Posts

Showing posts from 2016

Naik Kendaraan Umum Apa Ke Kota Kuningan?

Image
Jangan bosan ya sahabat kalo postingan di blog ini banyak bicarakan tentang Kota Kuningan. Karena memang kota kabupaten di Jawa Barat ini kota tempat saya lahir, tumbuh besar, dan bersekolah. Jadi banyak kenangan dan hal yang bisa dibagi dari kota itu.
Sekarang di Kota Kuningan mulai tambah banyak tempat wisatanya dan makin ramai dikunjungi. Salah satunya adalah Museum Linggajati. Tentu tahu dong sahabat tempat apa ini, karena tempat wisata bersejarah ini sering dibahas di pelajaran sejarah.

Berekreasi Dengan Pop-Art Magnets

Image
Libur telah tiba, libur telah tiba, hore..hore..hatiku gembira!
Syair lagu Tasya tentang libur itu pas banget deh dengan momen sekarang menjelang libur sekolah anak, natal, dan tahun baru. Dan pasti semua orang sedang sibuk sekarang mempersiapkan agenda liburan. Liburan tak harus pergi ke luar kota. Liburan bisa dilakukan di rumah dengan melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan. kemarin, saya melihat status seorang teman guru yang sedang mencari ide berbagai kegiatan menarik untuk anaknya di kala liburan.

Dukung Masa Depan Cerah Anak Indonesia Melalui Kampanye BrightFuture

Image
Setiap anak berhak atas masa depan yang cerah, tidak pandang bulu dari kalangan manapun. Karena kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh anak-anak negeri tersebut. Jika anak-anak terancam masa depannya, bagaimana jadinya bangsa tersebut akan melangsungkan kehidupannya? Dan kewajiban semua orang lah agar anak-anak di lingkungannya memiliki masa depan cerah.
Berkenaan dengan hal ini, pada hari Sabtu tanggal 17 Desember 2016 lalu saya menghadiri #TUMBloggersMeetUp yang diselenggarakan The Urban Mama, bekerjasama dengan Unilever dan Blibli.com. Event ini bertujuan untuk lebih memahami pentingnya membangun dunia yang baik demi masa depan generasi mendatang. Bertempat di D.Lab buiding, acara tersebut dihadiri oleh puluhan TUMbloggers yang menggunakan dresscode dengan nuansa putih dan biru.

Petualangan Mimpi Bersama Bee White

Image
Kemarin, hari Rabu tanggal 18 Desember 2016, kakak Za dan teman-teman dari sekolahnya di SDIT Auliya Bintaro mengadakan kegiatan di kampus UI dengan dipandu oleh Bee White Management. Bee White merupakan lembaga training yang menghadirkan program-program pengembangan diri anak, remaja, guru dan orang tua yang dikemas dengan konsep multimetode, multimedia dan multiaksi. Didirikan tahun 2009, lembaga ini menerapkan metode 4F dalam berbagai pelatihannya yaitu Fun, Friendly, Focus, Fresh.

Hati-hati Bullying di Sekitar Kita

Image
Suatu sore, Za pulang main dari lapangan dekat rumah sambil menangis keras. Di belakangnya, seorang sepupu dan teman Za bercerita dengan mata berkaca. Mereka bilang, mereka ditendang oleh sekelompok anak. Anak-anak tersebut ingin main bola dan meminjam bola milik sepupu Za. Namun sepupu Za menolak karena mereka hendak pulang, hari sudah mau gelap, sebentar lagi magrib. Mungkin mereka tidak terima dan berusaha merebut bola. Za dan sepupu serta seorang teman berusaha merebut bola mereka kembali. Mereka sepertinya masih tidak terima dan melakukan kontak fisik. Katanya, Za yang sudah terjatuh ditendang-tendang. Salah satu teman Za yang juga memakai kacamata, kacamatanya terlepas saat mereka berusaha melawan, untungya sih tidak pecah.

Sebuah Catatan

"Aku bilang, ia jahat!"

Begitu katamu suatu siang sambil terkekeh
Aku pun terperangah
Itu adalah kata-kata yang tak sopan diucapkan pada yang lebih tua
Tak ada yang bisa mengukur hati seseorang
Apakah ia sakit hati atau tidak

Aku marah dan menegurmu
Karena aku ingin kamu jadi anak yang santun
Nada suaramu menurun
Menyadarkanku akan suatu hal, tabayyun

Usaha Jual Baju Bayi Yang Menggiurkan

Image
Lahirnya seorang bayi menjadi kebahagiaan sendiri untuk orang tua. Bayi merupakan pelengkap suatu keluarga kecil yang dibangun sehingga kehadirannya selalu ditunggu-tunggu oleh pasangan suami istri. Bahkan sebelum bayi itu lahir, euphoria yang dirasakan calon orang tua sudah jauh-jauh hari dirasakan. Seperti menyiapkan kamar bayi, ranjang bayi,baju bayi, mainan, dan segala pernak-pernik lucu yang akan dikenakan oleh bayi tersebut.
Baju merupakan suatu barang yang harus benar-benar diperhatikan oleh orang tua ketika membelinya. Karena kulit bayi yang masih sangat sensitif sehingga tidak boleh memilih baju secara sembarangan. Oleh karena itu orang tua akan sangat selektif dalam membeli baju untuk bayi dan akan berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi bayinya. Melihat kebutuhan orangtua akan baju untuk bayi sebenarnya bisa menjadi peluang usaha yang menguntungkan.

