Posts

Showing posts from September, 2016

Memilih Asuransi Kesehatan Untuk Keluarga

Image
Kamis malam ini seperti biasa saya menunggui Za dan Ra les ngaji di masjid dari Magrib sampai selepas Isya. Sambil nunggu anak-anak, saya biasanya menggunakan waktu untuk membaca Alquran. Di rumah, saya malah tak sempat membaca Alquran karena terganjal tugas kerumah-tanggaan dan deadlinetulisan. Kalau lelah, barulah Alquran dimasukkan ke kantong dan mengobrol dengan ibu lain yang juga mengantar anaknya.
Seorang ibu yang anaknya belajar ngaji dengan Ra, bercerita tentang tetangganya yang terkena kanker payudara stadium IV. Setelah berbagai pengobatan dilakukan, akhirnya kanker tersebut sempat dinyatakan sembuh oleh dokter. Namun, setelah beberapa lama kanker ternyata kambuh lagi, dan kali ini stadium II.

Doodle Atau Kartun?

Image
Melihat dunia doodling sekarang ramai sekali. Doodle? apakah itu? Saya sendiri baru dengar istilah ini akhir-akhir ini karena beberapa teman blogger ternyata adalah doodler. Sebuat saja mba Winda Krisnadefa dan Tanti Amelia yang karya doodle artnya berseliweran di blog mereka dan media sosialnya. Aiiih, cantik-cantik banget. Saya tergoda, tangan saya tergoda untuk ikut corat-soret. Tentu saja apalah saya, Saya corat-coretnya tak beraturan dan sesuai dengan mood saja sebagai pelepas jiwa yang lelah. Halah.
Buar yang baru dengar istilah doodle, saya kutip penjelasan tentang doole dari blognya Tanti Amelia berikut ini.

Ketika Pekerjaan Idaman Tak Kunjung Datang

Image
Assalaamualaiku, sahabat Za dan Ra,
Sebagai seorang ibu, pernahkah kita berfikir, "Nanti anak kita masa depannya seperti apa ya? Nikah sama siapa? Pekerjaannya apa?". Pasti walau selintas pikiran itu pernah ada ya, termasuk saya pun demikian. Saya pun hanya bisa mengarahkan Za dan Ra sesuai bakat dan potensi mereka agar apa yang mereka cita-citakan kelak berhasil. Amiiin.
Bicara tentang mencari pekerjaan itu gampang-gampang susah. Gampang jika pekerjaan apa saja kita ambil walau gaji dan jenis pekerjaannya tak sesuai dengan keinginan. Dan susah jika kita menginginkan pekerjaan yang betul-betul sesuai dengan pendidikan, lingkungan yang sesuai dengan kemauan, serta gaji dan jabatan yang diinginkan. Karena adaptasi dengan satu pekerjaan itu butuh proses dan negosiasi dengan diri kita sendiri.

Banjir Lagi

Image
Sore itu, saya sedang menikmati waktu dengan anak-anak. Tanggal tua, saya memilih untuk tak pergi kemana-mana demi menghemat pengeluaran. Lagipula, suami sedang keluar kota. Rasanya lebih aman memang di rumah bersama anak-anak, aman untuk kantong, aman untuk keselamatan anak-anak. Kalau pergi keluar rumah yang agak jauh, seringnya saya memilih menitipkan anak di rumah dengan suami atau sekalian menagajak suami biar ada yang bantu menjaga anak-anak di perjalanan.
Sore itu, hari Sabtu yang kelabu, hujan deras turun di luar rumah. Saya membuat mie goreng untuk makan sore. Makan malam saya seringnya disantap sore hari. Kata para pakar sih, memang baiknya begitu, di atas jam 7 malam sudah tak boleh makan lagi biar perut tak terlalu penuh yang mana bikin gendut. Tapi kadang juga kalau ada suami di rumah harus menunggu suami sampai malam untuk bisa makan bersama. Yah, tergantung situasi saja.

Butuh Smartphone Baru Yang Menjaga Privasi dan Keleluasaaan Data

Image
Pernahkah teman-teman mengalami hal ini: Teman atau anggota keluarga membuka smartphone kita dan melihat isi smartphone tanpa ijin? Atau, teman-teman menginstall aplikasi di smartphone dengan terlebih dulu melakukan uninstall aplikasi lain karena memori smartphone terbatas? 
Untungnya saya rasanya belum pernah mengalami hal yang pertama. Suami tidak pernah sedikit pun ngintip-ngintip isi smartphone, karena begitupun saya yang tak pernah membuka smartphonennya tanpa ijin. Za dan Ra pun demikian, walau mereka sudah tahu password smartphone saya, mereka tetap minta ijin kalau hendak meminjam smartphone saya. Alhamdulillah. Terbayang rasanya kalau ada orang yang suka ngintip smartphone kita tanpa ijin, pasti saya merasa kesal karena privasi terganggu.

