3 Kemampuan Bayi Usia 4 Bulan



“Mi, ayo dong punya dede bayi lagi!” Seringkali Za dan Ra berkata demikian pada saya. Rupanya mereka butuh teman baru di rumah dan suka gemas kalau melihat adik-adik kecil di luar rumah. Saya pun Cuma bisa tersenyum dan menjelaskan pada mereka bahwa memiliki bayi itu tidak sekedar bisa diajak main, tapi juga harus disayang dan dijaga kesehatannya.

Ya, memperhatikan kondisi bayi yang sehat dan selalu tumbuh baik dengan segala perubahannya yang normal merupakan suatu hal yang sangat membuat hati Ibu dan semua anggota keluarga menjadi senang. Dari usia bayi 0 hingga 4 bulan, pertumbuhannya bisa secara cepat tetapi tidak disadari. Bayi usia 4 bulan sangat menggemaskan dan rasanya ingin terus seperti itu, tetapi tentu saja lebih senang lagi jika perkembangan bayi 4 bulan mulai memperlihatkan perubahan yang lebih menonjol dibanding usia sebelumnya. 

3 Kemampuan Bayi Usia 4 Bulan
pixabay.com

Perkembangan bayi hari demi hari tidak bisa dipungkiri. Seperti bayi sudah mampu celotehan, bercanda, senyum – senyum, dan lain – lain. Adapun masing – masing bayi mempunyai perbedaan tersendiri dalam proses pertumbuhan dan perkembangan kemampuannya.

Perkembangan bayi 4 bulan biasanya secara umum sudah memperlihatkan kemampuan individunya yang mebuat Ibu dan semua anggota keluarga sangat senang. Berikut dibawah ini ada 3 kemampuan bayi diusia 4 bulan.

  1. Bayi mulai mampu meraih sesuatu yang ada didekatnya
Segala hal yang ada didekat bayi usia 4 bulan, sudah mampu meraihnya dengan kedua tangannya. Bahkan mainan kesukaan dia pun lebih kuat dan erat saat ia memegangnya. Dapat diartikan bahwa koordinasi tangan dengan penglihatannya mulai memperlihatkan perkembangan sesuai usianya.
  1. Kepalanya sudah mampu ditegakkan sendiri
Ketika bayi usia 3 bulan kebawah, kepalanya belum bisa ditegakkan oleh kemampuan sendirinya. Tetapi ketika usianya menginjak 4 bulan, bayi sudah memiliki kemampuan menegakkan kepalanya sendiri. Meskipun bayi sudah mulai belajar memperlihatkan kemampuannya tersebut, harus tetap  diperhatikannya saat bayi sedang digendong agar tidak cedera.
  1. Penglihatannya mulai awas dan semakin jauh
Biasanya bayi usia dibawah 3 bulan, penglihatannya kurang begitu awas dan hanya melihat jarak dekat saja. Namun ketika bayi usianya menginjak 4 bulan, barulah ia mulai awas dalam melihat dan semakin jauh jarak pandangnya.

Selain daripada 3 kemampuan bayi diusia 4 bulan tersebut, masih banyak kemampuan – kemapuan yang lainnya yang mungkin tidak langsung kita sadari. Yang terpenting, Ibu selalu maksimalkan asupan ASI eksklusif sebelum usia bayi 6 bulan, agar tumbuh kembangnya dapat berjalan secara normal.

Comments

  1. Bayi umur 4 bulan itu udah mulai lucu n ngangengin banget karena udah bisa diajak komunikasi n ketawa2 :)

    ReplyDelete
  2. jd sudah ada rencana hamil lagi teh? seru ya mengikuti perkembangan dan melihat kemampuan bayi lagi.

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Telinga Yang (Seperti) Tersumbat

Agar Ayam Matang Tak Berdarah