Belanja Oleh-oleh Dari Seluruh Nusantara, Bisa Lewat Smartphone Loh!

Jalan-jalan ke suatu daerah, sudah pasti pulangnya ingin membawa oleh-oleh. Untuk keluarga, teman, atau tetangga. Walaupun bukan suatu keharusan membawa oleh-oleh sepulang dari perjalanan, kita seringkali punya perasaan tidak enak hati sama orang yang minta dibawakan oleh-oleh. Kadang-kadang, membawa oleh-oleh juga sebagai bukti kalau kita pernah mengunjungi daerah tersebut. Minimal, pernak-pernik berukuran kecil atau makanan khas yang terjangkau harganya, kita bawa pulang sebagai oleh-oleh.


Membawa oleh-oleh makanan khas suatu daerah, biasanya akan selalu bermanfaat karena bisa dikonsumsi oleh si penerima oleh-oleh. Berbeda dengan oleh-oleh berupa barang, karena tidak semuanya pasti terpakai oleh si penerima oleh-oleh. Tapi, Membawa oleh-oleh makanan kadang-kadang bisa merepotkan juga loh. Awalnya cuma bawa satu koper, eh pas pulang harus membawa tiga koper karena isi koper bertambah dengan adanya oleh-oleh. Kalau bepergian sendiri sih sepertinya tak masalah ya. Coba kalau bepergian sekeluarga, ada anak kecil yang masih suka lari kesana kemari. Bisa dibayangkan betapa hebohnya saat harus menenteng banyak koper dan menertibkan si kecil di perjalanan. Apalagi, jika oleh-oleh makanan tersebut mudah rusak di perjalanan, bukannya hati senang yang didapat karena bisa berbagi malahan kecewa karena oleh-oleh tidak jadi diberikan pada orang yang disayangi.

pesanan oleh oleh nusantara JNE
Yuk, yuk, belanja, tanggal muda nih :) Ini hasil belanja makanan di PESONA


Namun sepertinya kerepotan dan resiko membawa oleh-oleh makanan sepulang dari perjalanan sekarang sudah ada solusinya nih, sahabat Za dan Ra. Karena sekarang ada layanan PESONA dari JNE. Pesona merupakan kependekan dari Pesanan Oleh-oleh Nusantara. PESONA merupakan salah satu produk kreatif dari JNE, perusahaan nasional yang berkonsentrasi pada bidang usaha jasa pengiriman dan pendistribusian yang sudah berpengalalaman dalam hal ini selama 24 tahun. Dalam upaya ikut memperkenalkan produk lokal daerah hingga menjadi skala nasional, dan sekaligus meningkatkan daya saing pelaku usaha UMKMK (Usaha Mikro, Kecil, Menengah, dan Koperasi) utamanya disektor industri makanan, PESONA menyediakan layanan kiriman pemesanan makanan khas dari berbagai kota di Indonesia.

Pilihan makanan dari beberapa daerah di Indonesia yang ditawarkan Pesona sudah melalui seleksi kelayakan dan masa uji coba sehingga aman untuk dikonsumsi oleh kita sebagai pelanggan. Namun, jika makanan yang diinginkan tidak ada dalam daftar, Pesona menyediakan layanan PESONA 'Suka-Suka' dimana kita bisa menentukan sendiri pilihan makanan yang dinginkan. Kita cukup memberikan data lokasi, jenis dan jumlahnya saja, maka Pesona akan segera memesan dan mengantarkannya kepada pemesan dengan beberapa penyesuaian yang berkaitan dengan pengirimannya.

pesanan oleh oleh nusantara jne
Tampilan website PESONA dari komputer


Enaknya belanja oleh-oleh makanan di PESONA itu banyak pilihan makanannya, tidak terbatas pada satu daerah saja. Pokoknya, ya dari seluruh nusantara. Belanja oleh-oleh dari seluruh nusantara di PESONA juga bisa dilakukan dimana saja, dari rumah, kantor, atau dari tempat kita berwisata, karena oleh-oleh bisa dipesan melalui smartphone dan nanti diantarkan oleh PESONA ke tempat tujuan.

