Wednesday, September 7, 2016

Mengais Rejeki Bersama qwords.com


Sebenarnya saya sudah menulis di blog sejak tahun 2000 awal. Waktu itu, saya ngeblog di Friendster dan multiply untuk menyalurkan hobi saja. Setelah punya anak, saya sempat berhenti menulis di blog. Lagipula, 2 blog saya tersebut sudah tidak ada karena Friendster dan multiply sudah gulung tikar. Lalu saya mulai lagi menulis di blog sekitar tahun 2009 dan banyak bercerita tentang tumbuh kembang anak karena sedang asyik-asyiknya mengikuti perkembangan anak pertama.

Yang belum mengerti dunia ngeblog, mungkin akan bertanya ngapain sih nulis di blog dan curhat gak penting? Ya, memang tak semuanya mengerti karena passion tiap orang berbeda. Sebagian mungkin mengira ngeblog itu pekerjaan yang sia-sia. Tapi coba deh, kalau kita nyari suatu informasi biasanya darimana? Yang sudah mengenal dunia gadget, pasti salah satunya dari internet. Bahkan curhat seseorang pun bisa diambil pelajarannya oleh pembaca blog. Apalagi kalau kita masuk komunitas, kita akan tahu bahwa dunia blogging itu banyak sekali ‘warna’nya.

rejeki dari ngeblog

Tahun 2013 saya mengikuti komunitas blogger untuk pertamakalinya. Banyak teman, banyak ilmu, banyak informasi yang didapat. Lewat komunitaslah saya tahu bahwa blog bisa kita jadikan sebagai sarana untuk mengais rejeki. Bagaimana caranya, antara lain dengan cara sebagai berikut:

  1. Memenangkan perlombaan menulis. Lomba menulis biasanya diadakan oleh brand, blogger, komunitas, dan sebagainya. Hadiahnya ada yang berupa barang, voucher belanja bahkan uang tunai. Tapi namanya juga perlombaan, bisa menang bisa kalah. Kalau kalah, kita berbesar hati dan jangan menyerah. Kalau menang, Alhamdulillah itu adalah rejeki kita.
  2. Memasang Google Adsense. Google Adsense adalah sebuah program periklanan online yang dimiliki oleh Google. Caranya yaitu dengan memasang iklan Google Adsense pada blog, jika ada pengunjung blog yang klik iklan maka kita akan mendapatkan komisi dari Google.
  3. Mendapatkan job review atau content placement. Job review berupa pekerjaan menulis di blog tentang ulasan produk/jasa/event, sedangkan content placement adalah mempublish tulisan dari pemberi job di blog kita.
Untuk pon 3, biasanya pemberi job menginginkan blog yang sudah memiliki domain pribadi seperti dotcom, dotnet, web id, dan sebagainya. Awalnya saya tidak sedikitpun tertarik untuk memiliki domain pribadi. Maklum, emak irit dan penuh perhitungan. Seratus ribu bagi saya banyak artinya, bisa buat belanja lauk pauk dan buah untuk 2 hari hehe.

Tapi lama-lama saya berfikir. Ini adalah peluang bagi saya untuk mendapatkan rejeki lewat kegiatan yang juga mendukung hobi dan tanpa meninggalkan rumah. Gak bisa dipungkiri, biaya pendidikan anak butuh biaya yang tak sedikit. Harga sembako pun merangkak naik. Tak ada salahnya jika mengambil kesempatan untuk meringankan ekonomi keluarga.

keuntungan memiliki domain pribadi

Menurut sumber yang saya baca, memiliki domain pribadi ada keuntungannya, antara lain sebagai berikut:
  1. Selain kesempatan monetize blog lebih besar, blog juga terlihat lebih professional.
  2. Sebagai alat Branding. Masalah dengan subdomain adalah sulit membuat dan menjaga merek sendiri karena adanya identitas blogspot atau wordpress di dalamnya misalnya. Menggunakan nama domain sendiri akan membuat blog kita berbeda sehingga lebih mudah untuk membangun merek untuk blog kita.
  3. Sebagai investasi. Sebagian orang menggunakan domain sebagai investasi dan melakukan jual beli domain. Cukup kita jaga dan kelola dengan baik dan kenaikan harga nama domain yang baik akan meningkat. Tapi saya kayaknya gak akan jual domain deh, karena domain yang sudah dibangun bertahun-tahun bisa saja diwariskan sama anak-anak saya, Za dan Ra.
Maka saya pun mulai mencari-cari penyedia jasa domain pribadi yang recommended. Saya bertanya sama beberapa teman blogger dan membaca-baca postingan beberapa teman blogger yang punya pengalaman membuat domain pribadi.

Akhirnya pilihan saya jatuh ke qwords.com karena saat itu sedang ada diskon, teteeeep emak irit carinya diskonan. Itu namanya strategi keuangan rumah tangga, hehe. Saya membeli 2 domain pribadi di sana untuk www.petualanganzara.com dan www.rumahmayakania.com tahun lalu seharga 179,300 rupiah.

keuntungan memiliki domain pribadi
salah satu brand yang pernah bekerjasama dengan blog www.petualanganzara.com

Proses pembelian domain dari qwords.com pernah saya ceritakan di postingan saya berjudul Rumah Baru Dari qwords.com. Prosesnya cukup cepat. Pagi hari saya memesan domain dan transfer, siang harinya domain saya sudah aktif. Saya sempat bingung karena ada kode yang harus diutak-atik, tapi customer service dari Qwords selalu siap membantu dan menjawab semua pertanyaan kita lewat fasilitas chatting di website qwords.com. Oh ya, jangan lupa siapkan nama domain terlebih dulu ya secara matang sebelum memesan domain.

