Thursday, March 3, 2016

Kiat Menentukan Pilihan Harga Helm Sepeda yang Cocok


Kiat Menentukan Pilihan Harga Helm Sepeda yang Cocok

Bersepeda adalah salah satu olahraga yang disukai semua orang, termasuk Za dan ayahnya. Saat bapak-bapak di komplek kami ‘demam’ bersepeda bareng, ayahnya Za bahkan sampai membeli sepeda baru beserta helm sepedanya. Za sendiri dulu lebih suka bersepeda di lapangan depan rumah karena lebih leluasa, tak ada mobil atau motor yang lalu lalang. Tapi akhir-akhir ini Za tak mau bersepeda karena merasa badannya semakin besar, sehingga sepedanya terlihat kecil untuknya. Dia malu dan ‘nagih’ sepeda baru yang lebih besar, beserta helm sepeda juga. Ouh, oke Za, nanti ya kalau ayah dan umi ada rejeki.

Bagi sahabat Za dan Ra yang selama ini sering memanfaatkan sepeda untuk berbagai aktivitas di luar rumah maka sebaiknya memakai helm sepeda dan memilih harga helm sepeda yang berkualitas. Helm menjadi atribut pelindung penting bagi mereka yang mengendarai kendaraan terbuka beroda dua. Sebut saja para pengendara motor atau pengayuh sepeda, baik sepeda biasa, sepeda gunung, atau jenis sepeda lainnya. Memilih helm sepeda sebaiknya lebih cermat untuk mendapatkan helm yang tidak hanya berkualitas namun memberikan perlindungan optimal.


Kiat Memilih Helm Sepeda yang Baik

Helm untuk pengendara sepeda tentunya akan memiliki kriteria tersendiri dibandingkan helm untuk pemilik kendaraan bermotor. Berikut kiat untuk memilih helm yang cocok bagi pengendara sepeda:


1.   Helm yang sudah bersertifikasi,
Sama seperti helm untuk pengendara motor, helm bagi pengayuh sepeda pun memiliki sertifikat uji keselamatan yang sebaiknya dipenuhi. Helm sepeda yang bisa diandalkan adalah yang sudah mengantongi sertifikat Snell, CE, ataupun CPSC. Sertifikat keamanan ini merupakan sertifikat skala internasional yang memberikan jaminan keselamatan bagi pengendara sepeda kayuh.

sumber

2.       Sesuai dengan kegiatan sepeda yang dilakukan,
Mengendarai sepeda yang membutuhkan helm ternyata memiliki beragam bentuk, sebut saja Mountain Bike atau sepeda gunung, atau Road Bike. Masing-masing kegiatan tersebut akan membutuhkan helm yang berbeda standard keamanannya. Bagi Anda yang gemar melakukan Road Bike maka sangat dianjurkan memilih helm yang memiliki desain atau bentuk aerodinamis. Sementara bagi yang lebih tertarik kepada kegiatan Mountain Bike disarankan memilih helm dengan teliti. Yakni helm yang memberikan perlindungan terhadap berbagai bentuk benturan selama berada di track pegunungan, tentunya harga helm sepeda tersebut akan saling berbeda.

3.       Memilih ukuran helm yang tepat,
Saat berbelanja kebutuhan helm sepeda berkualitas, pastikan mencobanya terlebih dahulu sebelum memutuskan membelinya. Ukuran helm sebaiknya sesuai dengan ukuran kepala, tidak terlalu kecil agar tidak membuat kepala pusing saat menggunakannya. Pun sebaliknya tidak boleh terlalu longgar sebab perlindungan yang diberikan menjadi terbatas. Lantaran dalam perjalanan helm yang longgar tersebut sewaktu-waktu bisa terlepas begitu saja. Akibatnya jika ada kesalahan selama mengendarai sepeda cedera kepada kepala menjadi resiko yang mengancam. Mencari ukuran yang tepat juga sebaiknya mengaitkan tali helm saat dicoba.

4.       Memiliki spons dan ventilasi baik,
Spons pada helm sepeda terletak di bagian dalam dan menjadi bagian penting yang memberikan perlindungan ke kepala. Pilih spons yang tidak mudah kempis atau berkerut saat sudah digunakan sebab akan mempengaruhi ukuran batok helm tersebut. Helm yang tadinya saat dicoba pas bisa menjadi longgar sehingga sudah tidak aman lagi digunakan. Selain memperhatikan spons Kita juga wajib memperhatikan ventilasi helm tersebut agar tidak membuat kepala mudah panas. Ventilasi harga helm sepeda yang baik juga memberikan kenyamanan selama mengenda.

Sebentar lagi akhir pekan, pasti banyak orang yang memanfaatkan akhir pekan dengan bersepeda bersama keluarga dan teman. Jangan lupa helmnya ya. Semoga 4 kiat memilih helm sepeda yang baik bermanfaat untuk sahabat!

17 comments :

  1. Helm yg pas di kepala itu point penting ya mb,...aku klo pake yg kegedean suka nutupin mata pas dibonceng hihi

    ReplyDelete
  2. Terima kasih tipsnya Mbak. Anakku masih pake sepeda roda tiga, rencananya mau ganti sepeda buat toddler, sepertinya perlu helm jg nih :)

    ReplyDelete
  3. aseg, dpet ilmu lg nih, bekal kalau si ken nnti sdh saatnya pakek ini. tengs ya mbak nia

    ReplyDelete
  4. jaman anakku kecil mah gak pakai helm2an ya, tapi untungnya jatuhnya sih gak sampai kepala, paling tanagn dan kaki saja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya mak, mungkin kalo jalanannya aspal baru perlu tuh

      Delete
  5. makasih infonya, baru tahu tentang point pertama.

    ReplyDelete
  6. Helm yang pas di kepala penting banget nih mak :)
    Biar nyaman pakainya, jadi nyaman juga deh bersepedanya..
    Nice info mak, terima kasih..

    ReplyDelete
  7. waduh PR aku nih mbak, anak-anak belum punya helm sepeda

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama mba, plus sepedanya juga za pengen ganti yg lebih besar

      Delete
  8. Harga dan kualitas jadi pertimbangan terpenting :D

    ReplyDelete
  9. Helmnya bagus tuh mbak, kebetulan saya lagi nyari helm sepeda gunung, harganya berapaan ya mbak ?

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...