Sebelum Ke Luar Negeri, Siapkan Hal Ini Agar Bisa Pulang dengan Sehat


Jalan-jalan ke luar negeri adalah impian banyak orang. Di luar negeri, kita bisa mengunjungi tempat-tempat menarik yang menjadi ciri khas negara tersebut. Apalagi sekarang pergi ke luar negeri bukan lagi sekedar mimpi yang sulit untuk digapai, karena sekarang ada banyak tiket penerbangan murah ke luar negeri yang bisa kita dapatkan dengan mudah.


Meskipun sangat menarik, traveling ke luar negeri juga sebenarnya bisa menimbulkan resiko kesehatan yang cukup berat. Jadi, lebih baik jangan ke luar negeri hanya dengan bermodalkan tiket pesawat murah, uang, dan dokumen administrasi saja. Kamu juga harus menyiapkan berbagai hal yang berkaitan dengan kesehatan berikut ini:

Penerbangan murah ke luar negeri


Kemampuan Beradaptasi Dengan Iklim yang Berbeda

Suhu di luar negeri tidak sama dengan Indonesia. Apalagi kalau negara yang kamu kunjungi memiliki iklim yang berbeda dengan Negara asalmu. Kalau tubuh kamu tidak bisa beradaptasi dengan cuaca baru di negara yang dituju, maka tubuh akan merengek dan akhirnya menjadi sakit. Salah satu cara untuk membantu tubuhmu agar lebih mudah beradaptasi dengan cuaca berbeda adalah melakukan berbagai aktifitas di tempat yang suhunya mendekati suhu di negara yang akan kamu tuju. Jika kondisi cuaca di negara tujuanmu cenderung lebih panas dari Indonesia seperti Arab Saudi, cobalah untuk membiasakan tidur tanpa pendingin ruangan.

Kenali Penyakit Endemis yang Ada di Negara Tujuan

Sebelum ke luar negeri, carilah informasi apakah negara tersebut steril dari penyakit endemis atau tidak. Meskipun negara yang akan kamu kunjungi tersebut tergolong maju, penyakit tertentu tetap sangat mungkin untuk bersarang di sana. Contohnya Middle East Respiratory Syndrome (MERS) yang menjangkit negara-negara Timur Tengah. Dengan mengetahui penyakit endemis tersebut, kamu bisa lebih dahulu berkonsultasi ke dokter bagaimana caranya agar bisa terhindar dari penyakit tersebut.

Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Lakukan berbagai hal yang bisa meningkatkan kekebalan tubuhmu seperti olah raga dan mengonsumsi makanan yang sehat. Dengan begitu, tubuhmu lebih mampu bertahan di kondisi cuaca yang sangat jauh berbeda dengan cuaca di negara asal dan dapat terhindar dari berbagai penyakit. Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh dengan melakukan vaksinasi sesuai dengan penyakit endemis yang berkembang di negara tujuan. Vaksin ini akan sangat berguna karena tubuh kita tidak selalu bisa menangkal penyakit endemis yang ada di suatu negara meskipun memiliki kekebalan tubuh yang baik.

Cek Kondisi Kesehatan

Meskipun kamu merasa sehat, tidak ada salahnya untuk kembali mengecek kondisi kesehatan sebelum berangkat ke luar negeri. Ini untuk mengantisipasi timbulnya penyakit yang sebelumnya tidak terdeteksi karena tidak semua penyakit menunjukan gejala-gejala yang mencolok. Dengan mengetahui kondisi kesehatan terbaru, kamu bisa lebih mengantisipasi berbagai hal yang berpotensi membuat tubuhmu menjadi sakit. Kamu juga bisa menyiapkan obat-obat tertentu yang sesuai dengan kondisi kesehatan terakhirmu.

Siapkan Vitamin

Selain makanan dan aktifitas fisik, vitamin juga sangat penting untuk membantu tubuhmu agar tetap vit. Konsultasikan terlebih dahulu bersama dokter vitamin apa yang sebaiknya kamu konsumsi selama berada di luar negeri dan seberapa banyak dosis yang harus kamu minum. Selain itu, kamu juga harus mencari informasi tentang obat-obatan apa saja yang bisa di bawa ke luar negeri. Jika ternyata vitamin atau obat yang sudah kamu siapkan tidak boleh masuk ke negara tujuan, gantilah dengan vitamin atau obat yang diperbolehkan namun memiliki fungsi yang serupa. Jangan lupa juga untuk meminta resep dokter jika kamu punya penyakit yang mengharuskan kamu untuk selalu mengonsumsi obat tertentu.

Siapkan Alat Proteksi Tubuh Dari Luar

Selain dari dalam, tubuh kamu juga harus diproteksi dari luar agar tetap sehat saat berada di luar negeri. Salah satu bentuk proteksinya adalah dengan mengenakan pakaian, topi, atau benda apapun yang sesuai dengan cuaca yang sedang berlaku di negara tujuan. Contohnya kalau kamu berkunjung ke Eropa saat musim dingin, kamu harus menyiapkan pakaian yang bisa menghangatkan tubuhmu dalam suhu yang mendekati beku. Atau Kalau kamu berkunjung ke negara tandus seperti Timur Tengah di musim kemarau, kamu harus membawa alat pelindung tubuh dari suhu panas seperti payung, topi, sunglasses, tabir surya, dan masih banyak lagi.

Setelah urusan kesehatan ini kamu siapkan, sekarang tinggal membuat rencana perjalanan yang matang agar liburanmu di luar negeri bisa lebih efektif dan menyenangkan. Lalu agar keuangan bisa tetap sehat, jangan lupa untuk cari tiket pesawat murah di Reservasi.com. Ada banyak pilihan maskapai penerbangan yang bisa membawamu ke luar negeri dengan penawaran harga terbaik.

Dengan begitu, kamu bisa bersenang-senang di luar negeri dan pulang ke tanah air dengan kondisi tubuh dan finansial yang tetap vit.

Comments

  1. Nabung dulu nih kalau mau jalan-jalan ke luar negeri.

    ReplyDelete
  2. Orang-orang banyak lebih mikirin budget, souvenir, dll yang hepi2. Risiko yang begini kadang luput dari perhatian. Nice sharing Mba

    ReplyDelete
  3. Yup! Sebaiknya jaga kesehatan. Gak asik kalau lagi jalan-jalan trus sakit :)

    ReplyDelete
  4. Nah iya, resiko kesehatan itu padahal yang paling penting. Karena kalau sudah tertular, bisa2 jadi media penular bagi masyarakat terdekat juga. Ngeri kan ya akibatnya :(

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Telinga Yang (Seperti) Tersumbat

Agar Ayam Matang Tak Berdarah