Tips Lebaran Hemat

Belum juga Ramadhan datang kok saya sudah bicara lebaran. Ya, karena begitulah realita yang ada di lapanga. Banyak yang mempersiapkan keperluan lebaran bahkan sebelum Ramadhan datang, terutama untuk mereka yang akan melakukan mudik lebaran. Belum juga Ramadhan datang, tiket kereta api dan pesawat terbang biasanya sudah habis dibeli oleh mereka yang akan mudik lebaran.

Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri adalah hari kemenangan umat Islam yang sudah menahan diri dari hawa nafsu sebulan lamanya. Sudah menjadi tradisi di masyarakat kita untuk merayakan lebaran dengan berbagai cara. Misalnya dengan menyediakan makanan khas lebaran seperti ketupat dan opor ayam, pulang ke kampung halaman supaya bisa berkumpul dengan keluarga besar, membeli baju baru, menyediakan angpao, dan sebagainya. Bisa dibayangkan kan, berapa rupiah yang mesti kita keluarkan untuk keperluan lebaran.

Sebenarnya, tidak ada keharusan merayakan lebaran dengan hal-hal di atas. Yang wajib dilakukan menjelang lebaran adalah membayar zakat fitrah sebelum Hari Raya Idul Fitri dan melakukan shalat Idul Fitri di pagi hari raya. Tapi karena sudah menjadi kebiasaan atau tradisi di masyarakat untuk merayakan lebaran dengan makan ketupat dan mudik, rasanya ada yang hilang jika tidak melakukannya.

Adanya berbagai tradisi lebaran membuat kita harus menyediakan dana lebih. Enaknya yang kerja di kantor karena mereka mendapat tunjangan hari raya. Tapi bagaimana dengan mereka yang bekerja sendiri tanpa  terikat dengan perusahaan? Siapa dong yang akan memberi mereka tunjangan untuk keperluan lebaran? Nah, beberapa tips berikut ini mungkin bisa kita praktekkan agar lebaran kita hemat dan bisa melakukan tradisi lebaran sesuai dengan dana yang ada.
promo lebaran blibli
paket promo lebaran di toko online langganan blibli.com

  1. Manfaatkan promo lebaran
Menjelang lebaran, hampir semua toko baik online maupun offline ramai-ramai memberikan promo lebaran yang menarik. Misalnya potongan harga untuk produk-produk tertentu. Untuk ibu-ibu seperti saya yang berperan sebagai staf keuangan di rumah, potongan harga tentu saja hal yang menarik perhatian karena bisa menghemat anggaran lebaran. Manfaatkan promo lebaran yang ada untuk membeli keperluan lebaran seperti beras untuk memasa ketupat, baju baru anak, tiket, dan lain-lain.

  1. Mudik dengan program mudik gratis
Banyak perusahaan yang mengadakan program mudik gratis untuk masyarakat sebagai tanda terima kasih maupun strategi marketing. Misalnya saja, tahun-tahun lalu ada perusahaan jamu yang menyediakan bus untuk program mudik gratis bagi para tukang jamu.

  1. Belanja sebelum Ramadhan
Menjelang Ramadhan dan lebaran, harga berbagai barang biasanya naik karena didorong permintaan yang banyak di pasar. Kita bisa mengakalinya dengan berbelanja sebelum Ramadhan dimana harga barang belum naik, terutama untuk barang yang bisa dipakai lama seperti pakaian. Belanja sebelum lebaran juga selain lebih hemat, juga lebih nyaman karena biasanya tempat belanja belum terlalu ramai dan berdesak-desakan. Melakukan ibadah Ramadhan juga lebih tenang karena keperluan lebaran sudah dipersiapkan.

Itulah 3 tips lebaran hemat yang bisa dipertimbangkan. Bagaimana dengan sahabat Za dan Ra? Share ya di kolom komentar jika punya tips lebaran hemat lainnya. Semoga kita semua kelak bisa menjalankan ibadah Ramadhan dengan sempurna dan bisa merayakan lebaran dengan penuh sukacita. Amiin.



Comments

  1. Iya, klo dah mulai masuk Ramadhan harga entah kenapa mulai membubung ya. Mau belanja awal2 koq ya barangnya blm kepake ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, karena permintaan barang banyak kali ya..tp mudah2an kita selalu dikasih rejeki

      Delete
  2. Bikin list kebutuhan yang diperlukan dan sesuaikan dengan budget juga penting lho, mbak Nia. Apalagi ada momen ramadhan hingga jelang lebaran, biasanya banyak promo yang bikin kita jadi kalap hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul banget, biar ga belanja yg ngga perlu

      Delete
  3. Buat Kue lebaran sendiri dan masak sendiri he he he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya ga sanggup kalo bikin kue, ga punya ove juga :)

      Delete
  4. Biasanya saya belanja sebelum Ramadhan. Suka penuh kalau lagi Ramadhan. Malah pusing jadinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sehari sebelum ramadhan p-un pasar penuuuuuh ><

      Delete
  5. aku belum belanja nih, baru sirup aja mbak, biar dapet banyak varian

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, sirup di rumah juga requestnya anak-anak

      Delete
  6. Inilah hebatnya Idul Fitri teh, atmospherenya sudah terasa beberapa bulan sebelumnya... Berbagai kesibukan menjelang puasa dan lebaran sudah terasa. Dan yang paling signifikan itu kenaikan harga sembako yang cukup mencekik, tapi dengan nerapin 3 tips diatas, Insha Allah akan membantu meringankan mereka yang gak mendapatkan THR. Nice sharing

    ReplyDelete
  7. Belanja sebelum Ramadan bener banget tuh mbak, biar dompet aman dan ibadah tenang

    ReplyDelete
  8. pokoknya tiap mo lebaran marak deh....marak semuanya dan tipsnya bermanfaat utk menghadapi dgn bijak hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus tahan hawa nafsunya berlanjut ya

      Delete
  9. Saya belum belanja nih mba soalnya belum gajian dan belum dapat THR..hik..hikk

    ReplyDelete
  10. aku termasuk yang enggak mendapatkan tunjangan hari raya, teh. Suamiku juga wiraswasta, jadi ya...belanja kebutuhan lebaran sebelum ramadan datang, malah

    ReplyDelete
  11. nah pas banget artikelnya mb,, sayang yg bagian berbelanja sebelum ramadhannya terliwat saya hehehe...salam kenal mb @kania

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Telinga Yang (Seperti) Tersumbat

Asyiknya Belanja Keperluan Si Kecil di blibli.com