Monday, August 15, 2016

Menjelajahi Puncak Gunung Ciremai Jawa Barat dalam Paket Wisata Indonesia



gunung ciremai
wikipedia.org

Wisatawan terutama pecinta alam pasti tidak akan menyesal memilih paket wisata Indonesia dengan cara melakukan pendakian Gunung Ciremai. Gunung ini terletak di perbatasan antara Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan Jawa Barat. Kawasannya masuk dalam area Taman Nasional Gunung Ciremai. 

Keunikan Gunung Ciremai
Gunung Ciremai merupakan gunung berapi berbentuk kerucut dan berada di ketinggian 3.078 mdpl dengan luas sekitar 15.000 ha. Salah satu bentuk keistimewaan sekaligus keunikan yang dimiliki gunung ini adalah jumlah kawahnya ada dua. 
Kawah pertama ada di sebelah barat di sebelah timur, dinamakan Puncak Sunan Talaga atau Puncak Sunan Mataram. Ukuran ketinggiannya adalah 3.058 mdpl. Sedangkan puncak kedua dinamakan Puncak Sunan Cirebon, memiliki ukuran ketinggian 3.078 mdpl. 
Sementara itu, di lereng selatan terdapat suatu kawasan yang pada tahun 1937 jadi titik letusan gunung tersebut. Saat ini lokasi tersebut dinamakan Gowa Walet. 
 
http://tngciremai.com/

Kekayaan hayati
Gunung Ciremai memiliki kekayaan hayati dalam jumlah yang lumayan tinggi. Menurut hasil penelitian dan eksplorasi yang pernah dilakukan, di tempat ini terdapat aneka tanaman yang jumlahnya mencapai 57 macam.
Pada bulan April 2005 sebuah tim pecinta alam dari IPB juga ikut melakukan penelitian. Dari penelitian tersebut diketahui jika gunung ini juga mempunyai berbagai macam koleksi satwa. Misalnya untuk amfibia, ada 12 spesies, mamalia 20 spesies dan burung 95 spesies. Selain itu, masih ada beberapa jenis reptil seperti kadal, cicak, ular dan bunglon.
Kemudian untuk vegetasinya, sebagian besar hutan alaminya ada di bagian atas. Di bawahnya adalah hutan produksi yang didominasi hutan pinus serta dikelola Perum Perhutani. Sebagian lagi merupakan hutan wanatani, yaitu hutan yang dikelola sendiri oleh masyarakat. 

http://tngciremai.com/


Keindahan alam di puncak
Sebagai kawasan cagar alam serta pelestarian alam, Gunung Ciremai terbagi dalam beberapa zona. Masing-masing dari zona tersebut digunakan sebagai tempat penelitian, pendidikan dan sumber ilmu pengetahuan dan rekreasi serta pariwisata.  
Gunung Ciremai merupakan gunung dengan ukuran paling tinggi di Provinsi Jawa Barat. Saat berada di puncaknya, pengunjung mendapat suguhan berupa sebuah pemandangan alam yang sangat spektakuler. Dari puncak tersebut Kota Majalengka dan Bandung akan terlihat dengan jelas. Bahkan saat cuaca sedang cerah bisa disaksikan Laut Jawa di sebelah utara puncak. 

Alur pendakian
Jika wisatawan ingin melakukan pendakian ke puncak, ada beberapa jalur yang dapat dipilih. Tiga di antaranya yang paling terkenal, yaitu jalur apuy, jalur palutungan, dan jalur linggarjati. Semua membutuhkan waktu sekitar 1 hingga 2 hari untuk mencapai puncaknya.
Dari ketiga jalur tersebut, jalur melalui apuy merupakan jalur yang disukai oleh para pendaki. Selain rute yang harus dilalui tidak terlalu panjang atau jauh, medannya juga lebih aman dan di setiap perjalanannya terdapat aneka pemandangan alam yang lebih indah. 

http://tngciremai.com/

Apabila ingin mencoba jalur lainnya, medannya sangat sulit dilalui dan berbahaya. Oleh karena itu, sebaiknya minta pertolongan pada komunitas pecinta alam yang biasanya mangkal di sekitar Kuningan. Komunitas ini akan membantu para pendaki untuk menjelajahi Gunung Ceremai dengan cara memberi panduan atau menemani secara langsung hingga puncak.
Sebelum masuk lokasi dan mendaki wisatawan harus membeli tiket dengan harga yang cukup mahal 50 ribu rupiah. Tetapi apabila pendakian berhasil dilakukan biaya tersebut akan diganti dengan sertifikat dimana nama pendaki akan tertera. Sertifikat ini merupakan kenangan indah karena tidak semua pendaki bisa mendapatkannya.
Namun lebih dari itu, pendakian dalam paket wisata Indonesia ini dijamin akan membuat diri kita makin dekat dengan Tuhan. Saat sudah berada di puncak pendaki pasti merasakan sebuah kekaguman yang sangat luar biasa sekaligus merasa sangat kecil di hadapan-Nya.  

4 comments :

  1. oh baru tau kalau ada paket pendakian seperti ini, asyik ya mbak

    ReplyDelete
  2. Jadi sblm mendaki membayar, kalau sukses jd sertifikat ya.

    ReplyDelete
  3. wah seru juga kayaknya tuh ikut paket pendakian seperti ini apalagi bagi para jomblo tuh :) hhee

    ReplyDelete
  4. teman ku berangkat hari ini mbak, rencananya mau mengibarkan bendera pas 17an nanti, sayang aku lagi gak bisa gabung. nanti kalo gaka da rombongan, aku bisa pesen paket pendakian ini

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...