Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit


 “Aw..aw..”

Sudah dua hari ini Za berteriak-teriak terus kalau mulutnya tersentuh makanan. Za lagi sariawan cukup besar di bibir depannya. Tapi dia mau makan sedikit agar ada asupan nutrisi ke badannya. Saya juga meminta Za untuk tetap menggosok gigi di bagian yang tidak sakit agar bau mulut karena sariawan berkurang.

Banyak orang beranggapan kalau sariawan itu berarti kekurangan vitamin C. Saya pun awalnya beranggapan demikian. Namun menurut Ahli kesehatan mulut dari Lembaga Kedokteran Gigi (Ladokgi) TNI AL Jakarta Drg. Dyah Juniar Sp.PM, kekurangan vitamin C akan menyebabkan radang gusi atau gingivitis, bukannya sariawan. Menurut beliau, penyebab sariawan sangat beragam. Mulai dari tergigit ketika makan, luka ketika menyikat gigi, alergi terhadap suatu makanan (misalnya rujak, nanas, atau cabai), adanya infeksi oleh bakteri, tidak seimbangnya hormon, dan sebagainya. Kalau penyebab utamanya diketahui dan diobati, sariawan tidak akan muncul lagi.

manfaat vitamin C
dokumen pribadi
 
Tapi, saya tidak hendak berbicara tentang sariawan sih, tapi tentang vitamin C. Ternyata vitamin C ini sangat banyak manfaatnya untuk kesehatan semua anggota keluarga, tidak hanya kesehatan tubuh namun kesehatan kulit juga, diantaranya adalah:
  1. Vitamin C bisa mempercepat penyembuhan luka. Tubuh menggunakan vitamin C untuk mengganti jaringan kulit yang rusak dengan jaringan parut, yang membantu menyembuhkan luka dengan benar.
  2. Vitamin C meningkatkan fungsi organ tubuh kita dan baik untuk membunuh virus. Misalnya jika terkena flu dan minum Vitamin C, maka Vitamin C tersebut untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita, Vitamin C akan berjuang melawan virus.
  3. Vitamin C mencegah kerusakan sel yang disebabkan radikal bebas, sehingga merupakan anti oksidan yang bagus untuk tubuh.
  4. Vitamin C juga merupakan bahan baku utama produksi kolagen di dalam tubuh. Jadi ketika kita mulai bertambah usia maka kulit akan kekurangan elastisitasnya sehingga terlihat kendur. Tubuh harus diberi Vitamin C untuk meningkatkan elastisita kulit. Tubuh kita itu terdiri dari jaringan seperti jala, dan ketika kita bertambah usia maka akan tertarik dan bolong, ketika bolong maka tidak akan bisa tersambung kembali. Dengan mengonsumsi Vitamin C, tubuh bisa memproduksi kolagen sehingga bisa menyambung kembali jaringannya dan membuat elastisitas menjadi meningkat.
  5. Vitamin C meningkatkan sistem imun dan meningkatkan elastisitas tubuh. Segala sesuatu yang bergerak di dalam tubuh kita memerlukan kolagen untuk elastisitas. Dengan begitu, detakan jantung akan lebih kuat, ototnya pun akan lebih kuat, pompa dan gerakan jantung juga lebih kuat. Kalau sebaliknya maka pompa jantung akan lemah, kulit juga akan terlihat kendur. Kulit yang kendur di luar tubuh tidak berbahaya, yang berbahaya adalah kendur di dalam yang tidak terlihat. Oleh karena itu, anti-aging tidak hanya terjadi diluar saja, kita pastinya menginginkan di luar dan di dalam tubuh kita juga terjadi anti-aging. 
6.  Dengan Vitamin C membuat pembuluh darah tidak mengeras. Dengan tidak mengeras tersebut maka pembuluh darah tidak pecah dan luka, tidak berkerak sehingga tidak terjadi penyumbatan atau penyempitan. Suplai oksigen dan nutrisi ke tubuh puntidak terhambat.

Dan masih banyak lagi manfaat vitamin C lainnya. 

Anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhkan perlu dicukupi vitamin C-nya agar daya tahan tubuhnya tangguh terhadap virus. Apalagi cuaca sedang musim hujan begini, anak-anak akan rentan terhadap virus. 

manfaat vitamin C
dokumen pribadi

Syukurlah Za tidak kesulitan mengonsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur apapun hampir semuanya dia suka. Kalau Ra, masih pilih-pilih buah dan sayur tertentu. Oleh karena itu, asupan vitamin C Ra saya bantu juga dari berbagai suplemen dan makanan tambahan, misalnnya  Xio2 Fruit Jelly.

