Friday, September 30, 2016

Memilih Asuransi Kesehatan Untuk Keluarga

Kamis malam ini seperti biasa saya menunggui Za dan Ra les ngaji di masjid dari Magrib sampai selepas Isya. Sambil nunggu anak-anak, saya biasanya menggunakan waktu untuk membaca Alquran. Di rumah, saya malah tak sempat membaca Alquran karena terganjal tugas kerumah-tanggaan dan deadline  tulisan. Kalau lelah, barulah Alquran dimasukkan ke kantong dan mengobrol dengan ibu lain yang juga mengantar anaknya.

Seorang ibu yang anaknya belajar ngaji dengan Ra, bercerita tentang tetangganya yang terkena kanker payudara stadium IV. Setelah berbagai pengobatan dilakukan, akhirnya kanker tersebut sempat dinyatakan sembuh oleh dokter. Namun, setelah beberapa lama kanker ternyata kambuh lagi, dan kali ini stadium II. 


asuransi kesehatan terbaik di Indonesia AIA
intisari-online.com

Dua hal yang menjadi catatan saya dari perbincangan ini adalah betapa kuatnya sang tetangga menghadapi kanker yang dideritanya, padahal kankernya sempat mencapai stadium IV. Tentunya hal itu bisa terjadi karena ijin Allah SWT. Kedua, Semua pengobatan kanker payudara tersebut gatis tis tis ditanggung asuransi, kecuali obat yang mahal. Asuransi sudah bermanfaat meringankan bebannya saat melakukan pengobatan.

Manfaat memiliki asuransi juga seringkali saya rasakan ketika saya, suami, maupun Za dan Ra sakit. Pada saat Za dirawat karena infeksi saluran kencing di usia 2 tahunan, saya sama sekali tidak mengeluarkan biaya perawatan karena ditanggung asuransi. Begitupun saat suami sakit ginjal dan harus dirawat di rumah sakit, semua biayanya ditanggung asuransi. Alhamdulillah. Fasilitas asuransi dari kantor suami sungguh bermanfaat meringankan beban di kala sakit. 

Kalau kelak suami sudah pensiun, tentunya tak akan mendapat lagi fasilitas asuransi dari kantor karena sudah bukan pegawai lagi, Oleh karena itu, seharusnya saya memikirkan dari sekarang asuransi kesehatan untuk hari tua kelak. Setidaknya, ada 2 jenis asuransi yang bisa saya pertimbangkan ketika memilih asuransi kesehatan.

1. Pemerintah atau swasta

Kita bisa memilih asuransi yang diselenggarakan pemerintah atau swasta. Asuransi dari pemerintah, contohnya BPJS kesehatan. Sedangkan asuransi dari swasta misalnya asuransi kesehatan terbaik di Indonesia AIA.

Semuanya ada kelebihan dan kekurangannya. Misalnya saja dalam besaran premi. BPJS sangat terjangkau, sedangkan asuransi swasta sebaliknya. Manfaat BPJS juga lebih lengkap dibanding asuransi swasta, namun biasanya menggunakan BPJS hanya bisa dilakukan di rumah sakit rujukan tertenu saja. BPJS juga hanya bisa digunakan di dalam negeri, sebaliknya asuransi swast kebanyakan menanggung pesertanya sampai ke luar negeri.

asuransi kesehatan terbaik di Indonesia AIA
Add caption


2. Konvensional atau syariah

Diantara perbedaan asuransi konvensional dan syariah diantaranya: asuransi konvensional menggunakan riba sebagai dasar perhitungan investasi sedangkan asuransi syariah berdasarkan bagi hasil, asuransi konvensional akadnya mirip seperti jual beli sedangkan asuransi syariah akadnya bersifat tabarru, asuransi syariah memiliki dewan pengawas syariah yang tidak ditemukan di asuransi konvensional, dan perbedaan lainnya. Semuanya tergantung pilihan masing-masing orang dengan segala konsekuensinya.

“Tak pernah sedikit pun kita berencana untuk sakit. Kita juga sering lupa, harta yang paling berharga adalah kesehatan.”

Ya, tak ada seorang pun yang berencana sakit seperti kata-kata bijak di atas yang saya ambil dari website asuransi kesehatan terbaik di Indonesia AIA. Apapun asuransi kesehatan yang kita pilih untuk keluarga, kita seharusnya terus berusaha menjaga kesehatan karena sehat itu sangat berharga. Dengan kesehatan yang prima, kita bisa melakukan aktivitas apapun dengan baik seperti mencari nafkah, beribadah, bermain bersama anak, dan sebagainya. So, stay healthy!

7 comments :

  1. Mau ikut asuransi, tapi masih ragu saya.

    ReplyDelete
  2. saya juga bikin beberapa asuransi untuk keluarga. Berasa cukuo menentramkan

    ReplyDelete
  3. saya juga bikin, semua asuransi bagus kok.. tinggal kita minatnya dimana... salam kenal..

    ReplyDelete
  4. Asuransi itu ibarat sedia payung sebelum hujan, jaga-jaga sebelum sakit. Sehat adalah sebuah anugerah.

    ReplyDelete
  5. iya bpjs memang murah tapi saya secara personal lebih suka yang swasta pelayanannya luar biasa 😊😊😊

    ReplyDelete
  6. asuransi emang bikin ademmm. kalo ada apa-apa asuransi, apa-apa asuransi, ya emang hidup ini gak bebas resiko yaaa

    ReplyDelete
  7. makasih atas infonya, banyak banget yang kita dapatkan dari asuransi.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...