Dukung Masa Depan Cerah Anak Indonesia Melalui Kampanye BrightFuture



Setiap anak berhak atas masa depan yang cerah, tidak pandang bulu dari kalangan manapun. Karena kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh anak-anak negeri tersebut. Jika anak-anak terancam masa depannya, bagaimana jadinya bangsa tersebut akan melangsungkan kehidupannya? Dan kewajiban semua orang lah agar anak-anak di lingkungannya memiliki masa depan cerah.

Berkenaan dengan hal ini, pada hari Sabtu tanggal 17 Desember 2016 lalu saya menghadiri #TUMBloggersMeetUp yang diselenggarakan The Urban Mama, bekerjasama dengan Unilever dan Blibli.com. Event ini bertujuan untuk lebih memahami pentingnya membangun dunia yang baik demi masa depan generasi mendatang. Bertempat di D.Lab buiding, acara tersebut dihadiri oleh puluhan TUMbloggers yang menggunakan dresscode dengan nuansa putih dan biru.

 
unilever brighfuture
Mba Ninit Yunita(founder The Urban Mama), mba Lani dari Blibli, mba Adisti dari Unilever, Bu Retno (psikolog) dan MC

Unilever brightFuture merupakan kampanye yang tengah digalakan dimana tahun ini mengusung tema “Selamat Tinggal Dunia Lama”. Bermitra dengan Blibli.com, Unilever mengajak konsumen untuk melakukan hal nyata untuk membangun masa depan yang cerah.

Sancoyo Antarikso, Governance and Corporate Affairs Director & Corporate Secretary, PT Unilever Indonesia Tbk., mengungkapkan bahwa Kampanye brightFuture merupakan salah satu pengejawantahan dari Unilever Sustainable Living Plan (USLP), yang merupakan strategi Unilever dalam menumbuhkan bisnis seraya mengurangi dampak lingkungan yang ditimbulkan dari bisnis serta meningkatkan manfaat sosial positif untuk masyarakat.

Tahun ini brightFuture mengusung tema “Selamat Tinggal Dunia Lama”. Intinya, Unilever ingin mengajak masyakarat untuk meninggalkan cara pandang pesimistis mengenai dunia saat ini yang penuh dengan masalah, dan bersama-sama membangun dunia baru yang lebih baik, khususnya bagi anak-anak . Dunia tempat anak bisa tumbuh di lingkungan yang lestari dan sehat serta menjalani masa kecilnya dengan gembira.

unilever brighfuture


Maria Dewantini Dwianto, Head of Corporate Communications PT Unilever Indonesia Tbk., menjelaskan lebih lanjut bahwa pemilihan produk yang digunakan sehari-hari dan gaya hidup konsumen adalah dua hal yang sangat berpengaruh dalam menentukan seperti apa dunia kita di masa yang akan datang. Unilever percaya kekuatan konsumen dan brand-brandnya akan mampu membuat perubahan positif bagi generasi mendatang.

Berita baiknya, hasil penelitian terbaru Unilever Global menunjukkan bahwa 54% konsumen mau memilih produk yang diproduksi secara bertanggung jawab dan memiliki misi sosial. Selain manfaat, harga, dan kualitas, konsumen menginginkan produk yang membuat mereka merasa ikut terlibat dalam sebuah tujuan yang mulia. Dengan banyaknya jumlah konsumen yang memiliki kesadaran ini, berarti sebetulnya langkah menuju dunia baru yang lebih cerah sudah dimulai saat ini, dan dunia yang lama akan segera berubah.