Xio2 Fruit Jelly adalah makanan kesehatan fungsional yang mengandung bahan-bahan alami yang terbuat dari ekstrak chicory. Xio2 Fruit Jelly juga mengandung bahan bermanfaat lain seperti Prebiotik FOS (Fructo Oligo Sacharrides), inulin, dan vitamin C. Dalam 1 pak Xio2 kemasan 200 gram setara dengan 28 gram serat atau 840 gram brokoli. Jadi, kalau Ra lagi susah makan buah, saya bisa memberinya makanan ini dengan cara dibuat agar-agar. 

manfaat vitamin C
dokumen pribadi
 
Xio2 Fruit Jelly bisa didapatkan di Stanford Medical Center (STANMED Center). Untuk orang dewasa, ada juga vitamin C Gutacci Vit-A-Pack yang menggunakan vitamin C dari jenis Sodium Ascorbate yang aman untuk lambung. Guttaci Vit-A-Pack memberikan kemudahan untuk mendapatkan asupan Vitamin C 1000mg dengan cepat, praktis dan mudah. Cukup dengan mencampur 1 Sachet Guttaci ke dalam botol air minum, maka kita sudah memiliki Infused Water yang dapat dikonsumsi setiap hari.

Jika ingin mendapatkan manfaat vitamin C yang lebih cepat, mungkin sahabat bisa mencoba infus atau suntik vitamin C. Menurut keterangan di website STANMED Center, infus Vitamin C memiliki efek lebih cepat dibanding dengan cara oral karena karena Vitamin C masuk ke pembuluh darah, langsung terdistribusi ke organ tubuh sehingga proses regenerasi sel-sel baru lebih cepat. Fungsinya dapat mempercepat penyembuhan eksim, jerawat, flek-flek hitam, kulit keriput, baik untuk pasien yang baru sembuh dari penyakit, orang yang aktivitasnya tinggi, dan mempunyai gaya hidup buruk, serta baik bagi yang ingin kulitnya cerah dan bersih.

manfaat vitamin C
stanfordcenter.com

Dulu saya sering melihat tayangan infotainment yang memperlihatkan para public figure yang melakukan suntik vitamin C agar tubuhnya kembali bugar. Mereka ingin mendapatkan manfaat vitamin C lebih cepat karena kesibukan mereka tidak memungkinkan untuk bolak-balik ke rumah sakit ketika sakit. Oleh karena itu, infus vitamin C juga terkesan mahal karena banyak digunakan oleh para public figure.

Kabar baiknya, infus vitamin C di STANMED Center bisa menggunakan BPJS loh, sehingga pengguna BPJS berhak mendapat diskon sampai 70%! Tidak perlu repot-repot mengurus berkas foto copy ini itu, cukup datang dan tunjukkan kartu BPJS, terapi kesehatan seharga jutaan rupiah cukup dibayar hanya beberapa ratus rupiah saja.



jika ada anggapan BPJS kesehatan untuk orang kurang mampu saja, atau infus vitamin C hanya untuk orang mampu saja, sekarang saatnya pengguna BPJS yang selama ini tidak menjangkau biaya infus vitamin C dapat menjalani terapi dengan harga yang sangat murah. Termasuk orang mampu, tak dibedakan asalkan mempunyai kartu BPJS bisa menghemat pengeluaran.

Untuk informasi lebih lengkap tentang infus vitamin C menggunakan BPJS, silahkan hubungi langsung STANMED Center di alamat berikut.

Jln. Hang Lekir Raya No. 9
Kebayoran Baru Jakarta 12120
Telp. (021) 7228899, (021) 72800323
Email: info@stanfordcenter.com
Facebook: StanfordMedicalCenter
Twitter: @STANMEDcenter
 
Sumber referensi: stanfordcenter.com, health.kompas.com, rumahgreenworld.com


 

Comments

  1. jauh di jakrta kalau di medan mungkin saya udah datang.

    dulu kepikiran buat suntik vitamin, tapi ragu dan ternyata bener ya agak mahal harga nya

    ReplyDelete
  2. Cukup adil juga, orang kurang mampu pun bisa memanfaatkan kartu bpjs untuk mengikuti program ini.

    Yang cukup sulit biasanya anak-anak untuk mengonsumsi buah dan sayuran, tapi Alhamdulillah, anak saya doyan buah dan sayuran teh... Alhamdulillah yah sesuatu

    ReplyDelete

Post a Comment

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Popular posts from this blog

Alhamdulillah, Saya Sudah 2 Kali Operasi Caesar

Wirda Mansur, Anak Muda Inspiratif dan Nyentrik

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Telinga Yang (Seperti) Tersumbat

Agar Ayam Matang Tak Berdarah