Berburu Informasi Pendidikan di International Islamic Education Expo 2017



Pendidikan merupakan salah satu hal yang penting disiapkan untuk anak. Karena dengan bekal pendidikan yang baik bisa mendukung masa depan anak. ilmu yang didapatkan dari pendidikan yang baik tidak hanya bermanfaat untuk kehidupan di dunia, sebagai bekal anak mencari nafkah. Namun juga akan bermanfaat untuk kehidupan akhirat nanti, sebagaimana bunyi hadist berikut ini.


Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim)


 International Islamic Education Expo 2017

Seringkali orangtua bingung akan memilih pendidikan seperti apa untuk anaknya. Ada yang menempuh jalur pendidikan homeschooling, ada juga yang memasukkan anaknya di lembaga pendidikan. Ada yang memilih sekolah umum, ada juga yang memilih sekolah berbasis agama. Ada yang membebaskan anaknya memilih pendidikan apa, ada juga yang sudah sedari kecil dididik ke arah minat tertentu. Dan seterusnya.

Nah, biar tidak bingung, ada baiknya kita datang mengunjungi International Islamic Education Expo (IIEE) 2017 yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia (Pendis Kemenag RI) selama 4 hari, mulai dari tanggal 21 November sampai dengan 24 November 2017 di Indonesian Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang selatan. Pameran ini merupakan even pendidikan terbesar yang diadakan Kemenag yang dimeriahkan oleh sekitar 200 stand peserta dari lembaga pendidikan di dalam dan luar negeri. IIEE dibuka oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin tanggal 21 November dan dihadiri 4.000 peserta.

 International Islamic Education Expo 2017
Sumber: Facebook @pendiskemenag

 International Islamic Education Expo 2017
Sumber: Facebook @pendiskemenag

Sejumlah acara akan diadakan dalam even ini yaitu Seminar Internasional Tahunan Tentang Studi Islam (Annual (Annual International Conference on Islamic Studies, AICIS), Deklarasi Jakarta, Apresiasi Pendidikan Islam (API), Seminar Internasional tentang Studi Pesantren, dan Pentas Seni Pelajar dan Mahasiswa. Menteri agama sebagai keynote speaker dalam AICIS memberikan pemaparan tentang persamaan hak dan kewajiban semua warga Negara meskipun berbeda agama, ras, dan etnisnya. 

AICIS dihadiri pimpinan, guru besar, dosen dan peneliti di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam. Ada 25 narasumber utama (dalam dan luar negeri) dan 332 pemakalah yang akan mempresentasikan hasil kajian dan penelitiannya. Sejumlah narasumber yang mengisi AICIS 2017 antara lain:Syed Farid Alatas (National University of Singapore), Ronald A Lukens Bull (University of North Florida), Imtiyaz Yusuf (Mahidol University Thailand), Lisolette Abid (Vienna University, Austria), dan Livia Holden (Oxford University UK).

 International Islamic Education Expo 2017
Sumber: twitter @pendiskemenag

 International Islamic Education Expo 2017
Sumber: twitter @pendiskemenag

Tujuan pameran ini adalah untuk menampilkan pendidikan Islam Indonesia agar lebih dikenal dengan baik oleh masyarakat luas secara nasional maupun internasional. Indonesia memiliki beberapa potensi yang layak dipertimbangkan sebagai pusat pendidikan Islam. Dibandingkan dengan negara Muslim lainnya, Indonesia lebih unggul dalam hal jumlah lembaga pendidikan Islam di bawah Kementerian Agama, mulai dari madrasah (sekitar 75.000 lembaga), pesantren (28.000), hingga lembaga pendidikan tinggi keagamaan Islam (600). Sejarah pendidikan Islam di Indonesia pun telah menjadi saksi munculnya sarjana-sarjana (ulama) Islam yang berpengaruh melalui karya-karya monumental mereka. Ulama-ulama tersebut antara lain Syekh Nawawi al Bantany (1813-1897), Syekh Yusuf al-Makassary (1626-1699), Syekh Nuruddin ar-Raniry (1658), Syekh Abdus Samad al-Falimbany (1704-1785), dan lain-lain.

Kemarin di hari pertama, saya berkesempatan mengunjungi pameran ini. Kebetulan, memang saya sedang mencari informasi pendidikan berbasis Islam untuk anak saya yang saat ini duduk di kelas 5 SD. Kebanyakan lembaga pendidikan yang menjadi peserta IIEE mulai dari level setingkat SMP sampai perguruan Tinggi di dalam dan luar negeri. 

 International Islamic Education Expo 2017
Mengunjungi IIEE di hari pertama pameran :)

 International Islamic Education Expo 2017
Rombongan adik-adik ini antusias di depan stand Bank Indonesia.

