Arirang, Mie Korea Halal Yang Sesuai Dengan Lidah Orang Indonesia

Mie, siapa sih yang tak suka makan mie? Umumnya tiap orang suka ya makan mie, salah satunya jenis mie instan. Karena membuat mie instan sangat praktis karena tinggal diseduh dengan air panas atau direbus sebentar. Jadi pasti setiap orang di rumah menyediakannya. Khususnya untuk momen tertentu, miesalnya saat mendadak lapar di luar jam makan atau bosan dengan menu nasi yang disajikan setiap hari.

Selain mie instan dalam negeri yang sudah pasti akrab di telinga kita, saat ini banyak juga mie instan asal luar negeri yang disukai masyarakat kita, misalnya mie instan asal Korea. Memang budaya Korea sudah banyak masuk ke negeri kita. Mulai dari drama korea, K-POP, sampai makanannya seperti kimchi dan mie instan. Saya sendiri, yang saya suka dari budaya Korea salah satunya adalah kulinernya yang dikenal enak dan sehat. Saya suka melihat acara televisi Korea yang membahas kulinernya, salah satunya adalah Home Food Rescue yang dipandu oleh chef Baek.


Tapi tidak semua makanan dari luar negeri cocok dengan lidah orang Indonesia. Saya pernah mencicipi menu makanan korea di sebuah restoran makanan Korea yang dikelola oleh orang Indonesia, bersama seorang teman blogger. Teman saya tersebut tidak menghabiskan makanannya, mungkin masakan Korea tersebut tidak cocok dengan lidahnya. Atau, mungkin juga karena porsinya yang besar sehingga ia tidak sanggup menghabiskannya.

Saya sendiri berhasil menghabiskan makanan tersebut dan hanya menyisakan sedikit kuahnya, walau rasanya sedikit aneh karena ini pengalaman pertama saya mencicipi menu makanan Korea. Saya memang senang menikmati berbagai kuliner dan tertarik mencoba berbagai kuliner baru. Padahal, dulu saat remaja saya termasuk orang yang susah makan. Tak heran, badan saya kurus sekali. Ibu saya suka protes karena melihat piring makan saya yang isinya sedikit. Tapi setelah berkeluarga dan mendapati keluarga kecil saya senang makan menikmati berbagai kuliner, saya jadi ikut juga mencoba menikmati berbagai karunia Tuhan yang diolah menjadi berbagai makanan, termasuk mie instan.

arirang korean noodle
Arirang, mie korea halal yang sesuai dengan lidah orang Indonesia

Katanya, makan mie instan kurang baik. Iya sih, kalau berlebihan. Segala yang berlebihan memang kurang baik kan. Tapi kalau makan mie instan dengan wajar dan diimbangi makanan sehat lainnya, tentunya boleh-boleh saja. Konon mie asal Korea konon terkenal sedunia. Jadi penasaran kan seperti apa rasanya makanan yang terkenal sedunia itu? Tapi, untuk mencobanya pun kita harus berhati-hati, terutama masyarakat Indonesia yang muslim. Karena mie instan Korea yang ada di pasaran belum tentu jelas kehalalannya. Makanan asal Korea yang saya lihat di acara-acara masak di televisi, kadang-kadang memakai bahan non halal di dalamnya.

Namun, kekhawatiran saya kini sepertinya tidak beralasan. Karena sekarang ada mie instan Korea yang sudah bersertifikat halal MUI dan rasanya sesuai dengan lidah Indonesia. Namanya Arirang, korea banget kan. Menurut Wikipedia, Arirang diambil dari Bahasa klasik Korea yang tidak memieliki bentuk tepat. Ari artinya cantik, sedangkan rang artinya kekasih. Kira-kira, arirang artinya kekasihku sayang. Mungkin, harapan produsennya Arirang bisa jadi teman makan yang pengertian di segala suasana layaknya seorang kekasih ya, hehe.

Oh ya, saya sudah mencoba mie Korea Halal ini loh. Ada 3 varian rasa dengan kekhasannya masing-masing. Berat masing-masing kemasan 130 gram dan dimensi kemasan 205X30X125 mm. Harga per kemasan lebih murah dibanding mie instan Korea lainnya, yaitu sebesar 10 ribu rupiah. Terang saja, Arirang ini walau berkonsep dan berteknologi Korea, namun produksinya di Indonesia. Tak heran kalau harganya lebih murah.