Pilih Mana, Wallpaper Atau Cat Dinding?

Image
Punya anak balita berarti harus siap juga rumahnya akan penuh dengan corat-coret. Hampir setiap teman yang saya temui dan punya anak kecil, mereka juga punya pengalaman yang sama seperti saya. Yaitu rumah mereka yang tidak luput dari coretan si kecil. Di rumah saya, coretan anak mendominasi dinding kamar tidur anak dan ruang makan. Artinya, anak kita kreatif, begitu kami selalu menghibur diri. 
Sekarang rasanya sudah jarang Za dan Ra mencorat-soret dinding karena mereka sudah semakin besar. Za sudah 9 tahun, lebih senang main gadget. Dan Ra 5 tahun, lebih senang main berrsama teman. Seringkali terpikir di benak saya untuk mempercantik rumah agar ada suasana yang baru.

Saat Anak Ingin Belajar Membuat Video

Image
“Mi, kakak pengen belajar bikin video” Sudah dua kali si sulung Za yang berusia 9 tahun mengungkapkan hal ini sama saya. Rasa penasaran saya muncul, kenapa Za pengen belajar membuat video, pasti ada sebab di baliknya. Sebagai ibu, saya pun jadi kepo, apa Za terpengaruh provokasi positif temannya, atau memang di sekolahnya ada program seperti ini?

“Emangnya kakak mau bikin video apa? Kita kan udah pernah bikin” Tanya saya (video di bawah buatan Za, menggunakan hape saya)

Latihan Nulis, Yuk!

Image
Mau doong latihan menulis sama bu Kania!
Begitu kata seorang teman di salah satu grup yang saya ikuti. Kalau diminta seperti itu, terus terang saya sendiri bingung karena tidak menguasai standar penulisan yang benar. Saya menulis, ya menulis saya apa yang ingin saya tulis. Perkara ejaan, tanda baca, dan sebagainya itu bisa dipelajari sambil jalan.
Macam-macam alasan orang untuk menulis. Dari mulai menyalurkan hobi, sebagai terapi, atau tuntutan pekerjaan. Dengan latihan, semua orang pasti bisa menulis karena menulis itu sesuatu yang bisa dipelajari seperti hal lainnya. Kata orang saya ini termasuk pendiam, tapi saya pernah mengajar yang megharuskan saya banyak berbicara di depan orang. Hal itu bisa saya lakukan karena melalui proses latihan, ada berbagai program training mengajar yang saya ikuti sebelum dan selama mengajar.

Semaraknya Ulang Tahun RI ke-71

Image
Pertama-tama mau sungkem dulu sama pembaca blog ini. Ya, tema ulang tahun RI sudah tak menggairahkan tentunya karena suah lewat sebulan yang lalu. Sebenarnya saat itu ingin menuliskan tentang hal ini tapi belum sempat, jadi baru menuliskan idenya saja di dalam pikiran.
Flashback dulu ya…
Saya tak ingat apakah saya mengikuti berbagai kegiatan ulang tahun RI di sekolah sewaktu kecil. Tapi saya ingat begitu ramainya desa saya saat menyambut ulang tahun RI. Ada sebuah lapangan kecil di depan masjid. Di sanalah biasanya keramaian berasal. Ada lomba balap karung, lomba makan kerupuk, dan perlombaan lainnya.

Nikmati Cita Rasa Kari Khas jepang di A&W Restoran

Image
Family Chef, itu adalah salah satu label yang saya sematkan di media sosial saya. Seperti ibu rumah tangga lainnya, saya merasa menyediakan masakan untuk keluarga adalah tugas saya sebagai ratu rumah tangga. Keterpaksaan, kewajiban dan kadang-kadang kesenangan pada makanan, membuat saya harus memasak. Terpaksa karena saya gak punya asisten rumah tangga yang membantu saya memasak. Lagipula memasak sendiri ada keuntungannya juga. Kita bisa membuat menu yang sesuai keinginan dan bahan makanan di rumah. Wajib bagi saya karena anggota keluarga lain punya tugas masing-masing. Kalau lagi semangat, saya juga bisa senang nguplek di dapur membuat aneka masakan sederhana buat keluarga.

