Menyiapkan Kegiatan Liburan Untuk Anak


Libur telah tiba
Libur telah tiba
Hore..hore..
Hatiku gembira

Lagu anak dari penyanyi cilik Tasya ini legenda banget kayanya. Meskipun penyanyinya sudah beranjak dewasa, lagunya ini masih enak didengar dan masih dinyanyikan oleh anak-anak Indonesia. Setidaknyanya oleh saya saat mengungkapkan kegembiraan hari libur sekolah pada anak. Anak saya sendiri mungkin tak kenal sama penyanyinya, karena beda jaman. Dulu, televisi lokal sering mendendangkan lagu ini. Namun sekarang, anak-anak lebih suka menonton channel Disney dari luar negeri dibanding tayangan televisi lokal, sehingga tidak terlalu tahu televisi lokal menayangkan acara apa.

Bicara tentang liburan, Bulan Desember sebentar lagi datang, kira-kira sebulan lagi. Bulan Desember adalah bulan yang dipenuhi dengan hari libur sekolah. Biasanya libur sekolah berlangsung sekitar dua minggu. Berturut-turut adalah libur pergantian semester, libur hari natal, dan libur tahun baru. Lumayan banget kan, dua minggu! 

Sudah berfikir akan melakukan apa saat libur Bulan Desember nanti, sahabat Za dan Ra? Mungkin kegiatan di bawah ini bisa menginspirasimu untuk mengisi kegiatan liburan nanti.

kegiatan liburan di rumah
Za, Ra, dan sepupu-sepupu sedang melukis saat libur sekolah
1.       Liburan di rumah saja 

Libur sekolah sering juga saya habiskan di rumah saja bersama keluarga. Biar tidak bosan, kita harus membuat dan merencanakan berbagai kegiatan yang menarik untuk anak. Misalnya saja berolahraga bersama di sekitar lingkungan rumah, belajar membuat resep makanan yang disukai anak, berenang bersama, menonton televisi atau film favorit di rumah, bermain game yang mendidik bersama, berkreasi membuat berbagai mainan dari barang bekas, dan kegiatan menarik lainnya. 

Menghabiskan waktu liburan di rumah bisa menghemat keuangan keluarga. Namun, mungkin kita atau anak-anak akan merasa sedikit bosan karena terkurung di dalam rumah. Solusinya, bisa dengan mengundang teman atau saudara kita menginap, bermain di rumah kita dan membuat berbagai kegiatan bermain yang menarik.

2.       Pulang kampung

Libur sekolah bisa juga kita manfaatkan untuk pulang kampung, bagi mereka yang masih memiliki saudara atau keluarga di kampung halaman. Pulang kampung di saat libur sekolah biasanya dipilih sebagian orang karena arus lalu lintas tidak seramai saat libur hari raya. Di sana, kita bisa menghabiskan waktu dengan keluarga kita yang jarang kita jumpai. Anak-anak bisa semakin mengenal kakek, nenek, sepupu, paman, dan bibi yang tidak dijumpainya sehari-hari. Biasanya, waktu tidak terasa lama ketika kita hanya di rumah mengobrol dan bercengkerama dengan keluarga yang jarang ditemui. Tahu-tahu, libur sekolah sudah habis saja.

pulang kampung saat libur sekolah
jalanan di kampung halaman
3.       Rekreasi ke berbagai tempat wisata

Rekreasi ke tempat wisata banyak dilakukan orang pada libur sekolah nanti. Kapan lagi akan mengajak anak liburan jika bukan di waktu libur sekolah, ya kan? Ada banyak pilihan kegiatan liburan dan tempat wisata yang bisa didatangi. Kita bisa mengunjungi website Traveloka untuk memilih kegiatan liburan yang ingin dilakukan. Beberapa tempat wisata ini bisa kita dapatkan informasi tiketnya di Traveloka, antara lain:

  • BxRInk Bintaro
  • Atlantis Water Adventure
  • Kuntum Farmfield
  • Mermaid Show at Jakarta Akuarium
  • Ancol Entrance Gate Ticket
  • Kidzania Jakarta
  • Jogja Bay Waterpark
  • Circus Waterpark Bali
  • Universal Studios Singapore
  • Garden By The Bay Singapore
  • Cartoon Network Thailand
  • Dan masih banyak lagi tempat wisata lainnya
Membeli tiket tempat wisata di Traveloka bisa dilakukan dari mana saja karena bisa dipesan melalui website Traveloka. Jadi, kita tidak perlu bersusah payah antri dan terkena panas serta hujan, untuk mendapatkan tiket tempat wisata. Kita tinggal membuka website Traveloka dari rumah atau tempat kerja lalu memilih tempat wisata yang diinginkan.

