Siapkan Dua Hal ini Sebelum Membeli Rumah Bekas

Kini memiliki banyak pilihan rumah yang dapat dijadikan pilihan untuk tempat tinggal. Ada rumah kontrakan, rumah baru, hingga rumah bekas orang yang tinggal sebelumnya. Kita tinggal memilih hunian sesuai dengan kebutuhan dan juga sesuai dengan kondisi ekonomi. Hal ini penting untuk dipertimbangkan, karena pilihan tersebut dapat berpengaruh besar pada keuangan rumah tangga ke depannya.

Bagi banyak pasangan baru, biasanya tidak banyak memiliki pilihan dalam menentukan rumah yang akan ditinggali. Kondisi ekonomi yang masih belum terlalu stabil, masih memprediksi kebutuhan, dan lainnya tentu menjadi perhitungan tersendiri. Sehingga banyak yang harus dipikirkan. Seperti pengalaman saya dahulu saat mulai membina rumah tangga dengan menghuni rumah kontrakan sederhana.

Siapkan Dua Hal ini Sebelum Membeli Rumah Bekas
pixabay.com

Membeli rumah baru yang berharga mahal, tentunya bukanlah pilihan mudah bagi pasangan baru. Contohnya, rumah dijual di Bandung yang kini dimulai dari harga Rp500 jutaan. Hanya saja, membeli rumah tetap harus dilakukan agar masa depan terjamin. Maka pilihannya, adalah membeli rumah bekas yang sudah tersedia dan biasanya memiliki harga lebih miring. Saya pun demikian. Rumah saya yang sekarang dihuni merupakan rumah bekas dengan harga yang relative lebih murah dibanding membeli yang baru.

Namun, tetap saja ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan ketika membeli rumah bekas. Karena rumah sangatlah penting untuk kenyamanan penghuninya. Rumah akan ditinggali untuk waktu lama bersama orang-orang tersayang. Jangan asal bekas dan asal terima dengan kualitas yang seadanya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membeli rumah bekas adalah sebagai berikut.

Siapkan Dua Hal ini Sebelum Membeli Rumah Bekas
pixabay.com

Saluran Air

Saluran air di rumah bekas yang akan dibeli haruslah diperhatikan dengan seksama. Karena hal ini sangat penting, dan memperbaikinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka sebaiknya kita memastikan kualitas saluran air sebelum membeli rumah tersebut. Cek kondisi talang air, saluran pembuangan kamar mandi, dan juga saluran air ke dalam rumah. Cobalah untuk mengecek saluran air secara seksama, paling tidak sebulan sekali. Agar jika ada masalah dapat ditangani secara langsung.

Teknisi Renovasi Andalan

Membeli rumah bekas, biasanya berarti harus merenovasi rumah tersebut. Apakah itu merenovasi dengan mengubah bentuk, atau merenovasi sederhana. Dan hal ini harus diperhitungkan betul. Karena kemungkinan kebutuhan untuk merenovasinya sangat besar, maka sebaiknya kita telah memiliki tukang atau kontraktor andalan untuk melakukan renovasi. Dengan begitu, kita tidak perlu bingung ketika memutuskan akan merenovais rumah bekas yang telah kita beli. Cobalah mencari tukang tersebut ke kolega atau rekan dan kerabat yang pernah merenovasi rumah. Pastikan kita memilih tukang yang baik, dan memiliki hasil kerja yang berkualitas.

Selamat berburu rumah impianmu, sahabat!

Comments

  1. Iya, Mbak bener. Soalnya baru aja ngalamin tahun kemarin, harus bongkar dak gara-gara pemasangan saluran air di lantai dua ternyata sangat-sangat buruk. Alhasil, ngeluarin duit lagi :(

    ReplyDelete
  2. Setuju banget dg saluran air. Ini suangatttt penting, apalagi yg punya baby.

    ReplyDelete
  3. Pengalaman kita beli rumah bekas gak diliat dulu jeng,yg penting bisa tembus rumah orangtua he he he

    ReplyDelete
  4. Info yg bagus. Air emang hal pertama yg hrs di cek ya. Tks sdh berbagi mba

    ReplyDelete
  5. Dulu aku kepengen bgt punya rmh yg belinya second mbk, alasannya krn lingkungan rperumnya udah jd, tp blm jodoh krn yg kutaksir harganya mahal2 hehe
    Tp ema ng bener kdng jatuhnya emang mahal krn renovnya ya mbk TFS

    ReplyDelete
  6. Tipsnya mantap nih teh. Kalo saya pribadi, pasti yang pertama kali dicek adalah air,

    ReplyDelete
  7. Betul banget mbak, saluran air itu harus jadi pertimbangan sebelum membeli rumah second

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Telinga Yang (Seperti) Tersumbat

Agar Ayam Matang Tak Berdarah