Tips Menjual Ruko Dengan Cepat Dan Aman


Sewaktu kecil, saya suka diajak amih (panggilan saya buat ibu) ke pasar untuk membeli bahan makanan dan barang lain yang akan dijual di warung amih. Sambil memandang ruko-ruko yang megah di pasar, saya suka berfikir, rasanya ingin sekali punya  ruko semegah itu kelak ketika besar.

Setelah dewasa, saya menyadari bahwa membangun bisnis itu ternyata tidak mudah. Ada perjuangan berliku yang harsu dijalani. Di lingkungan saya banyak ruko dijual atau disewakan. Selama berbulan-bulan papan pengumuman penjualan atau penyewaan masih terpasang. Ruko dijual selama beberapa bulan tidak kunjung laku, adakah yang salah?

Penyebab sulitnya menjual ruko salah satunya disebabkan oleh terlalu besar mematok harga. Harga yang terlalu mahal memang bisa memberikan keuntungan berlipat, hanya saja sulit untuk dipasarkan. Sebaliknya, mematok harga terlalu rendah dari pasaran akan memberikan kerugian sendiri. Atau bila untung hanya sedikit saja.


raywhite
raywhite.co.id

Masalah tidak berhenti pada harga saja, namun masih banyak lagi. Contohnya adalah mempromosikan dengan cara yang keliru, dan terlalu sulit untuk masalah pembayaran. Ruko dijual lebih mudah jika kita tahu tips dan triknya. 

Ada beberapa langkah yang bisa mengubah kesulitan menjadi kemudahan dalam urusan penjualannya. Langkah-langkahnya sebagai berikut ini.

1.      Tetapkan harga yang kompetitif

Harga bisa menjadi acuan mengapa calon pembeli memutuskan untuk membelinya. Karena terkadang, pembeli sebenarnya sudah mencari banyak informasi terkait harga jual ruko. Untuk mematok harga yang kompetitif, temukan terlebih dahulu informasi mengenai harga ruko di area tersebut pada agen properti. Pasalnya, harga setiap ruko di daerah tertentu sudah dikuasai oleh agen property, serta sudah diatur dengan harga yang sama sesuai dengan kondisi dan letak bangunan tersebut.

2.      Lengkapi berkas surat tanahnya

Pembeli tidak akan pernah membeli ruko yang tidak dilengkapi dengan surat kepermilikan. Karena ini bisa memicu sengketa yang akhirnya pembeli akan rugi sendiri. Oleh karenanya, calon pembeli akan lebih rela mengeluarkan uang lebih banyak untuk memiliki ruko yang punya berkas hak milik.

tips menjual ruko dengan cepat dan aman
curahanhatibajoel.blogspot.co.id

3.      Permudah urusan pembayaran

Sulitnya proses pembayaran bisa membuyarkan keinginan pembeli untuk melanjutkan transaksi. Ini menjadi boomerang bagi mereka yang berperan selaku penjual. Agar hal ini tidak terjadi, permudah soal teknis pembayaran dengan memanfaatkan jasa notaris. Gunanya jelas untuk membuat sebuah perjanjian mengenai kesepatakan pembayararan, baik waktu dan apa yang terjadi bila ada pelanggaran.

4.      Lakukan promosi

Promosi menjadi bagian krusial untuk menemukan calon pembeli. Kita bisa menggunakan cara konvensional seperti penyebaran pamphlet, atau bisa dengan cara modern via internet. Untuk memudahkannya, kombinasi dua cara promosi tersebut bisa diterapkan secara bersamaan.

Jika sahabat Za dan Ra butuh ruko yang bagus sekaligus berada di lokasi yang strategis, bisa memtimbangkan untuk memilih ruko dijual yang satu ini.


Comments

  1. Menjual properti memang ga mudah ya mbak biar bisa menemukan harga yg cocok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, belum lg faktor lain ya mba seperti lokasi dan lainnya

      Delete
  2. Menjual aktiva tetap, semacam ruko, rumah, tanah dan sawah memang agak sulit teh. Karena hanya orang-orang tertentu saja yang tertarik.

    Berbeda dengan barang elektronik atau kendaraan, biasanya jauh lebih mudah.

    Siip lah, ternyata mau ngejual ruko juga ada tips2nya, di bookmark dulu deh, sekalian saya kasih G+ hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Soalnya menyangkut uang yg ga sedikit juga ya

      Delete
  3. Makasih tipsnya mba, pengen banget punya ruko biar di lantai bawah buat jualan trus atasnya rumah kita hehe tapi belum kesampaian.

    ReplyDelete
  4. betul Mbak, promosi adalah bagian penting, kalau enggak dipromosiin gimana orang tahu kan ya?

    ReplyDelete
  5. beneeer ;)..jadi inget waktu srg nemenin papa cari ruko2 untuk cabang toko bakerynya.. susaaaah nemu yg bener2 pas.kebanyakan yang harganya dipatok terlalu tinggi. tapi kalo syarat dari papa, krn ini utk toko bakery, jd harus berlokasi yg strategis... jadi semua cabang2 tokonya berlokasi deket dengan sekolah,dan pusat bisnis .

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Telinga Yang (Seperti) Tersumbat

Agar Ayam Matang Tak Berdarah