 International Islamic Education Expo 2017
Ponpes AlWafi di bawah yayasan Imam As Sudaisy menjadi salah satu peserta IIEE

Salah satu stand yang menarik perhatian saya adalah stand Pondok Pesantren (Ponpes) Al Wafi yang berlokasi di Bogor. Ponpes ini merupakan Ponpes baru dibawah Yayasan As Sudaisy. Tahu kan siapa beliau? Beliau adalah imam Masjid Masjidil Haram yang suara merdu murottal Alqurannya sudah sering didengar seluruh umat Islam sedunia. Bagi siswa yang berprestasi di Ponpes ini akan diberikan apresiasi berupa umroh ke Tanah Suci, masha Allah. Namun ada syaratnya, salah satunya adalah hafalan Alquran mencapai 10 Juz!

Stand lain juga menarik. Misalnya Ponpes At Taufik Bekasi yang selain memberikan ilmu umum dan agama buat santrinya, juga memberikan ilmu wirausaha sehingga setelah lulus nanti santrinya sudah terampil bekerja. Ada stand IAIN Walisongo yang menjual berbagai produk hasil karya dari limbah. Berbagai stand lembaga pendidikan di IIEE selain menyediakan informasi tentang pendidikan juga menjual berbagai hasil karya seperti makanan, dan kerajinan daerah masing-masing seperti batik dan jenis kain tradisional khas daerah lainnya.

 
Banyak PT Islam menjadi peserta IIEE

International Islamic Education Expo 2017
stand MAN Insan Cendekia Serpong
International Islamic Education Expo 2017
hasil karya IAIN Walisongo Semarang

Oh ya, untuk teman-teman yang mau ke ICE BSD bisa menaiki mode transportasi commuter line dan berhenti di stasiun Rawa Buntu. Nanti dari sana, ada shuttle bus gratis ke ICE BSD. Biasanya di dekat pintu keluar, ada petugas berpakaian pramuka yang membawa papan bertuliskan informasi mengenai IIEE. Tanya saja petugas ini, nanti dia akan mengarahkan letak bus yang membawa pengunjung pameran ke lokasi pameran. Namun ada juga rombongan sekolah yang menyewa bus sendiri menuju lokasi pameran.

Yuk, masih ada waktu untuk mengunjungi International Islamic Education Expo di ICE BSD sampai tanggal 24 November nanti. Jangan lupa untuk menanyakan berbagai peluang beasiswa kepada lembaga pendidikan yang kita kunjungi.

Informasi lebih lanjut mengenai pameran ini, silahkan mengunjung website resmi dan media sosial Dirjen Pendidikan Islam Kementrian Agama RI berikut ini. 

http://pendis.kemenag.go.id/expo2017/ina/

Facebook, Twitter & Instagram : @PendisKemenag

Comments

  1. Tak hanya sekedar pameran aja ya tapi juga banyak kegiatan menarik lainya.

    ReplyDelete
  2. Acara yang dilaksanakan sangat menarik ya, mba. Banyak nih pilihan untuk memilih mana pendidikan Islam terbaik dengan skala internasional :)

    ReplyDelete
  3. Banyak banget ya booth nya, pengen deh ngumpulin banyak info disini

    ReplyDelete
  4. masyaAlloh menarik banget yg ditawarkan ponpes Al-Wafi bisa ke tanah suci 😍 jd bener2 tau y mb program yg ditawarkan dari semua lembaga pendidikan islam yang ada keren bgt evennya

    ReplyDelete
  5. Rangkaian acara di pameran pendidikan ini bagus2 ya mbak..ada robotik dan dongeng Islam juga. Yuuk ah masih ada hari ini terakhir ya,duhh coba sampe weekend ya. Masih kurang nih sehari keliling 200 both hehehe. Makasih sharingnya ya.

    ReplyDelete
  6. Ah Nia enak banget nih dekat ke lokasi pameran. Aku juga pengen banget dateng deh andai sampai weekend.

    ReplyDelete
  7. Boothnya banyak, acaranya padat n lengkap. Semoga setiap tahun pameran pendidikan Islam ini akan terus berlanjut

    ReplyDelete
  8. Salut banget dengan ide pameran pendidikan Islam dunia ini, kita jadi melek ternyata dunia pendidikan Islam maju banget.

    ReplyDelete
  9. Acaranya penuh dng informasi sekolah Islam ya,smg tahun dpn ada lagi

    ReplyDelete
  10. Ternyata ga cuma pendidikan islam berbau umum saja ya ada di pameran. Tapi adanya pihak pondok pesantren ternyata juga turut menjadi peserta stand ini. Semoga menjadi agenda tahunan ya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Telinga Yang (Seperti) Tersumbat

Agar Ayam Matang Tak Berdarah