Main-main Bersama Duo-K

Bermain merupakan kebutuhan anak. Menurut Aase Erikse dalam bukunya yang berjudul Playground Design, Outdoor Environments for Learning and Development, mengatakan bahwa fungsi bermain adalah sebagai proses pembelajaran mengenai aturan tertentu, sarana pelepasan emosi dan cara anak memahami dunia dengan melakukan eksplorasi sebanyak-banyaknya. Tujuan bermain bagi anak adalah untuk mengeluarkan energi yang berlebihan, melatih dan menyempurnakan insting, persiapan bagi anak untuk kehidupan masa depannya, untuk memulihkan tenaga, dan penyegaran setelah kegiatan belajar secara formal.

Bermain bisa dilakukan di mana saja dan dengan media apa saja, tidak harus membeli mainan baru. Saya ingat suatu momen. Saya suka kesal kalau beli mainan langsung rusak oleh Za dan Ra. Kan beli mainan itu pakai uang. Rasanya kok seperti buang-buang uang saja. Nah, suatu hari Za dan Ra minta dibelikan balon. Saya buatkan balon dari kantong keresek warna-warni yang diisi udara. Dan ternyata mereka suka-suka aja tuh memainkannya. Jadi, memang tergantung kita orangtuanya juga sih. Kalau tidak mau membelikan anak mainan, harus berusaha kreatif memberikan alternatif lain.
 
blogger mom mira a udjo
sumber: instagram @rachanlie




Buat yang tinggal di perkotaan, memilih tempat bermain menjadi salah satu permasalahan karena lahan yang sempit. Mau main di luar rumah juga sedikit paranoid karena banyak mendengar berita buruk tentang anak, seperti penculikan dan pelecehan. Akhirnya, tempat bermain umum –berbayar atau tidak- menjadi salah satu pilihan untuk anak-anak bermain sembari emnghabiskan waktu bersama keluarga. Berikut ini adalah beberapa tempat bermain dan kegiatan bermain sambil belajar yang bisa dilakukan dan dikunjungi bersama anak yang saya rangkum dari blognya mba Mira A. Udjo. Siapa sih dia? 


Mba Mira adalah seorang blogger mom yang banyak memposting tulisan tentang keluarga di blognya,  www.kakira.my.id . The stories about Udjo, Mio & Duo-K, itulah deskripsi blog yang tertulis di header blog mba Mira. Udjo adalah sebutan Mba Mira di blog buat suami tercinta yang bekerja di bidang IT. Mio adalah sebutan mba Mira untuk dirinya di blog. Dan Duo-K adalah sebutan mba Mira di blog untuk 2 putrinya yang cantik, K1 dan K2. Dalam beberapa postingannya, Mba Mira dan suami kompak  mengajak Duo-K bermain-main sambil menghabiskan waktu bersama sekeluarga.

1. Playground di FX Sudirman

Kalau kebetulan sedang jalan-jalan atau belanja di FX Sudirman dan anak-anak ikut serta, boleh deh berhenti sejenak di Playgroundnya biar anak-anak senang. Menurut mba Mira, playgroundnya tidak terlalu besar namun cukup untuk anak lari-lari dan main sepuasnya. Tapi satu hal yang harus diingat, disana tidak ada penjaganya. Jadi, anak-anak harus tetap diawasi saat main. 

blogger mom mira a udjo
Blogger mom Mira A. Udjo bersama Duo-K di Playground FX Sudirman (sumber: IG @rachanlie)

Area playground dibatas pagar da nada laci di pintu masuk untuk menaruh sepatu. Sama seperti playground lainnya, sebaiknya orangtua dan anak memakai kasu kaki saat berada di area playground. Di sana juga ada beberapa sepeda yang bisa dimainkan. Waa, seneng banget ya Duo-K main disana!

2. Naik Commuter Line

Naik commuter Line bisa jadi pengalaman bermain dan belajar yang menyenangkan loh buat anak. Mba Mira bersama suami mengajak Duo-K naik commuter Line untuk memberikan mereka pengalaman naik kereta. Tidak usah jauh-jauh, yang penting anak happy. Mba Mira juga memilih hari libur untuk mengajak anak naik commuter line, karena pada hari tersebut tidak terlalu ramai dengan pengguna commuter Line. Toss ah Duo-K, Za dan Ra juga senang kalau naik commuter Line.

3. Bermain di Kidzania

Kidzania adalah sebuah theme park atau ‘kotanya’ anak-anak yang mengutamakan unsur pendidikan dan hiburan  untuk anak usia 6-12 tahun dan pertama di Asia Tengggara. Kidzania dirancang menyerupai kota namun dalam skala anak-anak, lengkap dengan jalan raya dan fasilitas kota seperti salon, rumah sakit, kantor polisi, supermarket, dan sebagainya. Di kota ini, anak-anak bisa memainkan peran dan profesi orang dewasa, seperi menjadi dokter, model, polisi, juru masak, dan lain-lain.

Wah, kebetulan sekali, kalau tidak ada halangan, Za dan Ra akan ke Kidzania Sabtu nanti bersama teman-teman les ngajinya. 
blogger mom mira a udjo
Duo-K di Kidzania jadi pemadam kebakaran :) (sumber: IG @rachanlie)

4. Liburan di rumah

Saat liburan dan tidak pergi kemana-mana, ternyata banyak egiatan yang bisa dilakukan di rumah. Beberapa kegiatan ini mba Mira lakukan bersama Duo-K saat liburan di rumah, yaitu nonton bareng, masak bareng, membuat prakarya, berendam, dan main game bersama. Aah, tos lagi deh Duo-K, Za dan Ra juga melakukan semua kegiatan itu kalau liburan di rumah, Seru, dan lebih hemat walau setelah itu rumah jadi berantakan banget. 

