Yakin Ingin Kuliah Jurusan Teknik Informatika? Baca Ini Dulu

Kedua anak saya, Za dan Ra, masih bersekolah di Sekolah Dasar dan Taman Kanak-kanak. Tapi, yang namanya orangtua, selalu memikirkan hal yang terbaik untuk masa depan anak. Saya mulai memikirkan akan dimana nanti Za dan Ra menempuh pendidikan menengah dan perkuliahan. Ternyata, bukan saya saja yang berfikir demikian. Sebagian besar orangtua pasti demikian. Bahkan, ada yang sampai berfikir, nanti anak menikahnya sama siapa ya. Duh, kejauhan sih itu mikirnya ya. Karena urusan jodoh mah rahasia Allah SWT. Tapi kalau urusan pendidikan bisa direncanakan dari sekarang sesuai minat dan kemampuan anak.

Banyak orang berfikir kalau menempuh pendidikan di Jurusan Teknik itu keren. Ambil salah satu contohnya, yaitu Jurusan Teknik Informatika.


Teknik informatika memang jurusan yang dianggap oleh sebagian besar masyarakat sebagai bidang ilmu dengan prospek masa depan yang cerah, dengan fakta bahwa persaingan global antar Negara di segala bidang wajib memiliki dukungan teknologi informasi yang mutakhir. Tak heran jika banyak di antara lulusan SMA/SMK memilih jurusan teknik informatika sebagai pilihan studi di perguruan tinggi.

Apakah sahabat pembaca salah satunya? Jika iya, maka anda wajib membaca artikel ini hingga tuntas agar nantinya anda dapat menentukan langkah-langkah yang tepat demi mencapai tujuan, salah satunya bagaimana memilih kampus teknik informatika yang tepat. Lebih lanjutnya, simak paparan berikut ini:

1.    Penguasaan materi dasar

Kuliah di teknik informatika pasti membutuhkan kemampuan dasar menghiutng. Yang pasti Anda akan menemui beberapa mata kuliah berikut : Aljabar, Statistik, Algoritma, Kalkulus, Koding dan teman-temannya. Jika Anda telah mengibarkan bendera putih terhadap segala sesuatu yang berbau hitung menghitung sejak angku SMA, maka dapat dipastikan Anda tidak akan bertahan kuliah disini. Oleh karena itu, jika Anda telah bertekad bulat untuk mengambil jurusan ini, maka wajib bagi Anda untuk giat mempelajari materi-materi dasar tersebut sejak dini.

kuliah jurusan teknik informatika

 

2.    Koding

Koding adalah makanan sehari-hari di jurusan ini. Terkadang banyak mahasiswa yang jenuh dengan koding, karena memusingkan. Maka dari itu persiapkan diri Anda dengan baik sebelum berkuliah di kampus teknik informatika. Bukan berarti Anda harus menguasai bahasa pemrograman sejak SMA, tapi ada baiknya untuk lebih mengenal dan menyukai hal ini sejak dini. Umumnya mahasiswa akan dapat menguasai software development setelah 2 tahun berkuliah, jadi menginjak semester 5 ke atas Anda akan tidak akan merasa kesulitan lagi.

3.    Memilih kampus teknik informatika yang tepat

Sekalipun banyak praktisi IT profesional yang berasal dari kampus yang biasa saja, namun tetap tidak dapat dipungkiri bahwa sarana dan prasarana perkuliahan merupakan faktor penting bagi kesuksesan dan kelancaran studi mahasiswa. Makin lengkap laboratorium IT yang tersedia di kampus tersebut, maka kemungkinan besar studi Anda akan berhasil disana. Terlebih jika kampus tersebut memiliki komunitas mahasiswa IT yang keren dan solid, dimana komunitas dengan background yang sama akan membuat Anda makin bersemangat.

kuliah jurusan teknik informatika


4.    Manajemen waktu yang baik

Kuliah di fakultas teknik memang pada umumnya sangat menguras waktu dan energi. Dalam hal waktu, Anda benar-benar harus mengaturnya dengan baik, salah satunya dengan mengatur skala prioritas. Anda akan menemui banyak sekali tugas praktikum, belum lagi Anda juga harus banyak praktek di rumah untuk melancarkan ilmu yang telah diterima di perkuliahan. Manajemen waktu yang baik akan membantu Anda untuk dapat lulus dengan cepat.

Ketika pemahaman dan persiapan telah matang, maka Anda akan dapat melangsungkan studi di kampus teknik informatika dengan baik dan lancar.

Untuk Za dan Ra, saya yakin dengan bertambahnya usia dan pemahaman mereka, mereka bisa memilih pendidikan yang sesuai dengan bakat dan kemampuan mereka. Apapun itu, saya seharusnya mendukung asal bermanfaat bagi negara dan agama, minimal untuk diri sendiri.


Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Hehee...saya jebolan TI dan pernah kerja jadi kuli di salah satu pengembang software kemudian menjelajah lagi jadi programmer plus IT Helpdesk.

    Manfaatnya : sekarang justru ga begitu gaptek karena udah tau, kalo mau setting ini dan itu tinggal buka ini. Plus ga takutan sama grogi lagi kalo megang gadget :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga heran, tulisan mba Ipeh tentang gadget itu mengalir...saya mah nulis ttf techno/gadget..harus perang saraf dulu kali ya..naik turun alis... hehe

      Delete
  2. Hihihi.. Ini jurusan yg cm bisa aku impikan :p. Pgn msk sana, tp apa daya otakku lemah kalo udh soal itung2an, dan segala eksakta itu :D. Untuk anakku nanti sih aku bebasin aja mereka mau masuk apa.. Kalo memang kuat di eksakta, gapapa msk TI.. Walopun impianku mereka bisa jd chef terkenal hahahaha :p. Ato di hubungan international biar bs jd diplomat kyk kakeknya :D.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga punya mimpi ini itu buat anak-anak tapi ya nanti terserah mereka juga :)

      Delete
  3. Saya kebetulan anak jurusan TI nih :))
    Menambahkan saja, kalau memang ingin terjun ke dunia IT, jangan tanggung-tanggung milih jurusan. Sekalian memilih minat yang lebih spesifik, misalnya mau jadi programmer, mau jadi analyst, mau fokus di jaringan, atau tentang keamanan sistem... kemudian betul-betul asah kemampuan. Banyak lho lulusan TI yang kurang niat dan akhirnya selepas lulus malah kerja yang "yodah apa aja lah, TI ternyata susah" gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah makasih informasi tambahannya bunda, semoga bermanfaat buat orangtua & calon mahasiswa :)

      Delete
  4. kalau zaman sekarang sepertinya pelajaran IT bisa didapatkan dengan belajar otodidak dari internet/ khusus untuk proggamminngnya saja sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, saya pun belajar ngeblog otodidak aja :)

      Delete
  5. Suami dan adikku juga berhubungan sama informatika semua. Kalo suamiku jebolan ilmu komputer ipb, sehari-hari ya berkutat sama codingan. Sedangkan adikku masih kuliah di manajemen informatika. Serumah sama mereka yang internet geek ya akhirnya jadi ikutan sibuk sama internet juga soale jadi sering dicuekin, hihihi.

    ReplyDelete
  6. Aku pernah punya keinginan untuk kuliah di jurusan ini, Mbak. Entahlah eknapa kok nyasarnya begitu jauh. ANak-anak sepertinya belum begitu terpikir untuk kuliah di jurusan mana. But makasih ya sharingnya

    ReplyDelete
  7. wahhh bener banget tuh kalau gak bisa coding atau memanfaatkan waktu dengan baik bisa keteteran kalo kata orang jawa... saya sendiri dulu ingin sekali masuk Jurusan TI saat mendaftar kemarin tetapi untunglah saya tidak memilihnyaaa karena saya berpikir TI itu gampang, ternyataaaaa gilaaaaa.... akhirnya saya memilih yang masih dalam Fakultas TI nya, yaitu Sistem Informasi, walaupun masih ada coding coding nyaa T.T tapi tidak seserius anak TI hhe mantapppss

    ReplyDelete
    Replies
    1. makin salut deh sama anak teknik, berarti mereka anak-anak yg rajin berusaha ya..

      Delete
  8. Dulu pernah pingin masuk TI. tapi ya gitu karena merasa gaptek, jadi nggak pede Mbak :)

    ReplyDelete
  9. Aku sama suami kebetulan sama2 anak IT dan sama-sama kerja di ISP juga XD
    *hahaha bingung sih ini antara perlu dibanggain atau nggak * :))

    Kalo mau masuk IT itu harus bener-bener niat, bener-bener jatuh cinta, serius kuliah dan cari kampus yang bener2 berkualitas, karena apa yg ada di kampus, cuma seiprit di dunia kerja.

    Terlepas mau fokus di database, security, atau jaringan komputer, pastinya harus mau mengembangkan diri dengan skill dan ikut komunitas di luar kampus, update dg teknologi terbaru, pokoknya jangan di kampus doang :D

    Tapi aku nggak mau anakku jadi engineer kayak bapak-ibu nya :))))

    ReplyDelete
  10. Awalnya Aq pengen belajar koding sampe ingin kursus jg...
    Tapi urung, takut g nyantol pelajarannya :D

    ReplyDelete
  11. Betul banget mbak, apalagi di zaman sekarang anak-anak yang jurusan IT banyak dibutuhin dan mereka banyak yang buat startup. Sukses ya mba

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Telinga Yang (Seperti) Tersumbat

Asyiknya Belanja Keperluan Si Kecil di blibli.com