Monday, August 1, 2016

Kenali Stres Bayi Dalam Kandungan



“Mi, katanya kalau Aisa TK B umi punya dede bayi lagi. Aisa mau dede perempuan ya..”
“Jangan, laki-laki aja..”

Begitulah, akhir-akhir ini Za dan Ra suka nagih saya untuk mengandung lagi. Kata sebagian orang, punya 3 anak sangat ideal. Kata pemerintah, cukup 2 saja. Kata yang lainnya, banyak anak banyak rejeki. Sebagian lainnya bahkan belum dikaruniai momongan oleh Allah SWT. Kita tak pernah tahu berapa jumlah anak yang ideal karena  kondisi fisik dan emosi setiap orang berbeda-beda. Lagipula, rencana Tuhan tak ada seorangpun yang tahu.

Namun berapapun jumlah anak yang dimiliki, perjalanan seorang ibu menanti kelahiran buah hatinya adalah momen berharga yang akan selalu diingat setiap ibu. Perjalanan ibu dalam mengandung kadang tidak mudah. Pada trimester pertama, biasanya kehamilan disertai mual dan muntah, atau lebih dikenal dengan morning sickness. Trimester ketiga, kehamilan mulai bertambah sehingga gerak ibu terbatas dan harus membawa beban puluhan kilogram kemanapun ia pergi. Belum lagi proses kelahiran yang akan dihadapi dengan segala kemungkinan yang ada.


kenali stres bayi dalam kandungan

Oleh karena itu, pengetahuan ibu harus cukup tentang tumbuh kembang janin dan nutrisi selama kehamilan. Hari Minggu kemarin tanggal 31 juli 2016, saya bersama puluhan peserta lainnya mengikuti talkshow bertema “Kenali Stres Bayi Dalam Kandungan” yang diadakan oleh Mother & Baby Indonesia dan Sweety Care. Dengan narasumber Dr. dr. Taufik Jamaan, SPOG, acara ini dihadiri oleh puluhan wanita baik yang sedang mengandung maupun tidak. Bertempat di Igors CafĂ©, Jln Wijaya No. 122 Jakarta, acara dengan dress code Gold itu dipandu oleh Mbak Amy. Dalam acara itu juga hadir ibu selebriti yang merupakan salah satu pemeran AADC yaitu Titi Kamal.

Kenali Stres Bayi Dalam kandungan

Sesi talkshow dimulai oleh pemaparan mengenai stress bayi dalam kandungan bersama Dr. dr. Taufik Jamaan, SPOG. Menurut beliau, ternyata bukan orang dewasa saja yang bisa mengalami stress, bayi dalam kandungan juga ternyata bisa mengalami stress loh. Janin stress adalah kondisi dimana bayi merasa ada ancaman untuk kehidupannya di dalam kandungan. Misalnya berupa gangguan aliran darah dari ibu ke janin atau gangguan asupan kalori dari ibu ke janin.

Pada trimester pertama, stress pada janin memang sulit dideteksi. Pada trimester kedua dan tiga, stress pada janin bisa diketahui dari denyut jantung dan juga gerakan bayi, serta dapat dideteksi melalui USG dan CTG.

Faktor-faktor yang bisa menyebabkan janin dalam kandungan mengalamai stress diantaranya adalah ibunya mengalami anemia, demam, air ketuban kurang, oksigen kurang, ibu sakit, terlilit tali pusat, proses persalinan yang lama, dan sebagainya. Ibu yang mengalami stress juga berpengaruh pada bayi akan mengalami stress juga. 

Dr. dr. Taufik Jamaan, SPOG
Dr. dr. Taufik Jamaan, SPOG

Kebanyakan perempuan hanya mempersiapkan faktor fisik saja selama kehamilan, tanpa menyadari bahwa faktor emosional juga akan berubah. Koneksi antara ibu hamil dengan janinnya membuat bayi dalam kandungan ikut merasakan keresahan ibunya, sehingga janin merasa stress. Faktor eksternal juga bisa membuat seorang ibu hamil stress. Misalnya karena mengejar deadline pekerjaan, terjebak macet, pekerjaan rumah belum selesai padahal suami akan segera pulang, atau mempersiapkan kebutuhan bayi yang dirasa belum cukup.

Efek yang akan dirasakan pada bayi ketika ibu hamil stress diantaranya adalah denyut jantung bayi dan frekuensi gerak bayi akan berkurang atau sebaliknya tambah cepat. Bayi juga berpeluang lahir premature karena ibu mengalami kontraksi, kerusakan organ bayi saat lahir, serta resiko autism tinggi. Janin yang stress mengalami kekurangan asupan oksigen dan lemasnya ootot anus sehingga mengeluarkan meconium (kotoran bayi) yang bisa mengotori air ketuban. Air ketuban yang kotor menyebabkan bayi dalam kandungan mengalami keracunan dan berpotensi mengalami kematian janin.

cara mengatasi stres pada ibu hamil


Pemerintah, dalam hal ini KEMENKES, memberikan anjuran pada setiap ibu untuk menjaga kehamilannya tetap sehat dengan cara sebagai  berikut: 

