Thursday, May 26, 2016

Program “Your Baby Can Read” Membuat Belajar Jadi Menyenangkan



your baby can read

Sembilan tahun ke belakang..

“Diajak ngobrol dooong…” Kata ibu dan kakak saya yang melihat saya bengong melihat bayi merah Za. Sebagai ibu baru, saya masih bingung dan ‘kagok’ apa yang seharusnya dilakukan. Waktu itu, suami sudah membeli beberapa buku anak. Entah, mungkin saking senengnya akan memiliki anak lelaki, bayi merah Za pun sudah punya buku bacaan yang dibelikan ayahnya. 

Daripada bingung mau ngomong apa, akhirnya saya bacakan saja buku-buku itu pada si bayi. Setelah mandi pagi dan minum susu, kalau saya tidak pergi, saya bacakan dia beberapa buku sampai saya dan bayi Za lelah. Awalnya sih merasa seperti orang gila. Baca buku sendiri, merespon sendiri, ngomong sendiri. 

Eh, tapi lama-lama saya menyadari bayi Za merespon saya dengan bahasa bayinya seperti, “ah..eh..oh..” dan semacamnya. Ya ampuun, setelah menyadari hal itu, saya seneng banget dan semakin semangat membacakannya buku. Hal itu juga mendorong saya lebih kreatif untuk mengajaknya ngobrol.

Kini…

Za sudah 9 tahun sekarang dan paling suka baca komik. Gapapa lah, saya pikir baca komik juga bermanfaat asal kontennya sesuai. Ini akan menjadi awal kecintaannya membaca buku, mudah-mudahan. Za sekarang punya beberapa komik seperti serial Dooly dan Ding Dong, sampai komik warisan orangtuanya seperti Donal bebek dan Paman Gober.

Early Language Workshop di Reading Is Fun

Dibandingkan pada Za, saya merasa kurang maksimal mengajarkan membaca dini pada Ra. Orangtua sekarang sungguh beruntung karena program membaca “Your Baby Can Read” sudah ada di Indonesia sejak tahun lalu untuk membantu para orangtua menumbuhkan minat baca anak sejak dini.

your baby can read

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang metode tersebut, saya mengikuti Early Language Workshop yang diadakan oleh Reading is Fun Jakarta pada Hari Selasa, 24 Mei lalu. Bertempat di Rumah Kerinci, Jln Kerinci III nomor 9, workshop dimulai sekitar pukul 10 pagi dengan narasumber adalah beberapa pembicara dari Reading Is Fun.

Saya datang jam 10 kurang bersama Ra, putri kecil saya. Dari rumah, saya sudah wanti-wanti sama Ra agar dia happy dan bisa main sendiri dulu saat saya mendengarkan materi workshop. Tapi tentu saja tidak semudah itu. Ra merajuk, ingin ini dan itu. 

Sungguh beruntung, di belakang area workshop ada tempat main yang asyik, dialasi karpet yang empuk dan nyaman untuk anak, dan banyak buku menarik. Dengan beberapa kali bujuk oleh pengajar di Reading  Is Fun, Ra sudah mau bergabung dengan teman-teman lain untuk bermain dan membaca di area main bersama pengajar dari Reading Is Fun. Bukan hanya itu, di area main juga ada kostum karakter yang bisa dicoba Ra dan teman-temannya.

your baby can read
Ra punya temen baru di sini ^^ (Foto milik Mira Utami)

Membaca Itu Menyenangkan Dengan Program “Your Baby Can Read”

Program membaca “Your Baby Can Read” ditemukan oleh Dr. Titzer, seorang professor dan peneliti dari Amerika. Beliau sudah mempraktekkan program tersebut pada anak-anak beliau sendiri. Program “Your Baby Can Read” kini sudah digunakan oleh jutaan orangtua di dunia selama beberapa decade. Program ini sudah diterjemahkan ke dalam beberapa bahasa dan sudah dirasakan keefektifanya untuk membuat belajar jadi menyenangkan untuk anak usia 3 bulan sampai 7 tahun.

Para peneliti di Harvard University mengatakan bahwa usia 0 sampai 5 tahun merupakan usia terbaik untuk mempelajari bahasa. Otak bayi mengalami perkembangan pesat pada masa ini. Ribuan sinaps yang membentuk jaringan otak terbentuk setiap detiknya pada usia bayi dan batita. 75% berat otak anak terbentuk pada usia 2 tahun dan 90% perkembangan otak anak terjadi pada usia 5 tahun.

your baby can read

Pada masa tersebut, nutrisi dan stimulasi penting diberikan pada anak agar tumbuh kembang mereka maksimal. Nutrisi yang baik akan membantu perkembangan otak anak, terutama di masa awal. Kebiasaan pola makan yang baik juga harus senantiasa dicontohkan oleh orang-orang di sekeliling anak, khususnya orangtua. Sedangkan stimulasi untuk memperkenalkan bahasa bisa dilakukan dengan cara berbicara pada bayi sebanyak mungkin, gambarkan semua perasaan bayi dengan kata-kata, gunakan kata yang sederhana, dan gunakan kata baru setiap minggunya.

