Wednesday, June 22, 2016

Tips Membuat Perencanaan untuk Si Kecil



Setiap orangtua memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap masa depan anaknya. Beberapa penelitian bahkan menyebutkan, orangtua juga bisa memberi dampak yang signifikan pada pilihan karir anak nanti. Apakah sahabat Za dan Ra, sebagai ibu, sudah siap untuk membimbing anak menuju masa depannya?

Membuat rencana untuk Si Kecil memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, kita sebagai orangtua tentu ingin memiliki One Step Ahead Kids, anak yang berbakat dan bisa sukses di masa depannya. Anak-anak dari segala usia juga membutuhkan orangtuanya untuk dapat terlibat dengan tujuan hidup dan perwujudan cita-cita mereka.

Nah, berikut ini ada beberapa kondisi berpengaruh dan juga cara yang bisa membantu kita untuk merencanakan masa depan anak agar ia bisa menjadi one step ahead kids. Silahkan di simak baik-baik yaa. 
 

Peran orangtua

Beberapa peneliti menyebutkan, orangtua adalah pelatih masa depan anak. Bagaimanapun juga, anak mendapatkan pemahaman tentang segala sesuatu di dunia ini, tidak lain tidak bukan, dari orangtuanya. Kita bertugas membantu anak kita untuk menemukan jalan yang tepat untuknya. Kemudian, kita juga harus bisa mengajarkan konsep diri, nilai dan kepercayaan, tingkah laku, keterampilan, serta persepsi tentang dunia dewasa pada anak.

Karir orangtua

Anak-anak adalah pengamat yang baik. Ia memperhatikan orangtunya dan ia jadikan kita sebagai role model. Sebagai panutan, kita perlu mengembangkan karir kita dengan baik. Selain itu langkah ini juga berguna sebagai persiapan untuk mendukung masa depan anak. Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa orangtua yang bahagia dengan pilihan pekerjaannya, apapun itu, akan memiliki anak yang bahagia pula.

Keterkaitan yang baik

Jika kita memiliki ikatan yang baik dengan anak, maka ia dapat tumbuh menjadi anak yang baik. Komunikasi sangat dibutuhkan dalam hal ini dan kuncinya adalah keseimbangan. Gaya parenting yang disarankan adalah otoritatif. Orangtua yang berwibawa memiliki harapan yang tinggi, tapi sama tingginya dengan respon terhadap kebutuhan anak. Keadaan yang hangat, terbuka, namun menetapkan standar yang jelas akan membuat anak lebih aktif untuk belajar, bereksplorasi baik itu sukses maupun gagal.

Anak-anak dengan kebutuhan khusus

Setiap anak memiliki keunikan berbeda sebagaimana apa yang telah dikaruniai Tuhan. Anak kita yang berkebutuhan khusus memiliki kebutuhan yang spesial. Kita bisa mendukungnya dengan memilih pelayanan yang terbaik untuk pendidikan dan masa depannya. Butuh kerjasama dan strategi antara guru dan orangtua. Beberapa kasus bahkan membuktikan bahwa akan selalu ada kelebihan dibalik kekurangan seseorang. 

Anak-anak berbakat

Anak yang berbakat juga memberikan tantangan dalam perencanaan masa depannya. Orangtua adalah juru utama dalam perencanaan pendidikan dan karir. Untuk menggali, mengembangkan dan menciptakan anak berbakat, sahabat Za dan Ra bisa cari tahu lebih banyak informasinya di sini (http://www.nutriclub.co.id/kategori/balita/aktivitas-edukasi/ketahui-bakat-terpendam-balita?p=1)


9 comments :

  1. Orang tua adalah architeck masa depan anak ketika masih kecil ya Mbak.

    ReplyDelete
  2. Iya, anak berbakat adalah tantangan tersendiri bagi ortu tuk membentuk dan memfasilitasi. Makasih infonya

    ReplyDelete
  3. bermanfaat sekali tips permulaan atau perencanaannya

    ReplyDelete
  4. Wah, ilmu ini jadi bekal yang bagus untuk parenting nanti di masa depan :)

    ReplyDelete
  5. Komunikasi antara anak dengan orangtua merupakan faktor penunjang untuk masa depan anak ya, mba. Kalau anak lebih terbuka, kita jadi tahu ttg anak.

    ReplyDelete
  6. Peranan orang tua memang sangat penting sekali mba... Yang penting sih komunikasi yang baik harus selalu terjalin antara orang tua dengan si anak

    ReplyDelete
  7. betul mbak Kania, apalagi ikatan aksih sayang erat sekali, niscaya mentalnya akan kuat

    ReplyDelete
  8. orangtua yg harus arahin dan tau bagaimana anaknya ya ..

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...