Saturday, September 17, 2016

Ingin Traveling sendirian? Baca Dulu Tips Ini!

Traveling memang menyenangkan apalagi jika datang dan mengexplore tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi. Untuk sahabat Za dan Ra yang hobi traveling, pasti pernah punya keinginan untuk mencoba solo traveling atau traveling sendirian. Kelihatannya memang seru karena akan lebih menantang dan kita bisa lebih banyak kenal orang-orang baru, tapi kita harus tetap berhati-hati karena banyak orang jahat yang akan memanfaatkan kesendirian kita. Sebelum merencanakan solo traveling, simak dulu yuk beberapa tips berikut.


monopod untuk travelling
pixabay.com
Rencanakan Secara Detail

Saat solo traveling kamu hanya tidak bisa mengandalkan orang lain, hanya diri kita sendiri lah yang bisa diandalkan. Oleh sebab itu, perencanaan yang matang sangat diperlukan. Kita harus menuliskan secara detail kapan akan berangkat, dimana akan menginap, daerah mana saja yang akan dikunjungi, berapa hari kitaakan pergi dan kapan kita akan pulang. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir kejadian-kejadian yang tidak diharapkan. Selain itu kita juga harus mempersiapkan rencana cadangan agar solo traveling lebih aman dan menyenangkan.

Cari Tau Secara Lengkap Destinasi Travelingmu

Mendatangi tempat baru tentu kita belum familiar dengan lingkungan sekitar. Mencari tahu informasi secara lengkap mengenai destinasi yang akan dikunjungi hukumnya wajib dilakukan. Kita bisa mulai mencari tau informasi mengenai wilayah tempat kita menginap, tempat-tempat wisata apa saja yang ada, bagaimana akses ke tempat tersebut, dan lain-lain. Ini dimaksudkan agar kita tidak kebingungan saat sampai di destinasi traveling pilihan.

Jangan Bawa Banyak Barang

Usahakan kita tidak membawa banyak barang karena tentu akan merepotkan diri kita sendiri. Pilihlah barang-barang yang penting saja dan bawa baju secukupnya. Masukkan baju-baju maupun peralatan lainnya ke dalam satu tas besar dan barang-barang penting seperti handphone atau dompet di tas kecil terpisah agar kita bisa dengan mudah membawanya maupun mengambilnya ketika diperlukan.

mataharimall.com

Jangan Lupa Perlengkapan Dokumentasi

Selain pengalaman, dokumentasi saat traveling juga tidak kalah penting. Dengan adanya dokumentasi berupa foto maupun video kita bisa mempunyai sesuatu yang dapat diingat. Kita bisa mengabadikan pemandangan maupun tempat wisata yang dikunjungi atau sekali-sekali narsis memfoto diri sendiri tidak apa-apa loh. Jangan salah, kini saat solo traveling kita pun juga bisa narsis dengan bantuan monopod. Kita hanya tinggal memasangkan kamera atau handphone ke monopod dan jepret. Hasil foto diri kita dengan latar belakang pemandangan yang indah pun pasti akan membuat iri teman. Jika kita belum mempunyai monopod, MatahariMall memberikan harga monopod terbaik dengan kualitas terbagus.

Tetap Waspada

Meskipun banyak orang baik yang membantu selama perjalanan solo traveling, tapi kita harus tetap berhati-hati ya dan selalu waspada dengan keadaan sekitar. Jaga diri kita dengan menghindari pergi saat malam hari dan usahakan pilih penginapan yang terpercaya dengan rating tinggi.

Itulah tadi tips cerdas untuk sahabat Za dan Ra yang ingin mencoba solo traveling. Selamat berlibur!

9 comments :

  1. Wah terima kasih infonya mba kania ningsih. Saya dinda lindia cahyani

    ReplyDelete
  2. plus bikin kopi dokumen dan simpen secara digital di cloud system. Kalo kejadian kecopetan ataupun lainnya masih punya back-up digitalnya dokumen .... Tapi justru get lost sendirian juga enak sih Mak, bisa dapet lebih

    ReplyDelete
  3. Saya solo travelling waktu ke Aceh, tapi ttp ketemuan sama temen2 yg dikenal dan numpang nginap dirumah mereka hehe

    ReplyDelete
  4. Bawa sedikit barang dan dokumenatasi perlu bangetttt kalo sendirian...Mungkin kalo pergi ke Thailand perlu bawa kamus kecil conversationnya mak :)

    ReplyDelete
  5. asyik kayaknya kalo travelling sendirian ya
    tapi ini saya karena dah punya suami dan anak gx mungkin senirian hehe
    pasti ama keluarga

    ReplyDelete
  6. traveling sendiri sama dengan me time ...tpi kalau sy traveling sendiri maunya ke tempat dekat aja...ke bandung misalnya heuheu

    ReplyDelete
  7. Sepertinya asik ya kalo solo traveling

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...