Beberapa hari yang lalu, saya juga sudah memesan beberapa makanan khas nusantara dari PESONA. Awalnya sih mau cari sambel yang enak aja, karena sambel buatan saya selalu kurang pas racikannya. Beli sambal jadi di minimarket juga ternyata ada pengawetnya. Padahal, saya sudah berguru membuat sambal sama dua master, ibu saya dan mamah mertua. Tapi, tetap saja kadang-kadang rasanya kurang pas. Ah, bilang saja kalau malas bikin sambal buuuu ><. Hmm, kadang-kadang sih iya. Kalau ada yang sudah jadi dan enak, kenapa tidak. Ya kan?

 
Mau nyicipi sambal khas Bali, gak perlu ke Bali..pesan ke PESONA aja :)

Sebagai orang sunda yang katanya suka lalapan, saya awalnya malah kurang suka makan sambal dan lalap. Namun karena suami saya suka sambal dan lalap, akhirnya jadi ikutan suka juga. Di PESONA, saya menemukan beberapa jenis sambal. Ada sambal terasi, sambal hijau, sambal bawang, dan lain-lain. Pilihan saya jatuh sama sambal bawang atau sambal khas bali Bu Majun, karena ada pilihan paketnya. Ada yang paket isi satu, isi dua, dan paket campur dengan lauk lain. 

Selain sambal, saya juga belanja beberapa makanan di PESONA untuk stok lauk teman nasi di rumah. Lumayan untuk refreshing menu masakan di rumah, biar semua anggota keluarga tidak bosan. Karena lauk di tukang sayur langganan dekat rumah biasanya hanya menjual lauk itu-itu saja, seputar ikan dan ayam. Saya membeli beberapa lauk kesukaan keluarga yaitu bandeng presto, bebek goreng praktis, dan sosis sapi. Semuanya makanan kesukaan keluarga saya. Bandeng presto yang saya pilih adalah bandeng juwana yang terkenal sebagai oleh-oleh khas Semarang dan sudah dikirim ke berbagai daerah, termasuk luar negeri. 

Untuk bebek gorengnya, saya pilih bebek dower yang juga merupakan nama restoran yang menjualnya. Bebek Dower Resto merupakan restoran keluarga berkonsep warisan kuliner nusantara dengan aneka jenis masakan bebek sebagai menu andalan.  Sudah ada 10 outlet Bebek Dower di Jakarta, dan tanpa mengunjungi restoran pun saya ternyata bisa menikmati bebek dower karena memesan bebek siap goreng melalui PESONA. Oh ya, sosis yang saya pesan dari PESONA tanpa pengawet, MSG dan pewarna loh. Praktis  dan sehat buat bekal anak ke sekolah!

pesanan oleh oleh nusantara jne
Bebek Dower sipa goreng, bisa dibeli di PESONA juga :)
 
pesanan oleh oleh nusantara jne
Sampe tulang bebeknya pun masih dihisap-hisap kakak Za..

Saya memesan semua makanan itu lewat smartphone. Sebelumnya, kita harus sign up atau daftar dulu di www.pesonanusantara.co.id , lalu login dan lengkapi data seperti alamat dan data lainnya, supaya oleh-oleh yang kita pesan sampai tujuan.  Baru setelah itu, kita bisa pilih makanan yang ingin kita beli. Saya sih mengupayakan yang lokasi tokonya dekat rumah, supaya ongkos kirimnya tidak terlalu besar. Tapi, kalau sahabat Za dan Ra tidak bermasalah dengan ongkos kirim, bisa memesan oleh-oleh dari daerah mana saja. 

