Monday, March 7, 2016

Ecowash Laundry Ball Melindungi Kulit Sensitif Anak Saya

Ecowash laundry ball

Beberapa waktu lalu, Ra mengalami gatal-gatal dan kulitnya kemerahan di sebagian besar tubuhnya, di punggung, perut, leher dan dahi. Saya mengira Ra terkena biang keringat. Maka saya memberinya lotion pengurang gatal sehabis mandi. Tapi, gatal-gatal itu tak kunjung pergi selama berminggu-minggu walau sudah diberi lotion pengurang gatal. Ra selalu menggaruk-garuk bagian tubuh yang gatal itu, bikin saya gemas. Saat dilarang menggaruknya karena bikin lecet, Ra jadi nangis.

Saya melakukan berbagai cara untuk mengurangi rasa gatal di tubuh Ra. Saya mengganti bajunya yang basah karena keringat sesering mungkin. Saya membersihkan debu di kamar dan mengganti kain seprai setiap beberapa hari. Saya juga mengurangi penggunaan deterjen untuk mencuci pakaian sekeluarga.

Loh, apa hubungannya penggunaan deterjen dengan kulit sensitif anak? Ada. Deterjen sintesis yang biasa dipakai dalam rumah tangga bisa meninggalkan residu yang bisa menyebabkan masalah kulit, seperti kulit panas, gatal, perih, kering, alergi kulit, bahkan eksim dan kutu air.
ecowash laundry ball
Merah-merah seperti ini ada juga di punggung, leher dan perut

Beruntung sekarang ada bola pencuci (laundry ball) Ecowash yang aman untuk kesehatan kulit seluruh anggota keluarga saya. Komponen aktif dalam bola pencuci Ecowash merupakan derivate dari minyak bumi (bukan deterjen yang dipadatkan) yang diformulasikan agar tidak meninggalkan residu pada pakaian dan kulit. Ecowash terlah teruji aman untuk mencuci popok kain karena tidak meninggalkan residu yang dapat menyebabkan ruam popok dan kebocoran. Ecowash juga mengandung butiran keramik anti mikroba berkualitas tinggi yang mampu menghilangkan jamur, organisme pathogen, dan bau tak sedap. 

Pertama kali saya mengetahui tentang bola cuci adalah dari profile picture seorang teman di BBM (dulu saat BBM saya masih aktif). Saya Cuma berfikir, “Oh ada ya bola cuci seperti itu?” dan tak mencari tahu lebih banyak. Sekarang sudah kira-kira seminggu saya menggunakan bola pencuci Ecowash dan saya merasakan manfaatnya. Selain menjaga kulit anak tetap sehat, mencuci dengan bola pencuci Ecowash juga lebih hemat dan ramah lingkungan.

Sebagian besar deterjen yang ada di Indonesia menggunakan fosfat sebagai bahan buildernya karena bahan-bahan lain sebagai pengganti fosfat harganya lebih mahal dan kinerjanya kalah jauh dari fosfat.. Fosfat dalam deterjen berfungsi sebagai builder yang membantu daya pembersihan dan menghilangkan kesadahan air. Kesadahan air dapat menurunkan kinerja deterjen, untuk itu perlu dihilangkan agar kinerja deterjen menjadi optimal. 

Ecowash laundry ball

Fosfat juga merupakan bahan baku utama pupuk yang sangat baik untuk menyuburkan tanaman. Oleh karena itu, limbah deterjen yang langsung dibuang ke selokan merupakan penyebab utama proses eutrofikasi (pengkayaan unsur hara yang berlebihan. Tak heran pada sungai/danau sering ditandai oleh ledakan pertumbuhan alga dan eceng gondok yang secara tidak langsung dapat membahayakan biota air dan lingkungan. Bola pencuci Ecowash hanya berisi butiran keramik free fosfat tanpa tambahan pellet deterjen (butiran deterjen yang dipadatkan berbentuk bola-bola kecil berwarna putih) sehingga ramah lingkungan.

Cara Mencuci Dengan Laundry Ball Ecowash

Cara mencuci menggunakan bola pencuci Ecowash sangat mudah dan praktis. Tinggal masukkan saja bola pencuci Ecowash ke dalam mesin pembilas mesin cuci bersama pakaian, lalu bilas seperti biasa. Untuk hasil yang lebih baik, Ecowash dapat direndam dulu dengan pakaian selama kurang lebih 30 menit. Setelah dibilas, air bekas membilas bisa dibuang dan diganti dengan air yang baru untuk proses pembersihan. Laundry ball Ecowash boleh diangkat atau tetap dalam mesin.

