Saturday, April 2, 2016

Olahraga Yang Bisa Dilakukan Dengan Anak

 olahraga dengan anak

"Ayo bu, kita ikut yoga, gratis loh"
"Aduh iya bu, saya ingin sekali, tapi anak-anak saya gak ada yang jaga nih.."

Itulah sepenggal percakapan saya saat bertemu dengan seorang tetangga di satu pagi yang segar di Hari Minggu. Di komplek saya memang ada fasilitas olahraga untuk warga komplek. Salah satu kegiatannya adalah yoga di hari Minggu pagi, gratisss.

Sebagai ibu rumah tangga tanpa asisten,  meninggalkan anak selalu jadi masalah buat saya. Bagaimanapun, saya ingin beraktifitas buat diri sendiri barang 1 atau 2 jam tanpa diikuti oleh anak. Agar saat saya kembali menghadapi anak dalam keadaan segar, lahir maupun batin.

Tapi..ninggalin anak sama siapaaa? Pernah, saya pergi ngaji saat Ra lagi sekolah. Eh, gak nyangka Ra pulang lebih cepat. Saat saya pulang, Ra tengah menangis di depan rumah, didampingi seorang tetangga. Beruntung sekali saya punya tetangga yang perhatian dan baik hati. Mungkin saat mendengar ada anak kecil memanggil-manggil ibunya, dia menghampiri dan menghibur. 

olahraga dengan anak
Za lagi main bulutangkis sama saya, foto diambil sama Ra.

Ya, untuk saat ini mungkin saya harus begini, memilah aktifitas yang bisa dilakukan dan tidak bersama anak, termasuk berolahraga. Sebenarnya saya tidak termasuk orang yang berolahraga secara rutin. Menggerakkan badan untuk mengerjakan pekerjaan rumah tangga sih sudah pasti. Tapi meluangkan waktu khusus untuk berolahraga, hanya kadang-kadang saja dilakukan, itu pun tetap diikuti oleh Za dan Ra.

Olahraga yang biasa saya lakukan dengan anak adalah bulutangkis. Za, umur 9 tahun kurang, sudah bisa menangkis kok yang saya lemparkan sesekali. Kalau rutin dilakukan, Za akan semakin mahir, kinestetiknya akan terlatih untuk melempar dan menangkis kok dengan tepat dan seimbang. Olahraga juga lumayan menyalurkan energi Za yang berlebih. Dia juga jadi lebih sehat dan bugar.

Kadang-kadang Za juga bermain inline skate di lapangan dekat rumah. Karena cuma punya satu inline skate dan saya juga tak mahir main inline skate, saya biasanya cuma jadi penonton. Atau, sambil mengawasi Za main inline skate, saya duduk-duduk di rumput sambil beristirahat sama Ra. Oh ya, Za pernah ikut kelas inline skate di Dunia Inline Skate, Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah. Di sana ada penyewaan inline skate dan area bermain inline skate, jadi ortu bisa tuh ikutan olahraga inline skate menemani anaknya. Kalau belum mahir, bisa pakai pelatih dari sana.

olahraga dengan anak
Za lagi main inline skate di lapangan dekat rumah

Bersepeda bareng juga bisa dilakukan ketika olahraga sama anak. Sayang, saya bersepeda aja tak bisa. Jadi, lagi-lagi cuma menonton aja kalau Za sedang bersepeda. Kalau jalan-jalan di sekitar komplek cukup sering saya lakukan sama Za dan Ra, sekalian beli sayur atau belanja di minimarket. Kan lumayan tuh, membakar kalori hehe. Yang belum saya wujudkan adalah lari bareng Za sama Ra pagi-pagi. Habis, kalau libur sekolah biasanya suasananya kok males banget ya, kadang Za dan Ra pun bangunnya agak siang kalau libur. Kalau matahari sudah muncul, rasanya sudah gak asik untuk olahraga.

Bagaimana dengan sahabat? Olahraga apa yang biasa dilakukan dengan anak?

19 comments :

  1. olahraganya seruuuu mbk nia. si kecil aja kayaknya nikmatin bgd ya mbk. kalaunaku sm si ken paling olahraga lari aja mbk, sm senam2 gk jls gitu. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kayak Ra, senam gak jelas gitu :D

      Delete
  2. Seruh tuh mbak bisa main sama anak, sehat juga :)

    ReplyDelete
  3. Kayaknya asyik bersepeda bareng anak. Belajar aja, Mbak :D.
    Inline skate sepertinya menarik juga. Tapi belum pernah nyoba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya juga gabisa inline skate. sy udah nyoba belajar motor dan mobil, dua-duanya menyerah :(

      Delete
  4. Kalau istri saya olahraganya maraton tiap hari nganter dan jemput anak sekolah, lumayan 1/2 kilo jadi sehari bisa maraton 2 kilometer.

    ReplyDelete
  5. Asyik ya OR sama anak.
    anakku masih batita jadi ya muterin komplek aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu olahraga juga mba, jalan santai :)

      Delete
  6. walah...ga pernah mbak. anak-anak aja yang sepedaan sendiri. ibunya mah biasa aja nungguin rumah. paling banter jalan nyariin mereka karena udah sore belum pulang juga. haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya besaran dikit anak2 saya juga bakal main sendiri, kalo sekedar di depan rumha sih mereka berani :)

      Delete
  7. pasti seru bngt yaa, kehangatan makin tamnpak jik aanak-anak juga diajak bermain dengan orangtuanya

    ReplyDelete
  8. Enak deh kl anak udh besar bisa diajak olahraga. Paling enak kl olahraganya bersihin rumah sekalian bantuin emaknya #ehituolahragabukan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. qiqiqi, anak2 diminta bantu bersihin kamar mandi belum mau

      Delete
  9. kalaua ku dulu sih jalan pagi saat hari minggu, pulangnya sarapan bersama, Nah paling nikmat itu

    ReplyDelete
  10. family time penting banget nih, apalagi kalau bisa sampai kumpul semua

    ReplyDelete
  11. ibu2 olahraga yoga mah udah terlalu mainstream yaa bu :D

    ReplyDelete
  12. Enak banget ya sekali dayung 2, 3 pulau terlampaui.
    Olahraga sekalian main dengan anak.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...