Tips Untuk Anak Yang Takut Air


Ma, pa, ada yang anaknya takut air?

Kata para ahli sih terapi untuk mengatasi rasa takut dengan cara menghadapi rasa takut itu sendiri. Air jelas tida bisa dihindari ya karena kebutuhan kita sebagai manusia untuk minum, mandi dan aktivitas lain. Jadi memang harus dihadapi.

tips untuk anak yang takut air

Anak saya sudah dibiasakan mandi air dingin dengan cara bertahap, mulanya hangat, agak hangat terus dingin. Gak ada masalah yang berarti karena saya berusaha menciptakan suasana mandi yang fun dengan membawakan mainan di bak mandi anak seperti bebek mainan yang bisa berbunyi, atau sambil nyanyi. Ya, dulu waktu anak-anak masih batita sih saya percaya diri banget untuk nyanyi depan anak-anak. Tapi, sekarang percaya dirinya menurun seiring anak tumbuh besar hehe.

Anak saya yang kedua, Ra, sempat takut kalau main air di kolam renang. Entah karena banyak orang, airnya terlalu dingin atau karena area kolam yang terlalu luas. Akhirnya saya ikut nyemplung ke kolam renang, ikut main air sama anak. 

Awalnya masih takut walau ditemani, memang butuh waktu, sambil dimotivasi terus supaya berani main air di kolam renang. Kadang digendong di kolam renang. Lama-lama berani juga main air si kolam renang walau saya tak ikut nyebur.

Apa tips anda untuk anak yang takut air? Share yuk!

Comments

  1. Anak-anak saya sempat takut berenang tanpa sebab. Akhirnya dikursusin berenang. Dari situ mereka mulai berani

    ReplyDelete
  2. Ponakanku dulu takut banget sama air Mbak, sama ketinggian juga. Ternyata matanya minus. Untung belum terlambat waktu periksa.. awalnya dikira phobia, ternyata matanya heheheh

    ReplyDelete
  3. Jiaaah teh, anak saya mah boro-boro takut aer, yang ada malah nyari aer mulu, hahaha.. Gak boleh liat bapaknya lagi nyuci motor dikit, pasti langsung ikutan basah-basahan

    ReplyDelete
  4. Dulu keponakan saya pada takut kalau lihat air dalam jumlah banyak, laut, kolam renang, tapi setelah rutin diajak berenang mereka jadi asik dan ketagihan.

    ReplyDelete
  5. anakku yang takut air kok malah yang gede mba.. udah ikut ekstra renang, blm bisa juga..tapi mmng jadinya lebih berani dari sebelumnya. sekarang mandinya juga udah air dingin...tapi ya masih loncat2 krn kedinginan. Klo yang kecil malah lumayan...mending yang adiknya.

    ReplyDelete
  6. share pengalaman ponakan ya mba kalau anak saya masih empat bulan soalnya. Ponakan saya itu dari bayi rajin diajakin renang minimal sebulan sekali. Gedenya jadi "hantu air" hihi maksudnya nggak bisa lihat kolam nganggur bawaanya langsung pengen nyebur walau airnya dingin dan gerimis sekalipun. salam kenal ya mba, saya Enny yang komen di grup fb KEB minta link untuk saling BW 🙂

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Telinga Yang (Seperti) Tersumbat

Agar Ayam Matang Tak Berdarah