Friday, February 12, 2016

Benarkah Kue Pastel Berasal Dari Belanda?




asal usul kue pastelKemarin, saat pulang sekolah, Za tiba-tiba menghampiri saya sambil cemberut dan berkata, “Mi, kakak dikata-katain sama temen kakak…”

Setengah terkejut campur rasa ingin tahu, saya pun bertanya padanya, “Dikatain seperti apa?”
“Kakak kan lagi makan kue pastel saat snack time, trus temen kakak bilang kalau pastel itu dari Belanda. Terus kakak dikatain penjajah…” Za terlihat sedih.

Sambil menahan senyum, saya berkata, “Ya nggak mungkin lah kak. Kakak kan lahir tahun 2007, sedangkan Negara Indonesia merdeka tahun 1945. Jadi penjajah udah lama pergi dari Indonesia. Udah, gak usah dipikirin ya…” 

Za hanya diam mendengar jawaban saya. Mudah-mudahan sih Za mengerti kalau temannya itu hanya bercanda dan apa yang dikatakan temannya itu sangat tidak mungkin. Dan sepertinya Za memang mengerti, buktinya hari ini dia mau juga dibekali kue pastel lagi hehe.

Ya, seringkali saya membekali Za jajanan pasar seperti kue pastel ini, untuk bekal ke sekolah saat snack time. Selain murah, hanya 1000 rupiah per buah, juga praktis karena saya tinggal beli di tukang sayur langganan. Rasanya juga lumayan enak. Garing di luar, dan sedikit pedas isinya. Biasanya isi kue pastel yang saya beli berupa mi bihun dan wortel.

Benarkah Kue Pastel Berasal Dari Belanda?

Pastel adalah semacam pastry yang dibuat dengan meletakkan isian di dalamnya, lalu dilipat dan ditutup rapat. Pastel dapat terasa manis atau gurih tergantung dari isian. Pastel mudah dibawa seperti roti. Pastri manis umumnya berisi buah-buahan dan dibuat dari adonan pastry tipis. Pastri gurih umumnya berisi daging dan sayuran. Pastel bisa dipanggang maupun digoreng. 

asa usul kue pastel
kue pastel ini cuma 1000 rupiah per buah :)
Asal muasal kue ini konon berasal dari Mediterania, Timur Tengah sampai India. Diperkenalkan di Eropa Selatan saat penyerbuan Bangsa Moor ke Eropa pada masa Perang Salib. Kue ini kemudian mengalami modifikasi hingga menjadi kue khas Eropa Selatan dengan nama Empanada. Namanya berasal dari kata kerja empanar, yang berarti bungkus atau mantel dalam roti

Kolonialisme Portugis dan Spanyol lalu membawa kue pastel ke negara-negara jajahannya sehingga menjadikan kue ini begitu populer di Amerika Latin, Filipina, termasuk Indonesia. Empanada di Amerika Latin, Filipina, dan Indonesia memiliki variasi isian.

Adapula yang menganggap camilan ini diadaptasi dari wonton goreng Cina, yang kemudian dibawa imigran Jepang ke Brazil. Istilah Pastel adalah sebutan lokal masyarakat Brazil untuk kue ini. Di Brazil, pastel merupakan pastry tipis yang dibentuk persegi panjang seperti amplop dan digoreng. Isiannya berupa daging giling, mozzarella, bagian dalam batang kelapa, catupiry cream cheese, ayam, dan ebi.

Proses pembuatan empanada di Argentina (wikipedia)

Di Indonesia Timur yaitu Sulawesi Utara, menyebut pastel dengan kue Panada dan akhirnya panada menjadi kue khas daerah tersebut. Kue panada berisi ikan cakalang yang disuwir kecil-kecil dan dimasak dengan bawang merah, daun jeruk, kemangi, cabe merah, dan daun bawang.

Suka pastel juga? Jangan khawatir karena pastel kini menjadi kue tradisional yang sering dijumpai di Indonesia. Di pasar, dengan mudah kita menjumpai kue ini, biasanya dijajakan bersama gorengan lain seperti risoles, tahu, martabak mini, atau bakwan. Pastel enak disantap begitu saja atau dipadukan dengan cabai rawit, saus kacang, atau saus sambal.

Jadi, benarkah kue pastel berasal dari Belanda? Yang jelas, kue pastel ini pernah mampir di Eropa sana dan kini bisa ditemui di seluruh dunia,  serta dinikmati oleh semua orang. 


Sumber referensi:


22 comments :

  1. Ini salah satu makanan favorit aku juga mba yang rasanya gurih dan nikmat, hmmm yummy :G

    ReplyDelete
  2. hmmm, jadi mau pastel,, enak..enak..enak.. Jadi tahu nih sejarahnya Tfs ya mak..:)

    ReplyDelete
  3. Pastel indonesia yg enak itu versinya manado dan makassar, panada sama jalangkote the best lah pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo khas manado yg isi ikan cakalang sy belum pernah coba

      Delete
  4. Snack favorit aku nih, akhir-akhir ini lagi sering bikin pastel baik yang isinya abon ataupun sayur, enaakk...

    ReplyDelete
  5. kmren aku lihat di masterchef, lomba bikin ini dah, tp mereka bilgnya panada apa empanada gt, lufa, gagal fokus lihat masakannya, hehe

    ReplyDelete
  6. Di Balikpapan karena banyak suku Bugis pastel sering disebut Jalangkote. Dulu sy bingung bedanya di mana. Ternyata cuma beda di nama :D

    ReplyDelete
  7. sama aja ya Mak 1000perak per biji, tapi akhir-akhir ini di tempat saya naik lagi tuh. Emang bener,kalau ada apa-apa cari tahu jadi ilmu emak+anak bertambah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, Za jadi gak takut lagi bawa pastel

      Delete
  8. Darimanapun asalnya..kue ini dah jadi cemilan sejuta umat di indonesia ya mbak.. Divariasikan sesuai lidah dan budget masing2..

    ReplyDelete
  9. biarin, lah, mau darimana juga. Yang jelas pastel rasanya enak :D

    ReplyDelete
  10. ooh, baru tau ternyata kue panada itu nama lain dari kue pastel ya :)

    ReplyDelete
  11. Dan yg pasti kue pastel ini enaaak, apalagi klo isinya sayuran dan sedikit pedes.
    Makaish ya mbak sudah ikutan giveaway diblogku ^^

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...