So Good CERDIK.

so good cerdik

so good cerdik

Oh ya, untuk mendengarkan cerita digital interaktifnya, tinggal mengarahkan kamera ke kartu CERDIK dan otomatis ceritanya akan tampil di layar smartphone. Aplikasi ini jadi mainan baru yang seru dan menyegarkan nih buat kami di rumah. Buat anak-anak, kartu CERDIK ini menakjubkan. Kartu yang dari luar terlihat biasa-biasa saja, hanya gambarnya saja yang menarik yang diletakkan dalam frame khusus. Ternyata saat kamera mengarahkan kartu tersebut, layar smartphone bisa menampilkan cerita kartun yang seru namun tetap mendidik.

Misalnya saja nih cerita tentang Chika dan Chiko. Si Chika ini punya usaha roti dan suka menerima pesanan roti dari orang lain. Sedangkan Chiko, adalah sepupu Chika yang juga punya usaha yaitu peternakan telur. Chika dan Chiko bisa menginspirasi anak-anak lain untuk menumbuhkan jiwa wirausaha dalam diri anak-anak. 

so good cerdik

Sayangnya, cerita Chika dan Chiko belum tuntas karena baru part 1 nya saja yang kami tonton. Saat itu, Chika mendapat pesanan 20 sandwich telur dan memesan 20 telur pada Chiko. Tapi saat Chiko mau mengambil telur dari peternakannya, ada biawak yang masuk ke peternakannya. Rencananya kami nanti beli nugget So Good lagi sekalian stok untuk bekal sekolah kakak Za dan adik Ra. Soalnya anak-anak penasaran nih dengan kelanjutan cerita Chika dan Chiko, apakah pesanan sandwich yang diterima Chika jadi dibuat atau tidak ya?

Yuk, ayah, bunda, kalau So Good apa saja kemasan 400 gram jangan lupa mainkan kartu CERDIK-nya dengan anak. Seru loooh, bisa jadi hiburan yang mendidik untuk anak. Tentunya jika dilakukan bersama orangtua akan makin mendekatkan juga hubungan orangtua dan anak. 

so good cerdik
 

Comments

  1. ceritanya bersambung ternyata, apakah yang terjadi dengan biawak tersebut,, yahhhh harus beli so good lagi dong, hihi

    ReplyDelete
  2. Benar sih yang ibu lakukan, meminjamkan bukan memberikan. Dan lagi membatasi waktu untuk anak bermain gadget.
    Yah walaupun saya belum punya anak tapo saya merasakan itu dari keponakan saya, semangat bu mengajar anak anak nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama bu,
      Bisa jadi reverensi saya kedepan sewaktu saya berkeluarga. hihi

      Delete
  3. Ya ampunn lucu banget. Kemarin sih sempet lihat iklannya di tv, nanti belanja bulanan beli ah ;)

    ReplyDelete
  4. Udah punya kartunya tp blm dicoba nih

    ReplyDelete
  5. anak-anakku pasti suka yang beginian...makan dapat main iya

    ReplyDelete
  6. minggu kemarin aku beli so good dino buat stok bekal mada, eh nemu kotak dongeng tapi blom diapa2in karena bingung gimana caranya, besok kudu dioprek ah kotak dongengnya

    ReplyDelete
  7. Wah menarik ya permainan nya. Anak2 harus nyoba kayaknya permainan ini. Ta beli So Good dulu deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pakai tab yg lebih besar lebih asik seperti bioskop mainan

      Delete
  8. Oooo... Ini toh maksudnya dari bonus di so good. Dari kemaren beli tapi gak ngeh itu bonusnya buat apa. Hahahahah.. Terima kasih infonya mba Kania.

    ReplyDelete
  9. aku dah beli sogood yg ada hadiahnya ini. belum sempat dimainin udah ilang. beli lagi, eeeh ilang lagi. musti beli lagi neh dan langsung dikekepin hadiahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah ngumpet di tempat mainan anak kali mba :D

      Delete
  10. Penasaran sama ceritanya harus koleksi kartunya dulu

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Telinga Yang (Seperti) Tersumbat

Agar Ayam Matang Tak Berdarah