Tuesday, April 19, 2016

Hipnosis Untuk Anak


hipnosis untuk anak

Mengikuti seminar atau workshop parenting kadang saya mendapat ilmu baru, kadang merasa disentil, atau bahkankadang merasa menjadi orangtua yang buruk. Berbagai teori itu menjejali otak saya, minta dipraktekkan satu-satu. Arrgh, kadang orang yang tak tahu teori segala macam dan mengandalkan naluri sebagai ibu, itu lebih baik.

Hari Sabtu kemarin, semua orangtua murid di sekolah Ra diundang untuk menghadiri acara parenting bertema “Pengaruh Pola Asuh Terhadap Emosi Anak”. Begitu kira-kira temanya. Sebagai pembicara adalah ibu Hayati Nufus dari sebuah lembaga consulting di Tangerang.

Walau dari rumah hati lagi gak karuan, saya tetap datang. Ah, emak baperan saya, apa-apa baper. Yaah, gimana lagi, saya harus menerima diri saya apa adanya dan tak henti mencari yang terbaik buat diri. Saya selalu yakin, kalau niat saya baik pasti aka nada kebaikan juga yang saya dapat. Bismillah, saya pun berniat mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari acara tersebut.

Acara yang semula dijadwalkan jam 8 pagi molor dan baru sekitar jam 9 dimulai karena banyak orangtua yang belum hadir. Setelah cukup banyak yang hadir, barulah acara dimulai.

hipnosis untuk anak
Bu Hayati Nufus

Menurut Bu Hayati, anak sudah bisa merasakan emosi sejak dalam kandungan, sejak kandungan ibu berusia 4 bulan dimana saat itu ruh ditiupkan ke dalam jasad. Tak heran, ibu hamil biasanya diminta untuk tak banyak tekanan/stress karena akan berpengaruh ke janin. ibu hamil juga harus banyak ngobrol dengan janinnya dengan perkataan yang positif agar pengaruh yang dirasakan bayi juga positif.

Banyak yang mempengaruhi emosi anak, diantaranya adalah lingkungan, makanan, pola asuh, dan lainnya. Contohnya, anak yang diasuh oleh orangtua yang diktator, di rumah mungkin ia akan menuruti semua perkataan orangtuanya karena ada rasa takut. Namun, di luar rumah bisa jadi sebaliknya, ia jadi anak yang membangkang sebagai pelampiasan apa yang didapatkannya di rumah.

Orangtua juga harus bekerjasama dalam mengasuh anak. Ibu dan ayah memang memiliki karakter berbeda, itu tak bisa dihindari. Namun yang perlu diingat adalah untuk kebaikan dan masa depan anak. 

Saya tidak ingat semua yang dipaparkan oleh Bu Hayati Nufus, namun ada satu hal menarik yang saya ingat diungkapkan oleh beliau. Menurut Bu Hayati, salah satu program yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk mengatasi masalah emosi anak adalah dengan melakukan hipnosis pada anak. Saya seperti de javu, pernah mendengar tentang hal ini namun tidak dipraktekkan dengan konsisten.

Hipnosis adalah teknik membuka pikiran bawah sadar lalu memasukkan sugesti sesuai keperluan.Tips menghipnosis anak dari Bu Hayati Nufus yaitu dengan melakukan hypnosleep, dengan mengusap kening anak sampai tulang ekor (jika anak tidur miring) atau dari kening sampai leher (jika anak tidur telentang), sekitar jam 1 malam dimana suasana tenang. Sambil mengusap anak, kita bisa membisikkan sugesti kita di telinga anak. Misalnya, “Mulai sekarang kamu lebih sayang sama adik ya”, “Mulai sekarang kamu jadi anak yang soleh ya”, dan sebagainya. Bisa juga dengan membisikkan ayat Alquran (saya lupa surat apa ya yang disarankan Bu Hayati Nufus). Lakukan secara konsisten sekitar 1-3 bulan.
hipnosis untuk anak
unilapar.blogspot.co.id