  1. Memeriksakan kehamilan secara rutin minimal 4 kali dengan minimal 1 kali ditemani pasangan atau anggota keluarga lain.
Trimester
Jumlah Kunjungan Minimal
Waktu kunjungan yang dianjurkan
1
1 kali
Sebelum minggu ke-16
2
1 kali
Antara minggu ke 24-28
3
2 kali
Antara minggu ke 30-32


Antara minggu ke 34-36
  1. Ibu hamil dianjurkan memeriksakan diri ke dokter minimal 1 kali untuk deteksi kelainan medis secara umum
  2. Simpan buku KIA untuk memantau kehamilan
  3. Minum vitamin dari dokter/bidan secara rutin.
  4. Menjaga kebersihan tubuh dan memastikan daerah kemaluan tetap bersih dan kering.
  5. Meningkatkan konsumsi makanan hingga 300 kalori/hari dari menu seimbang.
  6. Latihan fisik yang tidak berlebihna dan beristirahat ketika lelah.
Biar rileks dan tidak stres, ibu hamil juga boleh loh dipijat. Banyak klinik pijat yang menyediakan jasa pijat untuk ibu hamil dengan tujuan membuat badan ibu hami segar dan nyaman. Salah satunya adalah Mom n Jo yang dikenal sebagai klinik spa untuk pasangan, ibu hamil dan anak-anak.

Mba Amy sebagai pemandu acara kemudian mempersilahkan perwakilan dari Mom n Jo yaitu Mbak Wulan untuk ke depan panggung dan mempraktekkan cara memijat ibu hamil. Menurut Mbak Wulan, paling mudah sih memijat diri sendiri karena pasangan kan tidak selalu ada di dekat kita. Tapi ingat, pijat di area perut untuk membetulkan letak bayi yang sungsang hanya boleh dilakukan oleh dokter kandungan ya.



Begini nih kira-kira urutan pijat ibu hamil yang bisa dilakukan sendiri. Atau untuk lebih jelasnya bisa dilihat di video sederhana yang saya buat.

  1. Tarik nafas dan keluarkan selama beberapa kali
  2. TTM di dahi. TTM artinya jari Telunjuk, Tengah, Manis, melakukan pijatan di area dahi
  3. TTM di dagu lalu naik ke telinga.
  4. Usap-usap bahu kanan lalu tepuk-tepuk, dilanjutkan dengan bahu kiri.
  5. Mengusap pinggang.
  6. Mengusap perut dengan gerakan “I Love You”
  7. Duduk selonjor dan usap-usap kaki.
Mempersiapkan Kelahiran Dengan Popok Yang Lembut dan Nyaman Untuk Bayi

Agar proses kelahiran bayi lancar, sebaiknya kebutuhan ibu dan bayi dipersiapkan sebelum kelahiran terjadi. Biasanya, peralatan yang harus dibawa ke rumah sakit berupa peralatan mandi, bra menyusui, pembalut, baju ganti dengan kancing depan dan celana yang nyaman, serta obat-obatan pribadi. Sedangkan untuk sang bayi, peralatan yang dibawa ke rumah sakit berupa pakaian bersih, aksesoris (misalnya topi), selimut bayi, kain bersih, dan popok bayi baru lahir. 

kenali stres bayi dalam kandungan
dr. Taufik, Titi Kamall, Mbak Stella

Sebagian ibu mungkin takut memakaikan bayinya popok sekali pakai (diaper) karena takut bayi mengalami iritasi, karena bayi baru lahir sangat  sensitive terhadap gesekan dengan benda asing. Oleh karena itu, kita perlu memperhatikan beberapa tips dalam memilih popok bayi baru lahir, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Penggunaan bahan yang tepat/tidak mengandung plastik.
  2. Memiliki bahan penyerap yang baik/ daya serap tinggi.
  3. Bahan popok yang lembut agar bayi selalu merasa nyaman.
  4. Memiliki baha perekat yang tidak mudah robek.
  5. Sudah memiliki pengujian klinis dan diapprove oleh para ahli
Pada acara tersebut, diperkenalkan produk popok lokal nomor 1 di Indonesia yaitu Sweety. Mbak Stella sebagai perwakilan dari Sweety menjelaskan bahwa Sweety adalah satu-satunya popok di Indonesia yang teruji klinis oleh Australian Dermatologist sebagai popok yang aman untuk kulit bayi yang sensitif. Uji klinis dilakukan melalui riset dermatologist yang panjang ke berbagai jenis kulit bayi dan ras dari selutuh dunia, seperti Kaukasian (Eropa, Asia barat, India, Afrika Utara), Hispanic (Spanyol, latin Amerika), Asia, dan Afrika.