Untuk mengajak konsumen berpartisipasi secara langsung, Unilever menggandeng Blibli.com untuk mengedukasi konsumen melalui program kesehatan, lingkungan, dan pemberdayaan komunitas di sekitar area bermain publik di 5 Kota (Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Medan, dan Makassar). Program yang dijalankan dengan Blibli.com tidak hanya mengajak peran aktif masyarakat dalam mewujudkan dunia yang lebih sehat dan gembira lewat ranah digital. Namun juga menggandeng komunitas dan pemerintah di sekitar taman bermain umum untuk memanfaatkan dan menjaga fasilitas yang dibangun. Tentunya fasilitas yang sudah ada bisa dimanfaatkan dengan baik bila komunitas setempat ikut merawat

Lani Rahayu, Senior Marketing Communication Manager Blibli.com mengutarakan bahwa Blibli.com menyambut baik program Unilever-brightFuture yang memberikan kehidupan lebih baik bagi generasi masa depan.  Menurut Lani, hal ini sejalan dengan visi dan misi kami untuk memberikan kehidupan lebih baik sesuai gaya hidup konsumen. Kami juga melihat belanja online menjadi solusi bagi masyarakat khususnya yang tinggal di kota-kota besar, terlebih bagi ibu-ibu modern belanja online bisa memudahkan belanja bulanan tanpa ke luar rumah dan tetap kumpul bersama keluarga. 

unilever brighfuture
Konsumen otomatis menyumbang Rp 1000 jika membeli produk Unilever ini di Blibli.com


Selain menggandeng komunitas setempat untuk ikut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan taman, kerjasama Unilever dengan Blibli.com ini juga mengusung program edukasi seputar kesehatan, lingkungan, dan bijak dalam berbelanja online yang ditujukan untuk para ibu, dengan menggerakkan generasi muda seperti mencuci tangan memakai sabun, sikat gigi pagi dan malam, mengetahui pentingnya sarapan bergizi, ditambah dengan cara menjaga toilet agar tetap bersih, bermain di luar ruang, memilah sampah, serta bijak dalam berbelanja online. Belanja online adalah hasil dari perkembangan teknologi, di mana bisa menjadi pisau bermata dua jika kita tidak mengetahui "aturan mainnya". Blibli.com akan berbagi tips untuk para Ibu, bagaimana belanja bijak, cermat, aman dan tetap menyenangkan. Mulai dari data–data pribadi yang boleh dibagi, memilih pembayaran yang aman, memilih produ –produk yang berkualitas dan keuntungan dalam belanja online.

Kampanye brightFuture bersama Blibli.com yang berlangsung mulai 1 Desember 2016 sampai dengan 31 Desember 2016. Selama masa periode kampanye ini, setiap pembelian produk Unilever tertentu yaitu Lifebuoy, Pepsodent, Blue Band, Domestos, Vixal dan Rinso di Blibli.com, konsumen secara otomatis turut mendonasikan Rp. 1.000,- untuk program edukasi kesehatan, lingkungan, dan pemberdayaan komunitas di arena taman bermain.

Dalam acara tersebut hadir juga psikolog Retno Dewanti Purba dari SAUH Psychological Services. Beliau mengatakan bahwa Pemberdayaan komunitas di era sekarang ini sangatlah tepat. Komunitas sebagai saluran yang menterjemahkan gerakan sosial menjadi sebuah aksi dan yang menjadi pengikat suatu komunitas adalah kepentingan bersama dalam memenuhi kebutuhan sosial. Melalui kaborasi dengan banyak pihak yang relevan sangatlah diperlukan agar tujuan dari kampanye brightFuture bisa mengikutsertakan sebanyak mungkin orang. Contohnya saja komunitas mama blogger seperti TUMbloggers, yang bisa menyuarakan berbagai gerakan positif untuk masa depan anak yang cerah. Wah, saya bangga menjadi bagian TUMbloggers yang bisa menyuarakan gerakan positif seperti kampanya BrighFuture.

unilever brighfuture
TUMbloggers ikut serta menyuarakan kampanye BrighFuture

Menurut psikolog Retno, Taman bermain yang telah dilengkapi dengan fasilitas sanitasi yang baik dan sarana edukasi yang menarik akan memungkinkan (enabling) anak untuk beraktivitas dan mengembangkan diri secara optimal. Mempromosikan dan mendorong perilaku bermain yang menyenangkan adalah hal yang esensial untuk hidup yang membahagiakan dan masa depan yang lebih cerah.