Selain teknik hypnosleep, ternyata ada beberapa teknik lain menghypnosis anak. Timothy Wibowo, seorang psychotherapist yang sudah menerbitkan beberapa buku dan mengisi banyak pelatihan psikologi, dalam blognya memberikan 5 jurus jitu menghipnosis anak, yaitu:
  1. Beritahu langsung. Orangtua menatap mata anak, pegang bahu dan kedua tangannya, katakana dengan tegas dan ulangi 3 kali. Misalnya, “Mulai besok dan seterusnya belajar adalah kegiatan yang menyenangkan”.
  2. Bioskop ajaib, yaitu cara memasukkan sugesti dengan cepat dan akurat. Dalam teknik ini, hindarilah kalimat negatif,ungkapkan keinginan orangtua secara langsung dan ceriitakan secara konsisten dengan penuh variasi. Misalnya, Nak, ibu/ayah  akan mengajak kamu nonton bioskop ajaib. Ini hanya bisa dilihat jika kamu memejamkan mata. Kemudian tokoh kesayanganmu akan muncul disana, coba tutup mata kamu. Coba dengarkan Pooh berbisik kepadamu, kamu anak yang rajin belajar. Aku senang bersahabat denganmu,…”, dan seterusnya.
  3. Dongeng, biasanya diberikan malam hari menjelang tidur saat tingkat kesadaran anak menurun alias pikiran bawah sadarnya terbuka. Ceritakan dongeng yang penuh muatan program positif. Dongeng bisa kita ciptakan sesuai kebutuhan anak. Pangku dan peluk anak saat membaca buku sehingga secara tak langsung anak akan mengaitkan buku dengan rasaa nyaman.
  4. Hypnosleep. Dalam teknik hypnosleep yang diberikan Timothy Wibowo tidak diberitahukan jam berapa orangtua harus melakukannya. Namun hanya disebutkan ketika anak sudah pulas, sekitar 6-7 tarikan nafas per menit. Goyangkan tubuh anak dengan memegang dagunya, goyangkan ke kiri dan ke kanan lalu ucapkan sugesti orangtua untuk anak. Ulangi beberapa kali sampai menembus level bawah sadar anak. Untuk setiap kasus yang disugestikan beri waktu sampai terjadi perubahan baru beralih ke kasus yang lain.
  5. Gosip positif, yaitu orang tua membicarakan kebaikan, prestasi, kemajuan anak, dengan suara yang agak keras sehingga anak tahu kalo dirinya sedang jadi bahan pembicaraan.
Saya lihat, inti dari hypnosis untuk anak adalah sugesti kata-kata yang positif dari orangtua khususnya. Makanya, kita orangtua perlu berhati-hati dengan ucapan kita. Jangan sampai kita memberi label yang buruk untuk anak. Ingat cerita Toto Chan, si gadis kecil yang suka berdiri di jendela? Segala tingkahnya tak jarang membuat orang dewasa kesal. Namun kepala sekolahnya selalu menyebutnya dengan sebutan “anak baik”. Itulah yang diingat Toto Chan sampai dewasa, bahwa ia adalah anak baik. 

Sumber referensi: http://www.timothywibowo.com/lima-jurus-jitu-menghypnosis-anak/

18 comments :

  1. Aku pernah lakukan ini ke anakku mbak...pas dia harus lepas diapers, and it's work

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaah mba Ika kereeen, aku lagi coba ke Za & Ra biar mereka ga berantem terus dan rukun

      Delete
  2. Noted. Terima kasih sudah sharing Mbak. Akan coba kupraktekkan utk anakku :)

    ReplyDelete
  3. Alhamdulilah nambah lagi pengetahuan di sini,
    tentang hipnosis .. utk anak.
    Bioskop Ajaib ... menarik !

    ah hipnosis sleep asyik nih dicoba, biar kita bobo lelap berkualitas. terimakasih sharingnya okeee banget :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mba pengetahuan baru jg buat saya

      Delete
  4. hipnosis agar penghutang cpt bayar ... hihi, gimana yah?

    masalahnya yang ngutangin malah suka gak enak buat nagih :)
    hihi pengalaman pribadi ..sszzzttt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo org dewasa gatau mba, suka agak susah ya hehe. Kalau anak kecil di bwh 7 thn katamya pikirannya msh bawah sadar jd msh bisa diarahkan biar ga jadi tukang hutang. Naudzubillah

      Delete
  5. Bioskop ajaib! suka dengan idenya. Kapan2 pengen coba bikin buat krucil2 ah..

    ReplyDelete
  6. saya pernah lakukan ini, tapi memang gak telaten. Kayaknya gak sampe 3 bulan saya melakukannya. UDah keburu lupa lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba saya juga masalahnya itu, kurang telaten. Tp mungkin yg penting sugesti positifnya terus dibisikkan kapanpun ya

      Delete
  7. Setuju mba, enak pake sugesti kata2 positif, ngajarin hal yg baru, dongeng juga sblm tdr malem, klo siang aku libur dongeng :D hypnosleep seperti doa dlm hati tapi dikeluarin yah mba suaranya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hypnosleep sugesti positif saat anak tidur biar masuk ke alam bawah sadarnya

      Delete
  8. Sugesti positif memang trigger yang ampuh ya bunda

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...