tiket liburan di traveloka
Kuntum Farmfield (source: Traveloka)

Harga tiket tempat wisata di Traveloka bisa lebih murah loh. Misalnya saja tiket Kidzania Jakarta hanya 90 ribu, lebih murah dibanding harga normalnya sebesar 150 ribu. Sudah mah tidak antri, murah lagi, benar-benar rejeki untuk emak hemat seperti saya. Pembayarannya juga bisa memakai berbagai cara, yaitu kartu kredit, transfer, atau bayar di minimarket. Nah, kalau saya sering sekali melakukan pembayaran belanja online di minimarket dekat rumah, karena cepat terkonfirmasi pembayarannya.

Selain membantu kita mendapatkan tiket tempat wisata, Traveloka juga memberi kita berbagai tips dan informasi tentang tempat wisata tersebut. Jika kita sudah memilih tempat wisata yang diinginkan, klik tombol “Find Tickets”. Setelah itu, akan muncul berbagai informasi mengenai tempat tersebut. Misalnya ketika kita memilih Kidzania Jakarta dan memencet tombol “Find Tickets”, akan muncul informasi tentang waktu buka dan tutup Kidzania, harga tiket, peta lokasi Kidzania, deskripsi kegiatan di Kidzania, informasi transportasi ke Kidzania, dan review dari berbagai pengunjug Kidzania yang bisa menjadi pertimbangan kita sebelum pergi ke tempat wisata tersebut.

Traveloka sering memberikan penawaran menarik. Kalau tidak salah, saat ini sedang ada promo Buy 2 Get 1 untuk membeli tiket tempat wisata di Traveloka sampai dengan 31 Oktober 2017, tentu dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Untuk mengetahui promo apa saja yang ada di Traveloka, silahkan mengunjungi website dan kontaknya berikut ini ya. Saya juga mau menyiapkan kegiatan liburan untuk anak nih. Di Traveloka, #JadiBisa liburan hemat dan tetap menyenangkan dengan anak.

Customer Service: 0804-1500-308
Twitter dan instagram: @traveloka
Facebook: @TravelokaID

Comments

  1. Merencanakan liburan emang asik bgt. Saya sudah merencanakan Desember nanti untul pulkam ke kampung suami :D

    ReplyDelete
  2. Saya nyanyi loh di paragraf awal...jd kangen masa kecil. Dulu jg suka diajak ke tempat wisata yg ada hewannya... Wah sekarang kayaknya jg bisa sih kalau pakai traveloka

    ReplyDelete
  3. Aigooo saya jadi kepengen jalan-jalan ke luar kota Bekasi nih. Ahahaha seringnya nguplek di bekasi hehe

    ReplyDelete
  4. Aduh.. Serunya yang liburan jalan2. Jadi inget pengen beli tiket wisata di traveloka blom di eksekusi juga. *brb beli di traveloka dulu* :)

    ReplyDelete
  5. Anak-anakku paling senang kalau diajak pulang kampung, mbak. Bisa liat sawah, bisa liat bebek, bisa liat kereta yg angkut tebu, liat sungai kecil depan desa. Makanya, betah mereka. Males pulang. Apalagi ketemu sodara2nya.

    ReplyDelete
  6. Aduh, saya belum merencanakan liburan. Masih anget2nya ngumpulin harta benda, hihihi. Jadi pengen ngecek traveloka juga deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iih ada-ada saja nih Mbak Lidha hihihi

      Delete
  7. Emaknya kreatif nyari tempat/kegiatan liburan asyik buat anak2nya, nih. Keren :)

    ReplyDelete
  8. Aku juga mau pulang kampung pas liburan nanti, hehehe. Tapi hanya bisa 3 hari karena suami enggak libur. Jatah cutinya buat libur lebaran soalnya, biar lebih lama... ^_^

    ReplyDelete
  9. Waduh.. udah lewat promonya... padahal beberapa hari ini ngobrol sama anak-anak mau ke Kidzania katanya.
    Semoga liburannya menyenangkan buat Za dan Ra..

    ReplyDelete
  10. Tadi sudah ngitung-itung sisa cuti tahunan, masih punya 7 hari. Rencana diambil akhir tahun buat mudik

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Telinga Yang (Seperti) Tersumbat

Agar Ayam Matang Tak Berdarah