Yuk, kita bahas satu-satu ketiga varian Mie Korea tersebut.

  1. Arirang Hot Hot atau Arirang Extra Hot Fried Noodle
Ini jagoannya mie instan Korea Arirang. Di Korea, ini dikenal dengan varian rasa Korean Fire Noodles (Buldalk Bokkeummyeon). Dalam satu kemasan Arirang Hot Hot yang berwarna hitam, terdiri dari mie, bumbu bubuk, bumbu mienyak dan kecap, bumbu pedas, serta rumput laut dan wijen untuk taburan.

korean noodle arirang hot hot

Arirang Extra Hot Fried Noodle

Arirang Extra Hot Fried Noodle


Memasaknya seperti kita memasak mie goreng instan biasa. Mie kita rebus dahulu, lalu mie dicampurkan dengan bumbu. Yang membuat terasa banget khas Koreanya adalah taburan rumput laut dan wijennya, serta rasa pedasnya yang aduhai banget. Artinya, pedas banget. Mm, katanya sih Arirang Hot Hot lebih pedas dari mie instan pedas Korea lainnya.

Buat yang tidak terlalu suka pedas, lebih baik bumbu pedasnya dimasukkan sedikit demi sedikit sampai mendapat tingkat kepedasan yang diinginkan. Kan sayang kalau sudah dituang semua dan tidak dimakan, jadi mubazir. Saya termasuk suka makanan pedas, tapi yang tingkat kepedasannya biasa saja. Untung saja, saya memakan Arirang Hot Hot saat lapar banget sehabis menuntaskan setumpuk pekerjaan rumah tangga, hehe. Jadi walau kepedasan dan keringat bercucuran, akhirnya seporsi Arirang Hot Hot tandas juga.  

  1. Arirang Noodle Soup Bone Marrow
Ini favorit saya diantara 3 varian mie instan Korea Arirang. Dalam satu kemasannya yang berwarna putih terdiri dari mie, bumbu bubuk, krimmer nabati, bumbu mienyak, sambal, dan daun bawang kering. Oh ya, mie instan Korea Arirang ini mie-nya lebih besar dan kenyal dari mie instan yang ada di Indonesia. Jadi, seporsi mie instan Korea cukup mengenyangkan.

Mie yang sudah direbus, dimasukkan ke mangkuk yang sudah dituangi bumbu. Begitu mie dan kuahnya dimasukkan ke mangkuk berbumbu, mm… haruuum kuahnya langsung menyeruak. Tinggal taburi mie dengan daun bawang dan Arirang Noodle Soup Bone Marrow pun bisa dinikmati.

Arirang Noodle Soup Bone Marrow

Arirang Noodle Soup Bone Marrow

Arirang Noodle Soup Bone Marrow


Baru kali ini saya menikmati mie instan yang diberi kuah krim. Jadi, saya cukup menikmati rasa baru yang unik ini. Kuahnya berwarna putih seperti susu atau santan. Rasa asin kuahnya pas dan tidak berlebihan. Pedasnya maalah terasa samar saja. Taburan daun bawangnya membuat mie instan kuah ini semakin harum. Cocok banget disantap saat cuaca dingin, karena membuat badan hangat dan tentu saja kenyang.

Oh ya, anak saya, Ra (5 tahun) juga sempat ngiler melihat saya makan Arirang Noodle Soup Bone Marrow, dan mencicipi beberapa sendok. Awalnya, saya khawatir dia akan kepedasan, karena mi instan Korea ini memang cocoknya buat usia remaja ke atas yang sudah bisa menahan pedas. Makanya, saya tidak menawari si kecil. Eh, nyatanya Ra nggak kepedasan dan bisa menikmati mie instan Korea ini.

  1. Arirang Tasty Chicken Fried Noodle
Varian ketiga mie instan Arirang kemasannya berwarna merah. Dalam satu kemasan terdiri dari mie, bumbu bubuk, bumbu mienyak dan kecap, sambal, dan bawang goreng. Aih, ini mie instan Korea yang ada sentuhan Indonesianya. Biasanya kan bawang goreng dijadikan taburan pada masakan-masakan Indonesia ya.