5. Berenang

Dalam salah satu postingannya, Blogger jakarta ini menghabiskan waktu bersama keluarga dengan berenang di sebuah hotel. Kebetulan, ada salah seorang anggota keluarga yang sedang liburan. Jadi, mba Mira dan Duo-K bisa ikut serta memanfaatkan fasilitas berenang di hotel itu. kalau sudah berenang, anak-anak biasanya susah diajak berhenti. Tapi yang pasti menrutu mba Mira, melihat wajah ceria anak-anak yang bermain membuat hati jadi bahagia.

Itulah 5 kegiatan main-main Duo-K dari banyaknya kegiatan mereka yang saya rangkum dari blognya mba Mira. Oh ya, selain menulis pengalaman bersama keluarga, mba Mira juga menulis tentang berbagai event yang dihadirinya di blog. Mba Mira juga aktif di komunitas Indonesian Hijab Blogger (IHB) di bagian Social media. Baru-baru ini, mba Mira membuat blog baru yang khusus bercerita tentang segala hal yang menarik minat mba Mira secara personal. Alamat blog baru lifestyle blogger ini ada di www.rachanlie.com

Jika sahabat Za dan Ra ingin lebih kenal dengan mba Mira, bisa mengunjungi 2 blognya tersebut dan follow media sosialnya mba Mira berikut ini.

Instagram& twitter: @rachanlie


Comments

  1. Kalau aku suka ngajak ke pantai, anakku bebas main pasir sementara emaknya sibuk foto2 wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mba saya jg suka, tp gabisa setiap saat ya soalnya jauh dr pantai rumahnya

      Delete
  2. anak-anak paling senang diajak berenang dan ke kidzania ya...

    ReplyDelete
  3. Berarti Mbak Mira itu telaten banget ya ama anaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, mba Mira tiap hari urus sendiri anak2nya karena ga ada ART :)

      Delete
  4. Mba Mira ini keren deh, tetep aktif nemenin anak-anak bermain. Semoga tetap sehat dan selalu memberikan inspirasi :)

    ReplyDelete
  5. Renang... rekreasi air yang paling saya gemari dengan keluarga. Bisa main air tapi sambil olahraga. Juga bisa melihat interaksi si kakak dengan kawan lainnya (yang notabennya baru kenalan).

    Btw pernah nih ada cerita, pas berenang dia kenalan sama temennya. Kemudian si temen ini minjem kacamata renangnya dia, dengan santainya dia balik ke tempat kami duduk nunggu dan cerita dia pinjemin kaca mata ketemen barunya itu.

    Alhasil, pas saya suruh untuk balik lagi cari temennya, ternyata temennya itu udah gak tau kemana. Tampak sih dia shock banget, tapi dari situ saya bisa menjelaskan terkait kejujuran dan etika mempercayai orang.

    Ah, dari aktivitas berenang juga ada pelajaran yang bisa dipetik ternyata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh sayang ya, tapi semoga ada ganti yg lebih baik

      Delete
  6. Iya tuh mbak, anak2 cepet bosen kalau mainan. Kalau beli mainan paling sehari saja dimainin

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, suka sayaaang banget, sedih kalo mainan baru dibeli langsung rusak

      Delete
  7. memang sekarang abnayk tempat bermain anak-anak ya mak, tapi kalau aku sih sangat bereksan saat aku masih kecil, main di sawah, naik kerbau, nyari belut belum hujan2an , yang ginian anakku gak pernah karena gaka da

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mak Tira, anak saya juga paling kalo ada field trip dari sekolah baru merasakan mandiin kerbbau dan main lumpur :(

      Delete
  8. Di kota seperti Jakarta, memang sudah agak sulit menemukan tempat bermain atau playground yang terbuka, kalaupun ada, pasti harganya mahal, karena target mereka adalah orang-orang berduit. Hal ini berbanding terbalik ketika saya pindah ke pinggiran kota Jakarta, yakni Depok. Di sini saya masih dapat menemukan tempat bermain yang banyak dan beragam dengan harga yang terjangkau...

    Nice sharing

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya memang kalau di pinggiran kota masih banyak ya lahan utk bermain anak, di komplek saya juga ada lapangan dan playground sih. tapi playground nya di pojok jadi suka agak takut ada binatang berbahaya

      Delete
  9. Asiknya kalau sudah berkeluarga itu gini iniih...

    Hal yg paling dinanti setelah seminggu full berkutat dengan daily activities...weekend waktunya bersenang-senang.


    Yeeaay...

    Suka banget sama reviewnya mba Kania, eh...mba Mira yg nulis dan dirangkum cantik sama mba Kania.

    ^^

    ReplyDelete
  10. Aku suka banget ngeliatin anakanya mba Mira yang mirip ayahnya. Cantique!!
    Aku belum punya anak, tapi bisa jadi referensi aku nantinya. Keren!

    ReplyDelete
  11. Bener, Mbak. Kalo nggak mau beliin mainan ya harus kreatif bikinin mainan sendiri ya. hehe. Salut juga sama Mbak Mira yang sering ngabisin waktu berkualitas bareng duo putrinya yang lucu-lucu. ^^

    ReplyDelete
  12. Happy mom..happy kids yaa...😊 senang bisa menemukan altermatif kegiatan untuk anak di blognya rachanlie 😊

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Telinga Yang (Seperti) Tersumbat

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Asyiknya Belanja Keperluan Si Kecil di blibli.com