Jalan-jalan Ke Taman Wisata Matahari

Assalaamualaikum…

Hari kamis kemarin, saya menemani Ra mengikuti kegiatan field trip daei sekolahnya ke Taman Wisata Matahari. Baru kali ini saya berkunjung ke sini. Jadi, cukup membuat penasaran. Walau sedang agak batuk pilek, saya berusaha mengumpulkan semangat untuk menemani adik Ra.

Berangkat sekitar jam setengah tujuh dari Bintaro, rombongan bus sekolah Ra sampai di Taman Wisata Matahari sekitar jam 9 pagi. Taman ini terletak di Jalan Raya Puncak, Bogor dan merupakan tempat rekreasi keluarga yang mempunyai moto “Recreational and educational Park”. Tiket masuknya sebesar 25 ribu rupiah setiap orang, sudah termasuk gratis beberapa permainan seperti dan diskon 10% makan di Restoran Sunda Express.



taman  wisata matahari bogor

Ra dan teman-teman mengantri dan menyerahkan tiket masuk Taman Wisata Matahari ke petugas. Ra dan teman-teman sekolahnya mengikuti kegiatan yang sudah merupakan paket rekreasi dan edukasi dari Taman Wisata Matahari. Setelah mendengarkan pengarahan dari seorang pemandu berpakaian petani tentang kegiatan yang akan mereka lakukan hari itu, foto bersama dilakukan sebelum mulai sesi kegiatan.

Berikut ini adalah kegiatan yang Ra dan teman-teman lakukan di Taman Wisata Matahari.

  1. Memandikan kerbau

Kegiatan dimulai dengan memandikan kerbau berwarna putih yang cukup besar, lalu berfoto di atas punggung kerbau. Sayangnya Ra tidak mau berfoto di atas punggung kerbau. Atuuuut..hehe. It;s ok.

taman wisata matahari bogor


  1. Membersihkan beras dan menumbuknya

Apa ya istilahnya dalam Bahasa Indonesia untuk kegiatan membersihkan beras dari serpihan kulitnya? Kalau dulu saya waktu kecil suka menyebtunya dengan “napi beas”, membersihkan beras dari serpihan kulitnya dengan cara meletakkan beras di atas wadah tradisional dari bahan bamboo. Lalu beras diangkat tinggi-tinggi dengan menggerakkan wadahnya sehingga kotorannya beterbangan.

  1. Menangkap ikan

Menagkap ikan dilakukan di kolam yang dangkal sehingga terlihat ikan-ikan kecil yang berlarian kesana kemari. Tugas Ra dan teman-teman adalah menangkapnya. Jangan khawatir tak mendapat ikan, karena nanti semuanya dapat satu ikan yang dibungkus dalam wadah plastik. Waa, senangnya Ra. Katanya, ikannya mau dipelihara, kalua nanti ikannya mati baru deh boleh umi goreng.

taman  wisata matahari bogor

taman  wisata matahari bogor


  1. Menanam padi

Ra dan teman-teman berbaris di sebuah area pematang dan diberi seikat padi yang akan ditanam. Semua anak lalu turun ke sawah yang penuh lumpur untuk beraksi menanam padi seperti petani.

  1. Naik kereta kerbau

Ra dan teman-teman bergiliran naik kereta kecil yang ditarik kerbau. Nah, kalua yang ini Ra tidak takut karena tidak terlalu berdekatan dengan kerbaunya.

taman  wisata matahari bogor

taman  wisata matahari bogor


Setelah mandi, solat, dan makan, acara selanjutnya bebas. Orangtua yang ikut kegiatan ini bisa membawa anaknya ke wahana-wahana yang ada di Taman Wisata Matahari. Banyak banget wahana permainan yang ada, tidak semuanya bisa kita kelilingi. Saya dan Ra hanya sempat menikmati perahu dayung, dan keliling Taman Wisata Matahari menaiki kendaraan yang berbentuk binatang.

Wahana lainnya ada spot petualangan seperti flying fox, arung jeram, dan kegiatan outbound lainnya. Spot permainan air meliputi sepeda Air, Bumper Boat, Perahu Dayung, Paddle Boat, Perahu Naga, dan lain-lain. Ada juga taman burung, kolam renang, mengenal pesawat terbang, Menara Pandang, Rumah hantu, dan sebagainya. Oh ya, sebagian besar wahana di sini harus membayar lagi tiket masuknya, jadi sebelum datang ke sini pastikan dompetnya diisi dengan penuh ya. Apalagi, ada banyak pedagang yang menawarkan oleh-oleh menarik di sini.

taman  wisata matahari bogor
Tiruan pesawat terbang
taman  wisata matahari bogor
area pakan ikan
taman  wisata matahari bogor
Menara Pandang
taman  wisata matahari bogor
Rumah Hantu


taman  wisata matahari bogor
Dinoland

taman  wisata matahari bogor
Perahu dayung naga

taman  wisata matahari bogor
Taman Burung

Tangga di area pakan ikan

Info tentang Taman Wisata Matahari bisa googling di internet. Ada beberapa website yang menyajikan informasi tentang Taman Wisata Matahari, salah satunya http://tamanwisatamataharipuncak.id/

Selamat berakhir pekan!



Comments

  1. Asyik banget kegiatannya, jadi pengen bawa anak-anak asuh saya wisata kesana

    ReplyDelete
  2. taman yang benar2 mengedukasi anak2..
    keren..

    ReplyDelete
  3. banyak juga wahana di sana, ya. Tapi kalau kayak mandiin kerbau, pengunjung pribadi boleh apa enggak, ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu nggak tau deh mak..biasanya yg paket begini rombongan minimal berapa orang gitu.

      Delete
  4. Banyak banget wahana permainannya yaaa, aku jadi pingin berakhir pekan di sana Mbak, apalagi ada dinoland nya, pasti Faiz senang

    ReplyDelete
  5. Banyak yang serba air ya Mbak. Yang paling anak2 seneng ituh heheheh

    ReplyDelete
  6. aku ke taman matahari taun 2011 ga tau klo ada yg edukasinya bwt anak2 kek mandiin kerbau mba xixixi dlu aku mah main bola air sama rafting doank 😂

    ReplyDelete
  7. Wah harus bawa baju banyak itu ya.. basah2an terus.

    ReplyDelete
  8. Aku waktu ke Taman MAtahari tapi nggak sampe eksplore banyak, mba :)

    ReplyDelete
  9. Saya belum kesampaian mulu ke sini teh... Ini konsepnya mirip di Lubana Sengkol, Pamulang ya, dekat dengan alam... BTW, kalo ke Taman Matahari pas dompet tipis gimana tuh teh??? Bisa langsung jebol kali ya tuh dompet... Nice sharing

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Telinga Yang (Seperti) Tersumbat

Asyiknya Belanja Keperluan Si Kecil di blibli.com