Mengajarkan Anak Shalat Sejak Dini

Hari Sabtu lalu, saya mengajak Za dan Ra mengikuti Ta’lim Anak di Musholla Al Ikhlas, Puri Bintaro, Tangerang Selatan. Acara ini memang digelar secara rutin. Kali ini temanya tentang praktek shalat yang dipandu oleh Ustadz Agus Salim.

Shalat menurut bahasa adalah doa, karena memang di dalam shalat banyak sekali doa0doa yang kita panjatkan pada Sang Pencipta. So, shalat harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh supaya doa kita juga sampai pada-Nya. Cara melakukannya pun harus benar. Oleh karena itu, anak harus diajarkan melakukan shalat dengan benar sejak dini agar menjadi kebiasaan yang baik.


taklim anakku bintaro


Shalat juga merupakan tiang agama. Menurut ustadz, kalua shalatnya saja kurang baik, maka dikhawatirkan ‘tiang’ agamanya roboh. Shalat merupakan salah satu Rukun Islam yang merupakan dasar bagi seorang muslim dan muslimah. Shalat yang 5 waktu hukumnya wajib bagi setiap umat Islam.

Setelah acara dibuka dengan pembacaan ayat Alquran oleh salah seorang peserta, ustadz pun memulai sesi praktek sholat.. Mnurut ustadz, ketika takbir tangan tidak perlu diangkat terlalu lebar untuk perempuan. Sementara untuk lelaki sebaliknya. Kaki pun untuk laki-laki dibuka lebar, sedangkan untuk perempuan tidak perlu lebar-lebar. Pandangan saat shalat harus tertuju pada tempat sujud. Saat ruku, posisi punggung lurus. Dan saat sujud, hidung menempel ke tempat sujud. Setiap anak diperhatikan gerakannya sampai tahiyat akhir. Setelah itu, anak-anak juga belajar melafalkan Alfatihah dan doa tahiyat akhir dengan makhraj yang betul.

Belajar shalat untuk anak harus dilakuakn secara terus menerus setiap hari. Beruntung sekarang banyak TPA-TPA (Taman Pendidikan Alquran) yang selain mengajarkan baca Alquran juga mengajarkan anak praktek shalat. Kalau jaman saya, namanya madrasah. Waktu belajarnya sore, sepulang dari sekolah Dasar.

Semoga anak-anak sekarang dan masa yang akan datang tetap tidak melupakan kewajibannya sebagai muslim dan muslimah untuk shalat 5 waktu dimanapun ia beraktivitas ya.  Oh ya, jika ingin mengetahui jadwal ta’lim anak selanjutnya, bisa kunjungi instagramnya di @taklimanakku 

Comments

  1. Amiiiin.. Sekarang aku sih mencontohkan dulu ke anak. Krn percuma ya, anak disuruh solat tp kitanya denger azan ga lgsg solat hihi

    ReplyDelete
  2. Iya mba Kania, saya juga pernah baca, kalau solat masih belum sempurna maka maksiat akan selalu dilakukan. Bagus ya taklimnya, mengajarkan dari dasar tentang solat. Semoga berkah ilmu yang didapat anak2nya ya Mba

    ReplyDelete
  3. Amin, bagus banget ya Mbak isiannya ini sangat penting buat anak2nya

    ReplyDelete
  4. Sedari kecil dididik disiplin shalat, moga terbiasa disaat dewasa ya, amin

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Telinga Yang (Seperti) Tersumbat

Asyiknya Belanja Keperluan Si Kecil di blibli.com