Sejak saat itu, Alhamdulillah beberapa brand sudah pernah bekerjasama di 2 blog tersebut. Postingan tentang brand yang bekerjasama dengan blog saya bisa dibaca di label sponsored post. Memang tidak bisa dibilang besar, juga pendapatannya tidak tentu. Tapi saya sungguh bersyukur. Melihat binar bahagia di mata Za dan Ra saat menerima paket hadiah lomba atau produk yang akan direview, saya sudah senang.  Apapun rejeki yang datang berusaha saya terima. Bukankah kalau kita bersyukur, Allah SWT akan menambah nikmat kita?

Bulan September ini, sudah setahun saya menggunakan domain pribadi dari qwords.com dan belum ada niat untuk pindah. Malah bulan lalu saya sudah memperpanjang domain. Semoga di ulang tahun Qwords yang ke-11 tahun ini, Qwords semakin besar dan semakin baik lagi pelayanannya. Ammiiin.

Buat sahabat Za dan Ra yang ingin mengenal Qwords, bisa berkunjung langsung ke website Qwords atau melalui link refererral saya di https://portal.qwords.com/aff.php?aff=942

Happy blogging!

36 comments :

  1. Alhamdulillah ya setelah ada domain makin lancar rejekinya mba :)

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. ngga apa mba, rejeki dr mana aja datangnya

      Delete
  3. selamat ulangtahun, qwords. Semoga makin banyak blogger yang order, hehehe

    ReplyDelete
  4. aku juga dulu ga buat domain mikir juga hihihi kalo beli domain ngasilin kenapa ga? akhirnya saya beli dan alhamdlillah udah balik modal juga. Lumayan.
    Ngeblognya udah lama banget ya mba Nia.
    Semangat!

    ReplyDelete
  5. Kalau gak di Qwords, gak bisa ikut lomba ini yaa, mba Kania...?
    *hehhe...kemarin dapat seminar gratis tentang domain. Qwords ini emang baiiik banget.
    Banyak diskonan dan tempatnya di kota besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, lombanya khusus pelanggan qwords klo gasalah

      Delete
  6. aku juga pernah beli di Qwords banyak promo menarik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. promo memang selalu bikin hati luluh :D

      Delete
  7. aku g pake qwords bund, hehehe.. soalnya pas itu lagi g ada diskon jadi melipir ke toko sebelah deh XD
    tapi teteup yah bund, pake TDL tuh emang beda, profesional gitu dan kayaknya tambah kece aja :D

    ReplyDelete
  8. tos dl kita mbk nia, sesama pelanggan qwordsdotcm :)

    ReplyDelete
  9. Iya ya Mba, kerasa bedanya setelah saya pasangin domain di blog. Awalnya sih masih pengen bertahan ga pake domain, tapi pas dipasangin domain, allhamdulillah rejeki mah ada aja ya :)

    ReplyDelete
  10. Moga makin banyak job lewat blognya mbak :D

    ReplyDelete
  11. Setelah pakai TLD jadi makin rajin nge-blog ya. Sayang..udah bayar, hehe

    ReplyDelete
  12. Jadi pengen nyoba qwords mba....
    Memang ngeblog banyak manfaatnya ya mba... Terimakasih sharing ilmunya

    ReplyDelete
  13. wahh toss mba, aku juga ngeblog dari jama multiply, malah masih jaman geocities juga (duh, ketauan tuanya ya hihihi)..

    ReplyDelete
  14. Udah lebih dari 10 tahun ya ternyata Qwords ini Mba. Pasti memliki pelayanan yang oke dan begitu mengutamakan customer. Buktinya bisa bertahan dalam persaingan yang semakin ketat sekarang ini.
    Happy Birthday Qwords, sukses selalu :)

    ReplyDelete
  15. hidup TLD!
    soalnya kalo udah TLD, kita nya pun jadi makin termotivasi ya mba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, ay sempet pengen brenti ngeblog karena gabisa menej waktu tapi sayang udah LD jd disemepet2in aja deh

      Delete
  16. HBD Qwords and goodluck mbak Kania.. Btw andai tulisan2 di friendster bisa diakses lagi ya..gak sempat menyelamatkan postingan disana..lumayan buat kenang2an 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gak sempat mba baik yg di FS maupun multiply

      Delete
  17. Janis, lomba apa night, bunda ketinggalan "spur" hehe.. #sharedonk. Kania keran contentnya. Bunda fotonya dr Words lho, tp pengalihannya dr blogspot ke dot-com full dibantuin sm Mbak Shunts Ries. Pengen nge-dotcom-in yang bunda-yati blogspot.com deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. lomba blog ultah qwords bunda, coba klik bannernya

      Delete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...