Memasaknya mudah saja. Rebus mie-nya terlebih dulu, lalu tuangkan mie pada wadah yang sudah dituangi bumbu. Aduk dan taburkan bawang gorengnya. Kita akan merasakan rasa ayam pada setiap lembar mie yang kita makan. Tenang saja, yang ini juga tidak terlalu pedas.

Arirang Tasty Chicken Fried Noodle

Arirang Tasty Chicken Fried Noodle

Arirang Tasty Chicken Fried Noodle


Oh ya, mie instan Korea Arirang ini baru banget launching tanggal 10 April kemarin. Tapi sudah bisa dibeli kok di supermarket-supermarket kelas A di Jabodetabek seperti Hero, Foodhall, Kemchik, Foodmart, Farmer market, juga di toko-toko buah modern seperti All Fresh, Total, dan lain-lain. Ssst, lagi ada promo nih dari mie instan Korea Arirang. Untuk pembelian 6 pak dapat hadiah 1 glass box, dan untuk pembelian 20 pak dapat hadiah 1 trolley bag!

Mie instan Korea Arirang juga nantinya akan merambah kota bandung, Makassar, Surabaya, dan kota lainnya. Kita juga bisa beli mie instan Korea Arirang secara online. Di Tokopedia dan Bukalapak, toko yang menjual mie instan Korea Arirang namanya ARIRANG WOI. Atau kita  juga bisa menghubungi pengelola arirang di media sosialnya berikut ini.

Twitter : @ariranghot
Instagram: @ariranghot

Selamat mencoba ya dan menikmati petualangan rasa bersama Arirang Noodle!


Comments

  1. Wah beneran nih pengen nambah lagi, mba Kania. Hiheiehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk berburu mie arirang, kemarin waktu jalan2 sama anakanak udah ada di Farmer Market Bintaro

      Delete
  2. Mie arirang kuah sup sum-sumnya menggoda mba

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. asik tuh mba, mengenyangkan kalo bekal pikniknya Arirang

      Delete
  4. Ini rasanya pas banget di lidah. Aku juga suka.

    ReplyDelete
  5. Kalau boleh mah aku pengennya tiap hari makan mie ini hahaha parah banget sih enaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh boleh, sekalian jd reseller mba :)

      Delete
  6. Alamaaakkk msh dimeulaboh hiikss

    ReplyDelete
  7. yeaahh...hari ini aku beli sekardus nih krn ketagihan mie arirang

    ReplyDelete
  8. Mie itu penuh histori dan saat menyantapnya menimbulkan kesan tersendiri. Kehadiran Arirang mewarnai pesona dan kelezatan Mie :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, history saya dengan mie: p-ernah ngiidam mie saat hamil anak p-ertama :)

      Delete
  9. Bener banget, mie pedas Arirang ini pedesnya nampol, sesuai sama cita rasa Indonesia, dan halal~

    ReplyDelete
  10. Samaaa mba favorit sy jg yg kuah sum sum enak banget ya

    ReplyDelete
  11. Lengkap ya ada wijen dan rumput laut juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, itu yg arirang hot, khas korea banget

      Delete
  12. Aku kayanya perlu stok mie arirang nih buat nonton drakor kalau weekend haha enak sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga p-erlu ke korea untuk menikmati suasana korea ya mba

      Delete
  13. Ada Sensasi tersendiri makan mie korea Arirang yang halal ini, my paporite is arirang hot hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. penyuka p-edas pasti favoritnya arirang hot :)

      Delete
  14. Biasanya eneg kl makan mie selain i*domie tp arirang ini beda... Enaknya kebangetan mba..

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiap varian rasanya unik ya. satu pedes, satu creamy, satunya lagi rasa ayamnya yg menonjol

      Delete
  15. alhamdulillah makin banyak mie luar yg halal yah sekarang ini :)

    ReplyDelete
  16. Mau nyetok mie arirang di rumah ah

    ReplyDelete
  17. Yg deket ciputat Arirang ternyata ada di farmer Bintaro XChange

    ReplyDelete
  18. bener banget ya mba. tidak semua makanan luar sesuai dgn lidah kita. ee tapi cobain arirang ini semua beda. cocok dgn lidah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. apalagi busui mah emang harus semangat makannya ya mba jd makan apapun pasti cocok ya hehe

      Delete
  19. iya bener banget mba, tidak semua makanan luar itu sesuai dgn lidah kita ya. dan arirang ini beda. saya sudah cobain semua dan cocok dengan lidah.,