Dari program edukasi yang dilaksanakan, diharapkan komunitas dapat memelihara taman bermain yang telah dilengkapi dengan fasilitas sanitasi yang baik dan sarana edukasi yang menarik, memanfaatkan taman bermain untuk beraktivitas sambil mengeksplor sarana edukasi yang ada di taman, dan juga menerapkan perilaku hidup bersih, sehat dan bijak dalam berbelanja online. Unilever berharap kampanye brightFuture ‘Selamat Tinggal Dunia Lama’ dapat menggugah semakin banyak pihak lagi untuk memiliki kesadaran dan kepedulian yang sama serta mulai melakukan tindakan nyata untuk kehidupan yang lebih baik. Kerjasama Unilever dengan Blibli.com diharapkan menginspirasi komunitas yang lebih luas dalam perilaku hidup bersih dan sehat, juga bijak dalam belanja online. Setiap tindakan, sekecil apapun, bila dilakukan bersama-sama secara konsisten, niscaya akan bisa membuat perubahan besar.

Pemenang live tweet dan selfie contest saat acara, berfoto dengan pemateri


Tentang PT Unilever Indonesia Tbk

PT Unilever Indonesia Tbk telah beroperasi sejak tahun 1933 dan telah menjadi perusahaan fast moving consumer goods terdepan di pasar Indonesia. Unilever Indonesia memiliki 39 brand yang terbagi dalam 4 kategori, yaitu Personal Care, Home Care, Food dan Refreshment. Unilever Indonesia telah ‘go public’ pada tahun 1982 dan saham-sahamnya tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia.

Unilever berkomitmen tinggi untuk tetap melaju dan maju bersama Indonesia. Untuk tahun buku 2015, penjualan bersih perusahaan mencapai Rp 36.5 triliun, meningkat 5,7% dari periode yang sama di tahun sebelumnya, sedangkan laba bersih tumbuh 2% (sebelum penyajian kembali) menjadi Rp 5.85 triliun. Unilever memiliki sembilan pabrik yang berada di Cikarang dan Rungkut. Pada tahun 2016, seluruh pabriknya telah mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Secara global, pada tahun 2010 Unilever meluncurkan Unilever Sustainable Living Plan, strategi untuk meningkatkan bisnisnya dua kali lipat seraya mengurangi setengah dampak lingkungan yang ditimbulkan dan meningkatkan dampak sosial bagi masyarakat. USLP memiliki tiga tujuan utama:

1. Meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan 1 milyar orang pada 2020
2. Mengurangi setengah dari dampak lingkungan yang dihasilkan dari operasi bisnisnya pada 2030
3. Meningkatkan penghidupan jutaan orang pada 2020

Jika sahabat Za dan Ra ingin mengetahui lebih jauh mengenai capaian USLP silahkan kunjungi https://www.unilever.co.id/sustainable-living/ dan untuk informasi lainnya tentang Unilever Indonesia dan brand, silahkan kunjungi www.unilever.co.id.

 

Comments

  1. Seru mba acaranya :D

    Semoga selalu konsisten dan berpengaruh besar demi perilaku hidup bersih dan sehat untuk masa depan :D

    ReplyDelete
  2. Semoga ke depan makin banyak hal positif lain yang makin inspiratif :)

    ReplyDelete
  3. Aaah kmrn diundang jg, sayang ngga bisa ikutan :D bagus banget ini programnya, semoga banyak perusahaan lain yg bikin program2 kayak gini :D

    ReplyDelete
  4. wah ... aku jadi pingin ikutan ni acaranya .. kayaknya seru juga

    ReplyDelete
  5. Indahnyaaa berbagi. . Programnyaa bagus mbak ya, semogaa bisa terwujudkan semua tujuannya. Aamiin

    ReplyDelete
  6. tujuan unilever patut didukung. Bagus soalnya. Kita juga pasti maulah semua penduduk indonesia sehat ya, Mba. Apalagi yg berada di daerah pedalaman sana. Untuk mendapatkan air dan sabun kadang suka susah. Nah perusahaan2 besar seperti ini yg bisa mewujudkan kesehatan yg merata dengan berbagai programnya

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Telinga Yang (Seperti) Tersumbat

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Asyiknya Belanja Keperluan Si Kecil di blibli.com