Setelah memilih oleh-oleh, kita bisa melakukan pembayaran melalui kartu kredit, metode transfer ke rekening JNE (tersedia rekening BNI, BCA, Mandiri), atau membayar melalui Alfamart dan Alfamidi. Nanti ada email konfirmasi dari PESONA jika barang kita sudah dikirim. Waktu saya pesan sih lumayan cepat. Saya pesan oleh-oleh dan melakukan pembayaran tanggal 21 Februari, tak lupa konfirmasi sudah melakukan pembayaran dan upload buktinya di tanggal yang sama. Tanggal 22 Februari sudah ada email dari PESONA yang memberitahukan kalau pesanan saya sudah dikirim. 

pesanan oleh oleh nusantara jne
Tampilan website PESONA dari smartphone


Kalau bingung saat melakukan pemesanan, bisa tanya-tanya melalui email atau kolom chat sama customer service PESONA. Tapi saran saya sih, lebih cepat jika telepon melalui toll free PESONA di nomor 0800-1-566-566 jam 09.00 sampai 18.00 WIB. Oh ya, setelah barang pesanan kita sampai di rumah, jangan lupa dicek. Kalau pesanan makanan kita rusak, bisa mengajukan klaim ke PESONA. Dan kalau makananannya mudah basi seperti daging, harus langsung kita simpan di freezer jika tak ingin langsung dikonsumsi.

Buat sahabat Za dan Ra yang sedang merantau dan kangen oleh-oleh kuliner dari daerahnya, pas banget deh kalau menggunakan jasa PESONA untuk mewujudkan harapannya menyantap oleh-oleh makanan daerah. Juga, buat mereka yang ingin mengiriimkan orang-orang tersayangnya oleh-oleh makanan khas daerah dan tak mau repot berbelanja mengunjungi toko. Karena berbelanja oleh-oleh makanan dari seluruh nusantara di PESONA, bisa dilakukan hanya melalui smartphone.

Yuk ah, kunjungi website PESONA aja biar lebih jelas infonya di sana. 

Whatsapp: 0822-1339-4013 (message only)
Customer Service JNE: 021-2927 8888 (Nomor yang bisa dibuhungi saat hari Sabtu, Minggu dan hari libur)

Comments

  1. Aku kok ngiler sama bebek & sambelnya ya mbaa hahahahah #salfok kayaknya harus nyobain aplikasi pesona ini biar bisa ikutan pesen si bebek XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pesennya lewat browser mba, bisa juga :D

      Delete
  2. wah asyik ya mbak ga harus jauh2 ke tempatnya lagi sekarang kalo pengen makanan khas daerah tinggal ke website pesona ajah

    ReplyDelete
  3. Saya beberapakali juga beli makanan khas daerah di pesona JNE ini, cepet juga kok sampenya

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah udah pernah juga ya mba..iya lumayan cepat...

      Delete
  4. Aku juga suka sekali beli makanan nusantara mba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. walaupun udah banyak kuliner mancanegara ya mba..:)

      Delete
  5. Lengkap yo Mbak. Tinggal klak klik nih. HArga juga lumayan terjangkau

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba..gausah datang ke lokasi tinggal pake smartphone..makin dimanjakan aja konsumen di era digital..

      Delete
  6. wahhh engga usah jauh2 beli ke kota asal oleh2 berarti, tinggal pesen di situ saja... thanks infonya..

    ReplyDelete
  7. Oh..begitu ya mbak. Enak ya mbak, jadi nggak usah ribet bawa oleh2 pas pulang dr acara jaln2..
    Makasih infonya mbak...

    ReplyDelete
  8. Sambelnya bikin ngiler mba :) Aku baru tau Pesona sudah bisa dipesan online ya sekarang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba bisa , itu layanan lain dr JNE. kalo kangen kuliner daerah bisa pesan PESONA aja

      Delete
  9. Mau ngepoin webnya ah, lumayan nih kalau mau cari oleh2 ya mbak TFS

    ReplyDelete
  10. Penasaran dengan rasa sambel khas Bali nya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Telinga Yang (Seperti) Tersumbat

Asyiknya Belanja Keperluan Si Kecil di blibli.com