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, walau pedes yg arirang hot tap-i gabisa brenti makannya :_)

      Delete
  20. Enyaaaknyaaa jd laper nih. Mo nyoba beli ah keknya enak banbet

    ReplyDelete
    Replies
    1. enak mba, mba muna di jateng/jatim ya? bisa beli online

      Delete
  21. Ya ampun jadi pengin makan lagi padahal tadi malem baru makan. 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya juga p-engen coba lagi, di rumah udah abis

      Delete
  22. Menurut aku Arirang selain halal, enak, harganya juga terjangkau banget. Ngga ngeberatin kantong jadi bisa stok banyak - banyak di rumah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dibanding mie korea lain Arirang terjangkau

      Delete
  23. Aku dan Suami punya jagoan rasa masing2 kalau makan Arirang, tapi sejujurnya, semua rasa enyaaaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. tiap varian Arirang p-unya ciri khas masing2 jd masing2 ada jagoannya ya

      Delete
  24. rasa dan porsinya pas. Halal pula :)

    ReplyDelete
  25. Mba makasiiih postingannya bikin aku sukses ngilerrrr dan laper jadinya haha.. Jd pengen makan Arirang juga ��

    ReplyDelete
  26. Tukan pengen lagi, emang godaan dah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, saya juga jadi p-engen lagi di rumah udah abis stoknya

      Delete
  27. aku suka banget arirang ini khususnya yang varian goreng, baik yang tasty chicken maupun yang pedes. keduanya nagih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang Arirang Hot p-edes tap-i nagih ya mba :_)

      Delete
  28. aku suka yang sup sumsum krimernya enak, kayak makan mie campur susu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, wangi lagi pas baru disebuh, emmbangkitkan selera makan

      Delete
  29. Besok mau beli yang paket trolley itu aaahh.. udh bisa diorder di tokopedia besok katanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeaaaay, cocok buat yg mager kayak saya belinya online aja

      Delete
  30. Kalau udah halal, mau pedas apa engga, ...hajar aja ya mbak hahahha

    ReplyDelete
  31. Walau pedasnya terampun-ampun tapi fave saya tetap yang bungkus hitam, haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. pecinta pedas pasti fav-nya Arirang Hot

      Delete
  32. Mie instan emang penyelamat saat begadang malam2 buat freelancer hehe
    Skrng mie Arirang ini jd salah satu piihanku nemenin aku ngetik malam2 hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener, p-enyelamat saat lapar dan belum waktu jam makan

      Delete
  33. Makan mie Arirang emang seperti berpetualang mbak Kania, petualangan di dunia mie yang lezat dan bikin nagih. Hehhehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. paling seneng deh petualangan kuliner, alhamdulillah Arirang ini udah halal :)

      Delete
  34. Duh ini belum ada di Bogor. Nanti mau keliling lg deh long weekend ini. Mencari Arirang! Wkwkwk

    ReplyDelete
  35. Betul mbaaaa, ga semua makanan korea bisa diterima di lidah orang Indonesia. Kimchi salah satu yang saya ga terlalu suka. Tapi kalau mie nyaaaa hmmmm suka bangeeeettt!!!

    ReplyDelete
  36. Rasa enak plus halal. Aku nagih teruusss

    ReplyDelete
  37. Teh bikin video di YouTube dong, yang makan mie sampe 6 bungkus, kayak yang cewek Jepang itu loh, makan MI goreng sampe 6 bungkus, dan langsung dihabiskan saat itu juga, hehehe....

    Saya juga pencinta mie instan, kalo suruh milih antara mie atau nasi, pasti milih mie.

    Tapi makan mie biasanya jarak waktu 3/4 hari, kalo setiap hari berbahaya

    ReplyDelete
  38. aku uda coba . soal rasa emang bener bener enak tapi tidak ada rasa pedasnya . ehehe

    ReplyDelete
  39. Aku malah jadi penasaran sama yang super pedas itu mba.. Sanggup nggak ya, kalo bumbu pedasnya aku tuang semua... Seberapa pedas gitu..

    ReplyDelete
  40. wah ... emang halal itu lebih nikmat

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Telinga Yang (Seperti) Tersumbat

Agar Ayam Matang Tak Berdarah