Ibu Lili dari Reading Is Fun menceritakan pengalamannya saat mengajarkan membaca pada 3 buah hatinya (Laura, William, dan James) dengan program “Your Baby Can Read”. Semua anaknya mulai belajar membaca di usia 3 bulan dan bisa membaca di usia batita, contohnya Laura yang bisa membaca di usia 9 bulan! Mereka bisa membaca di mana saja dan apa saja, tidak terbatas tulisan yang ada di buku.

Saat anak bisa membaca, bukan berarti pekerjaan orangtua selesai. Menurut Ibu Lili, justru itu adalah awal pekerjaan orangtua. Karena ketika anak sudah bisa membaca, rasa ingin tahunya akan semakin besar.

Rasanya tidak percaya mendengar cerita Bu Lili dan melihat berbagai video batita yang sudah pintar membaca. Tapi begitulah kenyataannya. Kalau orangtuanya konsisten mengajarkan anak membaca sedari dini, maka hasilnya pun berbuah manis. Begini cara Ibu Lili mengajarkan membaca pada anaknya.


Ciri khas dari program “Your Baby Can Read “ ini adalah:
  1. It’s multisensory. Program ini menstimulasi anak dalam hal pendengaran, penglihatan, kognitif, dan sebagainya. Misalnya, saat orangtua membacakan kata clap dan membuat gerakan clapping, anak akan melihat dan mengingat huruf tersebut lalu menriukan kata clap dan gerakan clapping.
  2. It’s interactive. Program ini mendorong interaksi antara orangtua dengan anak sehingga menciptakan kedekatan dengan anak.
  3. Highlight keywords. Orangtua dan anak akan bekerjasama mempelajari kata sesuai tahapan yang sudah terpetakan dalam program “Your Baby Can read”.
  4. Includes over 10000 spoken words. Program ini terdiri dari ribuan kata yang bisa dipelajari orangtua dan anak.
  5. Availabe in many languages. Program ini tersedia dalam banyak bahasa (dalam Bahasa Indonesia juga sedang disiapkan).
  6. Can be used when parents are busy. Program ini bisa dipakai oleh orangtua yang sibuk karena programnya sudah terstruktur, pengasuh tinggal mengikui berbagai tahapan dalam program “Your Baby Can Read”.
  7. Use a scientific approach to help baby and toddlers learn languages. Dr. Robert Titzer PhD telah melalukan penelitian yang secara ilmiah teruji dapat memberikan dampak positif pada kemampuan anak berbahasa.
Program “Your Baby Can Read” membantu anak mengasah bahasa lisan dan tulisan. Program ini bisa digunakan untuk bayi dan anak-anak usia 3 bulan sampai 5 tahun. Materi belajar "Your Baby Can Read" tersedia dalam bentuk buku disertai CD dan kartu-kartu. Program lainnya yaitu “Your Child Can Discover” mengenalkan anak pada bentuk, angka, warna, logika, preposisi, dan musik. Program ini bisa digunakan untuk anak usia 1 tahun sampai 7 tahun. Mater bwlajar "Your Child Can Discover" tersedia dalam bentuk buku dan CD.

your baby can read


Program “Your Baby Can Read” dan “Your Child Can Discover” menawarkan banyak keuntungan, yaitu:
  • Stimulasi otak anak
  • Pengalaman baru buat anak dalam belajar bahasa
  • Mengaktifkan kemampuan membaca anak sejak dini
  • Anak lebih percaya diri
  • Meningkatkan kemampuan belajar anak
  • Meningkatkan kemampuan komunikasi anak
  • Memelihara kebiasaan membaca dan belajar sejak dini

Di Reading Is Fun, tersedia kelas-kelas untuk anak yang ingin belajar membaca dengan program “Your Baby Can Read”. Dengan mendaftar menjadi member, anak mendapatkan satu set buku “Your Baby Can Read” dan bisa mengikuti kelas di Reading Is Fun. Selain itu, di Reading Is Fun juga anak bisa meminjam berbagai buku menarik dan bertemu teman-teman untuk belajar dan bermain . Bahkan untuk orangtuanya yang sibuk, pengasuh anak bisa belajar program “Your Baby Can Read” di sini.  
your baby can read
Salah satu sudut Reading Is Fun

Kalau tidak memungkinkan menjadi member dan hanya bisa datang sesekali, kita cukup membayar 20 ribu untuk masuk ke Reading Is Fun dan menikmati berbagai buku menarik di sana. Saat saya datang ke Reading Is Fun, ada sekelompok anak Kelompok Bermain (KB) yang sedang berkunjung. Dipandu guru mereka dan pengajar Reading Is Fun, anak-anak tersebut diajak menyanyi dan bercerita.  Jadi, di Reading Is Fun belajar bahasa dilakukan dengan cara menyenangkan melalui bermain peran, penyampaian cerita, membaca nyaring dengan irama tertentu.

