Travelling Hemat Bersama Keluarga

Travelling bersama keluarga adalah hal yang selalu saya nantikan. Setiap hari bergelut dengan rutinitas yang sama membuat saya seringkali merasa jenuh. Oleh karena itu, saat ada kesempatan travelling bersama keluarga, dalam hati saya selalu bersorak gembiira. Setidaknya, untuk beberapa hari, saya akan terbebas dari rutinitas lalu menikmati suasana yang baru, dan kembali ke rumah dengan hati yang lebih senang untuk mengurus keluarga.

Mm, tapi kan travelling sebenarnya butuh dana yang lumayan juga ya. Jadi, gak usah travelling aja gitu? Menurut saya sih tetap sesekali kita butuh travelling. Bahkan di dalam Alquran pun dianjurkan bagi manusia berjalan di muka bumi . Tujuannya apa? Agar manusia bisa mengambil hikmah apapun dari perjalanannya sehingga ia menjadi manusia yang lebih baik kelak. Wallahua’alam, sahabat bisa mencari keterangan yang lebih baik mengenai hal ini dari ulama yang dipercaya.


travelling hemat bersama keluarga

Kita sebenarnya bisa mengakali kok agar travelling yang kita lakukan bisa sehemat mungkin. Saya mencoba membuat list cara travelling hemat bersama keluarga dari berbagai sumber dan dari pengalaman yang pernah saya jalani. Simak yuk!

1. Travelling tak perlu jauh

Ya, travelling tak perlu jauh-jauh ke luar kota agar tak banyak dana yang dikeluarkan. Saya paling suka jalan-jalan ke tempat yang berbau alam. Mungkin, sahabat bisa memanfaatkan taman-taman kota sebagai tujuan travelling, Bawalah alas duduk dan bekal lalu pergilah ke taman terdekat. Nikmati waktu yang berkualitas dengan keluarga tanpa keluar banyak uang.

Di dekat rumah saya ini di Bintaro, ada dua taman kota yang bisa dikunjungi yaitu Taman Bxchange Mall Bintaro dan Taman Menteng. Dari rumah saya, hanya perlu naik angkutan umum 2 kali atau kira-kira setengah jam perjalanan. Namun baru Taman Bxchange mall saja yang pernah saya kunjungi bersama Za dan Ra. Next, kita ke Taman Menteng ya Za, Ra..

taman bxchange mall bintaro
di Taman Bxchange Mall Bintaro
 
2. Memilih transportasi hemat

Kalau yang senang backpackeran, biasanya tidak masalah ya memilih transportasi yang murah meriah walau kondisinya kurang nyaman. Tapi karena saya travelling bersama anak, saya usahakan sebisa mungkin memilih transportasi yang lumayan nyaman namun tetap terjangkau. 

Dulu, sebelum ada kendaraan, saya memilih menggunakan kendaraan dari biro travel atau naik kereta. yang dari segi waktu dan tenaga sangat menghemat dibanding bis. Namun setelah ada kendaraan sendiri, tentu saja lebih hemat dan nyaman dengan menggunakan kendaraan sendiri. 

3. Membawa bekal sendiri

Duuuh repot banget ya bawa bekal sendiri, padahal beli aja di jalan. Mm, iya sih, kalau sendiri gak bawa bekal banyak juga mungkin bosa aja tahan lapar. Tapi, kalau bawa anak bekalnya harus cukup karena anak-anak selalu beraktfitas sehingga mudah lapar. Saya sering sekali membawa bekal sendiri ke hotel tempat menginap, bekalnya dibeli dari minimarket karena lebih murah dibanding jajan di hotel. Gak apa-apa malu sebentar bawa kresek minimarket daripada kantong jebol.

“Lain kali kalau kita jalan-jalan bawa rice cooker kecil kali ya.”

Travelling Hemat Bersama Keluarga

Begitu kata saya sama suami saat kita travelling ke Bali tahun lalu. Saya pernah dengar tips ini dari seorang selebriti loh. Selebriti aja travelling bawa rice cooker, padahal dia mungkin lebih banyak uangnya dari saya. Dia saja berhemat, masa saya yang orang biasa tak mau berhemat.