Saat ini, Sweety memiliki beberapa produk, yaitu Sweety Comfort Gold, Sweety Pantz Gold, Sweety Fitpantz Dry Active, dan Sweety Safe & Soft. Sweety Gold merupakan inovasi terbaru dari Sweety dengan berbagai keunggulan.

sweety comfort gold
sweetycare.com

  1. Sweety Comfort Gold, dengan keunggulan sebagai berikut:
·        Menggunakan diamond layer technology, yaitu teknologi pada permukaan diaper yang berbentuk 3D diamond yang dapat mendistribusikan cairan dan membuat cairan cepat menyerap, juga mencegah lembab sehingga kulit bayi kering lebih lama.
·         Soft breathable cottony care, yaitu bahan ekstra lembut dan bersikulasi udara.
·         Slim comfort, yaitu popok yan tipis sehingga membuat bayi nyaman.
·         Soft magic tape, yaitu perekat lembut yang bisa direkatkan berulang kali.
·        Soft scretchable waistband, yaitu karet elastis dan lembut yang membuat popok fit di badan bayi.
·         360o Leak Guard Protection yang melindungi bocor di sekeliling popok
  1. Sweety Pantz Gold, keunggulannya yaitu:
·         Menggunakan diamond layer technology
·         Extreme softness, bahannya sangat lembut sehingga bayi merasa nyaman.
·         Overnight pants, yaitu daya serapnya tinggi sehingga bayi bisa tertidur semalaman.
·         Natural Aloe Vera Protection, melindungi kuit dari kekeringan dan iritasi.
·         Disposable tape-nya dapat menggulung dan merapikan popok bekas pakai.
·         360o Leak Guard Protection yang melindungi bocor di sekeliling popok

sweetycare.com

Hasil uji produk membuktikan bahwa teknologi diamond layer mendistribusikan cairan 15% lebih merata dibanding produk lain, sehingga cairan tidak menumpuk di tengah. Dengan teknologi ini juga, kapasitas menyerap cairan juga 21% lebih cepat dibanding produk lainnya. Keunggulan lainnya, yaitu adanya witness indicator, yaitu warna indikator berubah menjadi hijau ketika popok sudah penuh.  Desain popok dengan gambar Hello Kitty juga pasti menarik perhatian si kecil yang sudah bisa melihat gambar berwarna-warni.

Oh ya, Titi Kamal yang datang bersama Baby Juna juga sempat berbagi pengalamannya sebagai ibu. Titi sangat memperhatikan segala hal yang berhubungan dengan sang buah hati, termasuk memakaikan popok yang lembut dan nyaman. Titi seringkali membawa Juna ke berbagai kegiatan yang ia ikuti. Jadi memang Juna harus senyaman mungkin agar ia tidak rewel dan Titi tetap bisa mengikuti kegiatannya dengan baik. 

Kenali stres bayi dalam kandungan
Bingkisan dari Sweety, Mother & Baby Indonesia, dan Mom n Jo untuk peserta talkshow

Setuju banget, saya pun sebisa mungkin memakaikan popok yang nyaman buat anak-anak saya dulu terutama ketika akan bepergian atau tidur di malam hari. Rasanya sedih banget ketika bayi Za dulu sempat mengalami iritasi dan kemerahan di selangkangan dan pantatnya karena penggunaan popok yang kurang tepat. Akhirnya saya pun harus memeriksakan bayi Za ke dokter karena iritasi yang dialaminya. 

Mungkin karena saat itu bayi pertama dan saya tidak cukup ilmu ya. Ibu-ibu di era teknologi seperti sekarang sangat mudah mendapatkan ilmu parenting dan berbagi dengan ibu lainnya di internet hanya dengan modal smartphone. Sweety juga menyelenggarakan Parent Academy dimana setiap ibu bisa berbagi foto dan video tentang berbagai tips merawat anak. Nantinya, foto atau video yang diunggah akan mendapat poin dan poin tersebut bisa ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik. 5 peserta terbaik akan menjadi ambassador Sweety dan berhak mendapat hadiah liburan ke Amerika sekeluarga. Waaah, Amerika! Ayo ah kita lihat info lengkapnya di sini http://sweetycare.com/parent-academy

Semoga bermanfaat!

13 comments :

  1. Informatif banget! Thanks mbaa. Walau aku lagi nggak hamil, tapi mau save yah siapa tau ke depan berencana nambah lagi. AKu pengen 3 anak soalnya hehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama mak, pengennya 1 lg nih tp sekarg msh ada yg dipertimbangkan

      Delete
  2. Wuaaa... mak ini bekal banget buat aku yang pengen hamil dan pengen punya anak.... thanks for sharing ya maks...

    ReplyDelete
  3. Bermanfaat bgt buat sy yg lagi hamil.. tfs mba ^^

    ReplyDelete
  4. thx infonya ya mbak, komplit.. siapa tau dikasih rejeki anak ketiga :)

    ReplyDelete
  5. kalau saya dulu gag pakek popok, tapi pakek "cawet" jadi aman dari iritasi dan mudah untuk di cuci kalau kotor hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, saya juga kalo di rumah bayi dipakaikan popok kain biasa kecuali saat mau pergi, kadang mau tidur dan saya lagi capek

      Delete
  6. acaranya informatof banget ya mbak.. aku juga jd tau janin bisa juga stress, kirain org dewasa aja..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...