Kunci sukses belajar dengan program “Your Baby Can Read” dan “Your Child Can Discover” adalah selalu ajak bicara dengan anak karena orangtua adalah guru pertama anak. Buatlah belajar menjadi hal yang menarik dan memorable. Dan, buatlah rutinitas dengan program “Your Baby Can Read” atau “Your Baby Can Discover” untuk membangun kebiasaan belajar yang baik sejak dini.

your baby can read
Banyak buku menarik di Reading Is Fun
your baby can read
Kalau perpustakaannya seperti ini, siapa yang tak akan betah.

Ingin belajar dan membaca dengan menyenangkan dengan program “Your Baby Can Read” atau “Your Child Can Discover”? Ajak anak-anak ke Reading Is Fun Jakarta, yuk! Anak akan betah belajar di sana dan susah diajak pulang seperti Ra. Atau, ayah bunda bisa memperoleh paket program tersebut untuk dipelajari di rumah. Silahkan hubungi Reading Is Fun untuk informasi yang lebih lengkap.

Reading Is FunPlayLearn, Nursery, Reading Class, and Book Club
Jln Kerinci III No. 9, Kebayoran Baru Jakarta Selatan
Telp: (021) 7221584
Instagram: @babycanlearn, @bayisenangbelajar, @readingisfun_jakarta

Oh ya, hampir saja lupa. Saya juga ingin memberitahukan kalau "Your Baby Can Read" dan "Your Child Can Discover" akan mengadakan product launching pada:

Hari/Tanggal: Sabtu, 4 Juni 2016
Waktu: 10.30 - 12.30 WIB
Tempat: Stage Kids Carnival, Atrium XXI, Gandaria City

Datang yaaaaa, karena akan ada produk GRATIS untuk mereka yang beruntung. Yaitu, buku "Your Baby Can Read" senilai hampir 2 juta, "Your Child Can Discover" senilai 1,5 juta, 6 mini sliding books senilai hampir 500 ribu, dan 164 kartu untuk anak belajar membaca!

29 comments :

  1. wahh bagus sekali ulasannya dan menarik, memang bila konsisten dan pratek langsung hasilnya akan baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba ortunya juga harus konsisten ya, perjuangan nih!

      Delete
    2. Iya mba ortunya juga harus konsisten ya, perjuangan nih!

      Delete
  2. kalau saya membuat belajar anak selalu dihalaman belakang rumah yang sudah dibuat khusus untuk sarana belajar anak. karena kalau di dalam rumah, anak akan menjadi malas, kalau di luar ruangan apalagi ada tempat khusus dihiasi oleh kolam ikan, tentu semangat belajar anak semakin tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asik banget itu, sayang saya ga punya kolam ikan

      Delete
  3. Wah, ini memudahkan orangtua ya. Kalau tempat belajarnya menyenangkan seperti itu pastilah anak-anak akan betah.
    Btw, bukunya mahal juga ya. Tapi, kalau buat anak mah dibela-belain aja.

    ReplyDelete
  4. aku liat instagramnya keren ya bayi dah bisa baca kata

    ReplyDelete
  5. cakep programnya ya mbk, your baby can read. ini langsung pakek buku ya mbk, nggak oakek kayak flash card gitu yak

    ReplyDelete
  6. Program yang seperti ini seharusnya terus dikembangkan ya mba. Luar biasa banget ngajarin baby mulai membaca usia dini, terhitung susah susah gampang loh yaa... Wah deket juga nih lokasinya dari rumah. Datang nggak ya? Pas masuk kerja hihihi

    ReplyDelete
  7. saya juga mba suka mmebacakan buku meski ama bayi, dia suka liat gambar dan warna, tangannya mneunjuk2

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, apalagi bayi itu suka sekali melihat berbagai warna yang menarik

      Delete
  8. Ortu nya juga harus semangat dan konsisten nih. Semangatku masih suka on-off nih, jadi semangat lagi setelah baca ini. Itu rak buku di foto terakhir keren abis ya, jadi penasaran beli nya di mana. Hehehe.

    ReplyDelete
  9. walau udah enggak punya baby, tetap aja jadi ngiler gara-gara baca ulasan Mak Kania. Perpustakaannya bener-bener mengundang ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak, bisa datang kesana untuk baca-baca..

      Delete
  10. Aku juga tertarik dengan Buku Read ini. Keren sekali ya anak2 IBU Lily sudah bisa baca umur 9 bulan.

    ReplyDelete
  11. Keren ya ini, anakku suka banget dengan buku. Bisa banget jadi referensi..
    Dan tempatnya itu loh, uang masuknya terjangkau tapi banyak bangeat buku-bukunya... *mupeng

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya 20 rb itu hanya utk baca2 kalau mau beli bukunya sih cukup bnyk uanv yg hrs dikeluarkan tp emang bagua programnya klo dijalankan secara konsisten

      Delete
  12. wah aku baru tahu ya, aku kadang tercengang semakin kemari ada saja yang baru dalam hal pengasuhan bayi dan peralatannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak orangtua sekrg sungguh beruntung y

      Delete
  13. Emang penting tuh aplikasi khusus buat anak, apalagi zaman sekarang aplikasi mobile udah diterapin dimana2

    ReplyDelete
  14. kalau belajar sudah menyenangkan, biasanya anak-anak akan mudah menangkap pelajarannya :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...