Ingin Traveling sendirian? Baca Dulu Tips Ini!

Image
Traveling memang menyenangkan apalagi jika datang dan mengexplore tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi. Untuk sahabat Za dan Ra yang hobi traveling, pasti pernah punya keinginan untuk mencoba solo traveling atau traveling sendirian. Kelihatannya memang seru karena akan lebih menantang dan kita bisa lebih banyak kenal orang-orang baru, tapi kita harus tetap berhati-hati karena banyak orang jahat yang akan memanfaatkan kesendirian kita. Sebelum merencanakan solo traveling, simak dulu yuk beberapa tips berikut.

Chick n Roll, Ayam Goreng Yang Renyah dan Kaya Rasa

Image
“Baru kali ini rasanya hari raya gak makan ketupat, gak sempat siapin karena seharian sebelum lebaran di rumah teteh @emmaamsya yg lagi walimah khitan anak bungsunya. Alhamdulillah, gak ada ketupat..@chicknroll pun jadi. Makasih traktirannya teh. Walau anak lagi diet ayam, tapi rejeki yg datang masa ditolak :D”
Kalimat di atas adalah status instagram saya hari Senin lalu. Dulu-dulu, saya kadang suka merasa gak lengkap kalau hari raya gak makan ketupat. Tapi ternyata saya tak sepenuhnya benar. Hari raya selain makna religiusnya yang kental, kebersamaan dengan keluarga besar pun sangat membesarkan hati. Hari Raya Idul Adha ini, keluarga suami berkumpul karena kakak ipar sedang mengkhitan anak bungsunya sekalian merayakan Idul Adha bersama.

3 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengkhitan Anak

Image
Liburan sekolah biasanya dijadikan waktu yang tepat bagi sebagian orangtua untuk mengkhitan anak. Karena biasanya diperlukan waktu untuk kesembuhan pasca khitan, sehingga saat libu anak bisa istirahat sampai luka khitannya pulih.
Bicara tentang ketentuan agama, memang bukan kapasitas saya. Setahu saya, khitan itu ada ulama yang mewajibkan tapi ada juga yang memberinya hukum sunnah dengan masing-masing dalilnya. Wallahua’lam, yang jelas hikmah melakukan khitan banyak sekali. Diantaranya adalah untuk kesehatan, kebersihan dan bentuk ketaatan pada Allah SWT.

Jalan-jalan di Taman Bxchange Mall Bintaro

Image
Assalaamualaikum,
Sahabat Za dan Ra, Selamat hari raya Idul Adha ya bagi yang merayakan. Hari raya selain penuh dengan makna religius, juga biasanya jadi momen berkumpul bersama dengan keluarga besar. Mau jalan-jalan bersama keluarga setelah shalat Iedul Adha, ke tempat yang asri dan murah meriah? Taman bisa jadi salah satu pilihan yang tepat. 
Di deket rumah saya di Bintaro ada Taman Menteng dan Taman Bxchange Mall. Kemarin, setelah shalat Iedul Adha lalu makan bersama keluarga besar dan jalan-jalan di Taman Bxchange Mall Bintaro. Tak tersedia kendaraan umum yang lewat depan mall, jadi untuk mencapai lokasi mall ini bisa naik taksi atau ojek dari stasiun Jurangmangu.

Mengais Rejeki Bersama qwords.com

Image
Sebenarnya saya sudah menulis di blog sejak tahun 2000 awal. Waktu itu, saya ngeblog di Friendster dan multiply untuk menyalurkan hobi saja. Setelah punya anak, saya sempat berhenti menulis di blog. Lagipula, 2 blog saya tersebut sudah tidak ada karena Friendster dan multiply sudah gulung tikar. Lalu saya mulai lagi menulis di blog sekitar tahun 2009 dan banyak bercerita tentang tumbuh kembang anak karena sedang asyik-asyiknya mengikuti perkembangan anak pertama.
Yang belum mengerti dunia ngeblog, mungkin akan bertanya ngapain sih nulis di blog dan curhat gak penting? Ya, memang tak semuanya mengerti karena passion tiap orang berbeda. Sebagian mungkin mengira ngeblog itu pekerjaan yang sia-sia. Tapi coba deh, kalau kita nyari suatu informasi biasanya darimana? Yang sudah mengenal dunia gadget, pasti salah satunya dari internet. Bahkan curhat seseorang pun bisa diambil pelajarannya oleh pembaca blog. Apalagi kalau kita masuk komunitas, kita akan tahu bahwa dunia blogging itu banyak seka…