Kalau kita menginap di hotel, biasanya kan hanya dapat jatah makan saat sarapan. Siang hari mungkin kita bisa jajan di luar karena kebetulan juga lagi ada di luar. Nah, saat malam hari, mungkin kita bisa makan dengan malam dengan bekal yang kita bawa dari rumah biar menghemat. Bekal standar yang biasa dibawa orang Indonesia sih biasanya seputar beras, abon, dendeng kering, kentang kering, ikan teri, dan sebagainya.

4. Memilih akomodasi hemat

Seperti apa sih akomodais hemat? Nginep di rumah saudara atau teman, gitu? Mm, bisa saja sih kalau tak merepotkan. Tapi mungkin saya lebih memilih menginap di ZEN rooms agar menghemat akomodasi.

ZEN Rooms adalah jaringan hotel berkualitas yang berpartner dengan hotel hotel budget terbaik di seluruh Indonesia, Singapore, Thailand, Filipina, Sri Lanka, hingga Brazil. Didukung dengan tim terbaik dan teknologi terbaru, ZEN Rooms menawarkan pengalaman traveling yang lebih efisien dan menyenangkan.

zen rooms hotel

ZEN Rooms memudahkan saya mendapatkan kamar yang paling sesuai dengan kebutuhan dari segi lokasi maupun harga. Ada 5 kualitas utama yang ditawarkan Zenrooms yaitu: kamar bersih, tempat tidur yang nyaman, kamar mandi dalam, AC, dan WiFi kencang. Ini adalah kualitas dasar yang dibutuhkan traveler.

Zenrooms membuat booking hotel semudah memesan taksi. Kamar mana pun yang kita pilih, telah lulus audit Zenrooms. Rata-rata kamar ZEN Rooms lebih hemat 20% hingga 40% dari rata-rata standar harga penginapan lainnya. Harga yang tertera di website Zenrooms adalah harga final.

Happy travelling ya sahabat Za dan Ra. Semoga perjalanan yang sahabat lakukan bersama keluarga bisa membuat sekeluarga jadi makin kompak dan bahagia.

Comments

  1. tipsnya sama dengan keluarga kami ini, bawa bekal sendiri, pokoke jalan2 kalo bisa ya hepy ya gak bikin kantong melompong mba

    ReplyDelete
  2. Hahahaha aku suka bawa rendang atau dendeng kalau jalan kemana2. Tapi blm sempet bawa reskuker XD

    ReplyDelete
  3. Salah satu cara untuk menghemat bisa dengan memilih akomodasi penginapanjenis lain, sebagai contoh dengan cara kemping atau berkemah. Belum lama saya berkemah dengan keluarga di daerah Bandung selatan, mungkin bisa jadi referensi: http://garisbatas.com/berkemah-di-ranca-upas-ciwidey/

    ReplyDelete
  4. Paling enak memang traveling bareng keluarga. Bener juga sih, nggak perlu jauh-jauh amat ya teh, di sekitar rumah juga banyak tempat wisata yang asyik dikunjungi, tinggal bawa bekel deh...

    ReplyDelete
  5. Setujuu mba, traveling gak perlu jauh2 yaa. Yang penting happy.. :D

    ReplyDelete
  6. Bxchange seru juga buat rekreasi keluarga. Tempatnya luaaas.

    ReplyDelete
  7. Kalau sama keluarga saya pasti bawa snack yang banyak. kalau lapar di jalan tinggal ngemil saja.

    ReplyDelete
  8. Aku belum pernah bawa rice cooker, soalnya bawaan 1 ransel doang dan harus muat kebutuhan kadang utk seminggu. Hoho. Btw, zenrooms mmg akomodasi hemaat. Udh dpt sarapan pulak

    ReplyDelete
  9. setuju bingitz mb, gak perlu jauh jauh...jossss

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Telinga Yang (Seperti) Tersumbat

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Asyiknya Belanja Keperluan Si Kecil di blibli.com