Wednesday, April 6, 2016

Kriteria Bisnis Franchise Sesuai PP No. 42 Th 2007



bisnis franchise


Bisnis waralaba merupakan bisnis bagi hasil yang dilakukan oleh pemberi waralaba dengan penerima waralaba. Bisnis franchise tidak jarang menjadi pilihan bagi para penerima waralaba untuk menjadi awal menjalankan sebuah bisnis sehingga dapat menjadi modal ketika hendak mendirikan bisnis sendiri. Bisnis waralaba diatur dalam PP No. 42 tahun 2007 yang diberlakukan mulai 23 Juli 2007 sehingga jika Anda hendak mencari bisnis waralaba yang sesuai dan pas, perhatikan kriteria berikut.

Pertama adalah bisnis waralaba hendaknya memiliki ciri khas tertentu. Suatu bisnis tidak akan bertahan lama jika bisnis tersebut tidak memiliki suatu konsep, sistem atau produk yang unik atau khas. Ciri khas tersebut hendaknya tidak mudah ditiru oleh kompetitor yang lainnya sehingga dapat menjadi pembeda antara bisnis tersebut dengan bisnis yang lain. Dengan ciri ini, konsumen juga akan lebih mudah untuk mengingat dan mengetahui usaha tersebut sehingga akan menggunakan atau membeli produk yang ditawarkan.

Kedua adalah telah terbukti mendapatkan keuntungan. Bisnis yang baik terutama bisnis waralaba haruslah sudah memiliki kestabilan keuangan dan mendapatkan keuntungan, sehingga ketika bisnis mengalami kerugian, tidak akan terlalu berpengaruh pada kestabilan usaha. Salah satu ciri yang dapat dilihat adalah bisnis tersebut memiliki usia minimal 5 tahun, sehingga bisnis tersebut telah memiliki pengalaman yang cukup untuk dapat mengatasi masalah yang berkaitan dengan jenis usaha yang dilakukan.


bisnis franchise
sumber
Ketiga adalah mempunyai standar pelayanan produk baik barang atau jasa yang ditawarkan dan dibuat secara tertulis. Maksudnya adalah dengan menggunakan standar yang tertulis, termasuk sistem dan SOP untuk menjalankan usaha tersebut, agar penerima bisnis franchise dapat memahami dan melaksanakan bisnis tersebut dengan baik dan jelas sesuai dengan sistem yang diberlakukan oleh pemberi waralaba.

Keempat adalah sistem tersebut mudah untuk diajarkan dan diterapkan. Setiap bisnis memiliki sistem dan konsep sendiri dan berbeda dengan yang lainnya. Jika sistem tersebut mudah untuk dipahami, maka penerima waralaba terutama yang belum pernah memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang usaha khususnya di bidang waralaba, dapat memahami dan kemudian menerapkannya dalam bisnis yang dibangun. Jika penerima waralaba dapat mengaplikasikannya dengan baik, keuntungan dan kemajuan bisnis pemberi waralaba juga akan menjadi semakin maju.

Kelima adalah terdapatnya dukungan yang berkesinambungan. Maksudnya adalah pemberi waralaba tidak hanya berhenti untuk memberikan bantuan modal seperti nama usaha dan sistem yang akan diterapkan, namun juga harus memberikan dukungan secara terus menerus. Dukungan tersebut diantaranya yaitu bimbingan operasional, adanya pelatihan dan promosi. Support team juga sangat diperlukan terutama di daerah tertentu untuk dapat menjaga komunikasi antara pemberi waralaba dengan penerima waralaba, sehingga jika terjadi masalah, dapat diselesaikan dengan baik dan tidak merugikan kedua belah pihak.

bisnis franchise
sumber

Kriteria keenam bisnis franchise sesuai dengan PP No.42 tahun 2007 yaitu HKI telah terdaftar. HKI adalah Hak Kekayaan Intelektual yang menyangkut mengenai hak cipta, hak paten serta rahasia dagang yang telah didaftarkan dan telah memiliki sertifikat atau sedang masa proses pendaftaran. Anda dapat mengecek apakah bisnis tersebut sudah terdaftar atau belum dengan cara memeriksa langsung ke website Ditjen HKI. Sebaiknya pikir terlebih dahulu jika merk belum terdaftar karena merk tersebut belum terlindungi dan akan berakibat buruk jika terjadi kerugian. Hal lain yang harus diperhatikan terkait HKI yaitu:

  • Memiliki merek dan pendaftaran yang sesuai. Misalnya, restoran untuk restoran.
  • Apakah pemegang dari merk tersebut sesuai dengan pihak pemberi waralaba.
  • Apakah juga memiliki HKI lain atau tidak sehingga bisnis lebih stabil.

13 comments :

  1. Harus stabil. Itu kuncinya ya mb klo franchise...
    Soalnya sekarang bsnysk yg kuliner gerobakan gitu tiba tiba hits, tiba tiba pula hilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, makanya saat saya ingin mencoba waralaba ga diijinin sama suami walaupun sangat murah

      Delete
  2. Iya bener kata Nita..banyak bisnis franchise yg tiba2 menfhilang krn bangkrut

    ReplyDelete
    Replies
    1. di sekitar rumah saya juga banyak mba bisnis franschise yg ga bertahan

      Delete
  3. aku kurang tertarik ama bisnis frences Mba, maunya bisnis sendiri aja, ya ala2 saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya pernaha jualan ini itu, tetep lebih suka nulis walo sekarang lagi turun nih semangatnya

      Delete
  4. salah satu kelebihan bisnis frenchise (kalo yang udh terkenal) kita ga perlu mengedukasi pasar lagi, misalnya aja kalo buka frenchise KFC, orang udah pada kenal soalnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya saya juga berfikir begitu, udah ada sistemnya ya

      Delete
  5. point ke5 penting tuh... Dukungan berkesinambungan dari si pemberi waralaba harus tetep ada ya.. Papa dulu sempet ambil franchise bakery gitu di Medan mbak.. Tapi si pemberi waralabanya ga selalu cooperative. Perjanjiannya roti distok dari mereka. Tapi saat persediaan roti tinggal sedikit, mereka lama provide stok yang baru. Akhirnya karena papa sendiri juga udh punya baker yg bisa bikin roti sendiri, ya udh kontrak diputus, kita jalan sendiri dengan memakai merk kita sendiri. Ganti nama toko pastinya. Untngnya ruko punya kita sendiri, jadi orang2 udh pada tau kalo di situ toko roti :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. keren mba Fanny ternyata udah memulai bisnis ya

      Delete
  6. Franchise ini bisa jadi salah satu alternatif bila ingin berbisnis tapi ingin langsung yang ada namanya. Meskipun begitu bukan berarti gak harus berusaha. Dari awal harus berhati-hati juga dalam memilih franchise

    ReplyDelete
  7. Pengen juga sih ya bisnis franchise, tapi semua ada plus minus nya, dan bisnis usaha sendiri pastinya lebih aman, hehee..

    ReplyDelete
  8. Bisnis yang baik tentu yang dijalankan dengan baik ya mbak. Ulasannya sangat menarik. Senang sekali dapat berkunjung ke laman web yang satu ini. Ayo kita upgrade ilmu internet marketing, SEO dan berbagai macam optimasi sosial media pelejit omset. Langsung saja kunjungi laman web kami ya. Ada kelas online nya juga lho. Terimakasih ^_^

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...