Tuesday, June 7, 2016

Tips Memilih Buku Anak



Mempunyai kebiasaan membaca adalah hal yang harus dimiliki pada saat anak masih kecil karena membaca itu banyak manfaatnya. Membaca bisa merangsang imajinasi anak, menambah pengetahuannya, membuatnya cinta ilmu, dan banyak manfaat lainnya. Maka dari itu bagi kita para orang tua, akan lebih bagus untuk mengajarkan anak untuk menyukai membaca pada saat usianya masih belia sehingga pada saat anak dewasa, kebiasaan ini akan selalu dilakukan oleh anak kita. 

Namun karena anak kita masih kecil dan belum paham akan memilih buku yang bagus maka peran kita di sini adalah dapat memilihkan buku yang bagus untuk anak kita. Memang memilih buku untuk anak adalah hal yang tidak mudah karena buku tersebut harus menarik agar membuat anak tidak merasa cepat bosan. Selain itu isi dari buku tersebut harus di tulis dengan menggunakan bahasa yang mudah dimengerti agar anak kita paham apa maksud dari isi buku tersebut. Maka dari itu kita harus tahu apa saja tips memilih buku anak  (sponsored post, lihat halaman disclosure) agar kita tahu buku apa saja yang bagus untuk anak kita.
 
tips memilih buku anak
Koleksi komik kesukaan Za

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan pada saat memilih buku untuk anak. Beberapa hal ini yang harus kitaa lakukan dengan hati-hati dan teliti agar tidak salah pilih. Hal tersebut antara lain:

        Lihat usia anak
Kita harus melihat usia anak sebelum memutuskan untuk membeli buku. Anak usia 4-5 tahun seperti anak saya, Ra, biasanya lebih senang dengan gambar yang mendominasi buku dibanding teks. Sedangkan kakaknya, Za, yang sudah berusia 9 tahun dan sudah bisa membaca, sudah bisa diberikan buku yang lebih banyak teksnya.

        Lihat jenis kelamin dari anak Anda
Selain itu kita juga harus melihat jenis kelamin anak. Akan lebih baik untuk anak perempuan diberikan buku yang sesuai dengan fitrah alami anak sebagai perempuan, begitu juga sebaliknya.

Usia anak yang berbeda pastinya membutuhkan buku yang berbeda juga sehingga kita harus jeli dalam memilih buku tersebut. Selain itu kita juga harus tahu buku apa yang sesuai dengan jenis kelamin anak dengan usianya. Tips memilih buku anak yang lain adalah kita dapat menemukan buku yang pas dengan melihat hobi anak kita. Hobi akan mempengaruhi bahasan atau bacaan dari anak kita. Tips lainnya yang dapat kita lakukan adalah sebagai berikut:

        Lihat karakter dari anak
Kita harus dapat melihat karakter anak untuk mengetahui buku apa yang sesuai.

        Lihat apa yang dibutuhkan oleh anak
Selain itu cobalah kita melihat buku yang sedang dibutuhkan oleh anak

tips memilih buku anak
Happy reading!

Karakter anak memang berbeda-beda. Dan tiap karakter ini terkadang mempunyai bahasan buku yang beda. Kebutuhan anak untuk buku juga berbeda-beda. Pastikan kita memilih buku yang dibutuhkan oleh anak kita. Tips memilih buku anak yang lain adalah kita harus melihat apa yang diinginkan oleh anak. Terkadang anak kita akan meminta langsung kepada kita untuk dibelikan buku yang dia sukai atau yang dia butuhkan. Sepanjang kontennya baik, tak ada salahnya kita penuhi keinginan anak untuk membeli buku. Tentu saja, disesuaikan dengan kemampuan keuangan kita juga. Oh ya, membaca buku kesukaan anak bisa jadi kegiatan yang menarik di saat Bulan Puasa Ramadhan ini loh. Selamat membaca!

16 comments :

  1. Kalau sekarang anak-anak saya udah memilih sendiri bku yang mereka suka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama, Za juga, tapi tetep kita kasih masukan :)

      Delete
  2. saya belum punya anak mbak.. tapi kadang senang beli buku buat ponakan.. dan sebagian yg mbak sampaikan saya lakukan juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ponakannya pasti senang punya aunty yg baik hati :)

      Delete
  3. Setuju mba, jav kan lg lat puasa, kegiatan yg seru dan ga bikin cape salah satunya ya baca buku

    ReplyDelete
  4. Iya, harus tau dulu anaknya lebih senang dengan hal apa. Jadi saat membelikan buku bisa sesuai dengan minatnya ya Mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba buat merangsang minat bacanya

      Delete
  5. anakku juga lagi seneng-senengnya baca, tapi masih milih yang banyak gambarnya kayak komik, belum mau kalau disodorin buku yang sudah mulai banyak tulisannya

    ReplyDelete
  6. udah gedean ..anak2 biasanya milih sendiri bukus kesukaannya ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, Za juga udah bisa milih sendiri mau buku apa

      Delete
  7. Yang disukai anak tentu yang banyak gambarnya, klw yang tulisan doang, malahan di lempar bukunya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya tulisannya dilewatin dan liat gambarnya aja :)

      Delete
  8. Jd inget pas kecil dulu aku slalu seneng liat buku.. trs prnh ga bisa berhenti ngeliat2 buku dlm bhs inggris yg gambarnya baguuus bgt. Buku anak2 juga.. ttg jane, peter dan anjingnya. Sampe msh inget gini aku saking terkesannya :D. Walopun ga ngerti dulu apa isinya, tp jd kepengin bgt utk tau dan selalu mnta diajarin papa utk baca jadinya..

    ReplyDelete
  9. Sama pilih bahannya jg mba...untuk anak umur 1-2 tahun, buku bantal bisa jadi pilihan krn ga mudah robek dan bisa dicuci. anak-anak usia itu kan msh suka memasukkan barang ke mulut jd aman.
    Selamat berkarya & sukses selalu dimanapun kita berada :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...