Thursday, September 29, 2016

Ketika Pekerjaan Idaman Tak Kunjung Datang

Assalaamualaiku, sahabat Za dan Ra,

Sebagai seorang ibu, pernahkah kita berfikir, "Nanti anak kita masa depannya seperti apa ya? Nikah sama siapa? Pekerjaannya apa?". Pasti walau selintas pikiran itu pernah ada ya, termasuk saya pun demikian. Saya pun hanya bisa mengarahkan Za dan Ra sesuai bakat dan potensi mereka agar apa yang mereka cita-citakan kelak berhasil. Amiiin.

Bicara tentang mencari pekerjaan itu gampang-gampang susah. Gampang jika pekerjaan apa saja kita ambil walau gaji dan jenis pekerjaannya tak sesuai dengan keinginan. Dan susah jika kita menginginkan pekerjaan yang betul-betul sesuai dengan pendidikan, lingkungan yang sesuai dengan kemauan, serta gaji dan jabatan yang diinginkan. Karena adaptasi dengan satu pekerjaan itu butuh proses dan negosiasi dengan diri kita sendiri.


lowongan alfamart
anakindonesiahebat.com

Tahun 2002, saya lulus dari sebuah politeknik negeri di Bandung dan tidak juga segera mendapatkan pekerjaan. Sudah berpuluh-puluh lamaran saya kirimkan dan baru tahun 2003 saya mendapat pekerjaan yang benar-benar sesuai dengan pendidikan saya.

Sebenarnya apa sih yang bisa kita lakukan ketika pekerjaan idaman yang kita inginkan belum kunjung menghampiri? Mungkin 5 hal berikut bisa kita lakukan.

1. Bersabar dan berdoa

Ya, pertam-tama kita harus bersabar dulu karena kita tidak bisa memaksa Tuhan atau orang lain memberi pekerjaan pada kita. Berdoa pada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kaya jangan pernah berhenti dilakukan. Saya sangat percaya pada kekuaan doa. Apalagi jika doa tersebut dipanjatkan orangtua untuk anaknya, doa orang yang berpuasa, dan doa-doa mustajab lainnya.

2. Beraktivitas seperti biasa

Belum mendapat pekerjaan idaman tidak lantas membuat kita beridam diri. Kita bisa beraktivitas seperti biasa, membantu orangtua, berorganisasi, dan seterusnya. Siapa tahu dengan tetap beraktivitas, justru kita mendapat informasi  yang tidak terduga, baik informasi tentang pekerjaan atau lainnya.

3. Tetap Berusaha

Berusaha mendapat pekerjaan idaman terus kita lakukan dengan cara mencari berbagai informasi lowongan pekerjaan. Informasi tersebut bisa kita dapatkan di kampus tempat kita kuliah, Koran, maupun internet. Misalnya lowongan kerja Alfamart (sponsored post, lihat halaman Disclosure) yang saya lihat di website Alfamart. Sekarang Alfamart sedang membuka lowongan kerja untuk posisi Management Trainee Technical Support and Maintenance, IT Programmer, dan Management Trainee.

Buat teman-teman yang sedang mencari pekerjaan, lowongan kerja Alfamart tersebut adalah peluang untuk mendapat pekerjaan idaman. Dan sekarang, untuk posisi pekerjaan tertentu tidak mengharuskan dari jurusan tertentu. Misalnya saja untuk posisi management trainee di Alfamart bisa diisi oleh pelamar dari berbagai jurusan, tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, misalnya punya pengalaman berorganisasi.

lowongan kerja alfamart
blog.alfamartku.com

4. Menciptakan pekerjaan

Alih-alih mencari pekerjaan idaman, bagaimana kalau menciptakan pekerjaan? Tentunya di bidang yang kita suka dan kuasai. Ada rekan kuliah saya yang membuka usaha membuat tas yang diberi nama. Ada juga yang membuka usaha biro perjalanan. Atau, seperti saya yang mencoba bekerja sendiri dengan menerima pekerjaan menulis. Tapi ingat, bekerja sendiri dari nol juga banyak resikonya dan penghasilannya tidak menentu.

5. Jalan Pintas

Menerima pekerjaan yang tidak terlalu kita sukai sebagai jalan pintas menuju kesuksesan, mungkin menjadi pilihan sebagian orang. Dari pekerjaan tersebut, kita bisa mengambil berbagai pembelajaran yang memperkaya pengalaman kita. Dan ketika ada peluang pekerjaan idaman, kita bisa mencoba untuk mendapatkannya dengan berbekal pengalaman kerja di tempat sebelumnya. 

Salah satu saudara dekat saya lulusan manajemen telekomunikasi. Sebelum bekerja di sebuah perusahaan telekomunikasi terkemuka, ia pernah bekerja di minimarket. Kesuksesan memang harus ada tangga pencapaiannya, agar kita selalu ingat perjalanan panjang menuju sukses yang berliku itu sebagai sejarah hidup yang penuh makna. Kecuali bagi orang yang memang sudah kaya dari sananya, kadang-kadang bisa dengan mudah mendapat pekerjaan idaman.

Itulah 5 hal yang bisa kita lakukan jika pekerjaan idaman belum menjadi milik kita. Jangan lupa bersyukur dan bahagia, karena mungkin pekerjaan yang sedang kita jalani saat ini sebenarnya adalah pekerjaan idaman kita.

11 comments :

  1. Lowongan? Faktor U dah nggak bisa... Biasanya klo posisi MT yang dicari fresh graduate

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mba, saya juga kalo melamar lamar udah gabisa kayanya

      Delete
  2. Ngomongin soal lowongan kerja jadi ingat masa-masa cari kerja dulu. Butuh sabara yang luar biasa, belum lagi kalau pekerjaan yang di dapat nggak sesuai dengan keinginan kita mbak.

    ReplyDelete
  3. alhamdulillah dulu cepat sih dapat kerjanya..bahkan sekalian dapat jodoh juga he he he

    ReplyDelete
  4. Ehm...saat ini pun kerjaanku belum pas di hati tapi tetap jalani aja.

    ReplyDelete
  5. Jadi keingetan jaman2 nyari kerja, ngirim lamaran, dulu belum punya fasilitas internet di rumah, jadi mau ga mau ke warnet buat ngirim lamaran. Hehehe, tulisan mba Kania jadi bikin nostalgia :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. huhu..sama mba Ipeh..kalo saya beli koran tiap weekend..

      Delete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...