Namun untuk pakaian yang bernoda, tetap harus dibersihkan dulu nodanya ya. Saya menggunakan Ecowash stick penghilang noda yang bisa menghilangkan berbagai noda seperti noda kecap, darah, tinta, keringat, kopi, teh, dan sebagainya. Kalau beli laundry ball di Ecowash akan dapat bonus stick penghilang noda.
Ecowash laundry ball

Saya menggunakan mesin cuci 2 tabung. Jika selama mencuci terdengar bunyi benturan antara bola dan dinding mesih, hal itu wajar dan aman. Biasanya terjadi saat cucian saya terlalu sedikit. Air juga harus lebih banyak dari cucian agar pakaian terbilas sempurna dan tidak bau amis. Beda halnya kalau mencuci dengan deterjen, bilasan yang kotor akan tersamar dengan harum deterjen.

Mencuci pakaian secara manual menggunakan tangan juga bisa kok pakai bola pencuci Ecowash. Caranya kurang lebih sama ketika mencuci dengan mesin cuci. Rendam dulu pakaian dan bola pencuci Ecowash selama kurang lebih 30 menit, bilas atau kucek pakaian seperti biasa, bersihkan dan jemur. 

Oh ya, bola pencuci Ecowash tidak meninggalkan residu pada serat kain sehingga kelembutan, elastisitas, dan warna kain terjaga. Hal itu membuat pakaian tetap nyaman dan awet. 

Cara Kerja Laundry Ball Ecowash

Satu buah bola pencuci Ecowash bisa dipakai secara efektif kurang lebih 1000 kali pemakaian tanpa menggunakan deterjen. Butiran keramik far-infrared ray dalam bola pencuci Ecowash akan memecah molekul air menjadi berukuran nanometer, meningkatkan pergerakan/penetrasi molekul, serta menghasilkan ion yang menurunkan tekanan permukaan kain dan menarik makromolekul padat yang menempel pada kain, sehingga secara perlahan kotoran/noda mudah lepas dari serat pakaian.

Ecowash laundry ball

Proses pelepasan makromolekul ini akan menyebabkan kadar pH dalam air meningkat dan mengaktifkan molekul air. Molekul air yang aktif dapat memudahkan serat kain mengendur, sehingga proses pemisahan kotoran dari pakaian lebih cepat. Butiran keramik alkali akan meningkatkan level pH air sehingga kotoran dan minyak mudah terangkat.

Adanya kombinasi kinerja oleh komponen di dalam bola pencuci Ecowash membuat saya tidak perlu menambahkan bleach, pelembut, dan additive lainnya kedalam cucian. Jika ditambahkan pelembut pun aman untuk mesin cuci karena laundry ball Ecowash tidak meninggalkan residu pada mesin cuci.

Ecowash mengurangi bahkan menggantikan penggunaan deterjen dan pelembut pakaian. Sebagai booster untuk menaikkan PH sehingga daya cuci Ecowash meningkat, saya tetap menambahkan deterjen saat mencuci pakaian. Namun takarannya hanya 1/5 dari takaran biasa. Hemat banget kaaaan.

Setelah dipakai, laundry ball disimpan di tempat yang kering dan berangin. Setelah 30 kali pemakaian atau kira-kira sebulan, laundry ball dijemur di bawah matahari selama 1-2 jam. Tidak perlu terlalu lama supaya tidak merusak cangkang.

Ecowash laundry ball

Itulah pengalaman saya menggunakan bola pencuci Ecowash. Mudah-mudahan gatal-gatal di tubuh Ra semakin berkurang karena laundry ball ini aman untuk kulit sensitif Ra. Jika sahabat ingin mencoba  Ecowash laundry ball, silahkan hubungi distributor dan retail resmi Ecowash agar terjamin keaslian produknya, mendapat fasilitas service after sales dan garansi setahun (selama nota dan box masih ada).

IG: @ecowashindonesia

Sumber referensi:

16 comments :

  1. Loh, aku baru tau nih teknologi ecowash. Ga ada busa juga jadinya ya mba? Awet lah jadinya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba ga ada busa, jadi aman untuk kulit..kalo busa deterjen kan suka ada aja yg tertinggal di kain

      Delete
  2. wah keren ya ecowash, pengen nyoba beli

    ReplyDelete
  3. Berarti ga perlu deterjen apa gimana mb?saya sudah tahu teknologi ini sejak lama.tp blm nyoba.salam kenal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga perlu mba. Kalo tetap mau pake jg bisa tp hanya 1/5 dr takaran yg biasa dipake

      Delete
  4. Saya masih takut gak bersih... secara punya anak kadang suka tembus meski pake pospak jadi meninggalkan noda najis... padahal pengen pakai juga sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nodanya tetap harus dicuci dulu mba pakai pembersih yg biasa kita pake.

      Delete
  5. Wah boleh dicoba nih mbak kania, langsung cek web aj ah...

    ReplyDelete
  6. Wah boleh dicoba nih mbak kania, langsung cek web aj ah...

    ReplyDelete
  7. hmm, sy baru tau ada teknologi ecowash begini
    kayaknya emg blum populer ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mungkin ya, soalnya kesannya kurang bersih karena ga berbusa

      Delete
  8. Wah baru tahu,,, makasih sharingnyaa mba kania...

    ReplyDelete
  9. mindsite kita semakin berbusa semakin bersih hahaha

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...