Tips Membedong Bayi

Image
Mi, kakak pengen punya dede bayi mi. Ayo dong umi segera melahirkan.” “Mi, Aisa udah bisa cebok sendiri. Ayo, katanya kalau Aisa udah bisa cebok sendiri, umi mau melahirkan”.
Begitu celutuk Za dan Ra beberapa saat lalu. Mereka merindukan adik bayi, mungkin biar main di rumah makin ramai dan seru. Za maunya adik laki-laki dan Ra maunya adik perempuan. Za mau bertugas ngajak dede bayi main dan Ra nanti tugasnya nyuapi dede bayi.
Memang kalau lihat bayi lucu, hati ini rasanya tergerak untuk punya momongan lagi. Lihat foto-foto Za dan Ra semasa bayi juga sangat menggemaskan. Foto-foto mereka sebagian saya simpan di facebook dengan setting private. Foto Za dan Ra semasa bayi yang disimpan di handphone dan kamera sebagian tidak dapat diselamatkan karena kamera dan hapenya keburu rusak. Sebagian juga dicetak dan diberi pigura supaya bisa digantung di dinding sebagai hiasan rumah.

Ra Ikut lomba Drumband TK se-Tangsel

Image
"Mi, nanti umi semangatin Raisa ya.."
Beberapa kali Ra bilang seperti ini saat hendak beangkat. Saya pun mengiyakan. Terlihat semangat Ra mengikuti salah satu kegiatan dari sekolahnya ini. Ya, hari Kamis kemarin, Ra ikut lomba drumband TK se-Tangerang Selatan yang diadakan di Ancol. Ra dan teman-teman serta guru dan bunda POMG sudah bekerja keras berlatih selama beberapa bulan. Drumband memang salah satu kegiatan ekstrakurikuler di sekolah Ra, jadi meski tak ada lomba kegiatan ini tetap dilaksanakan di sekolah setiap seminggu sekali.

Tips Menyembuhkan pegal Untuk Wanita

Image
Wanita seringkali mengalami pegal-pegal karena berbagai aktivitas yang mereka kerjakan.Mereka memerlukan tips menyembuhkan pegal agar aktivitas mereka sehari-hari tidak terganggu walaupun tidak sepenuhnya rasa pegal yang dialami wanita adalah akibat dari aktivitas mereka.Msalnya rasa pegal pada wanita dapat timbul akibat dari melahirkan,proses menstruasi,menyusui,hamil dan masih banyak lagi sebagainya.

Gelang India Unik Dengan Aneka Warna

Image
Dari segi budaya, India juga mempunyai kebudayaan yang unik, khas dan menarik yang tak kalah dengan kebudayaan dari negara lain. Kebudayaan India penuh dengan sinkretisme dan pluralisme budaya. India mampu mempertahankan tradisi yang sudah ada sejak zaman dahulu dan menyebarluaskannya ke tempat-tempat lain di Asia. Kebudayaan tradisional India memiliki hirarki sosial yang relatif ketat. Sejak usia dini, anak-anak diajari tentang peran dan kedudukan mereka dalam masyarakat.
Tradisi ini diperkuat dengan kepercayaan kepada dewa-dewa dan roh yang dianggap berperan penting dan tak terpisahkan dari kehidupan mereka. Orang India sangat menghargai nilai-nilai kekeluargaan tradisional. Masalah-masalah yang timbul dalam keluarga sering diselesaikan secara patriarkisme. Di India, pernikahan dipandang sebagai ikatan seumur hidup, sehingga angka perceraian sangat rendah.

Kunjungan Kakak Za ke TMII

Image
Beberapa waktu lalu, saya sempat akan menghadiri sebuah workshop yang diadakan di Museum Tekstil. Wah, asik nih, saya bisa ajak duo Za dan Ra sekalian berkunjung ke museum, pikir saya. Saya selalu ingin mengenalkan mereka pada hal-hal yang baru agar mereka bisa belajar dari hal tersebut.  
Namun sayangnya, pas mendekat hari H badan saya terasa tak karuan karena hari-hari sebelumnya sudah melakukan perjalanan ke Jakarta sama Ra dan kehujanan. Jadi saya batal datang ke workshop. Saya sedikit kecewa karena harus menghabiskan waktu di rumah, tapi ya sudahlah mungkin memang harus istirahat.

Main-main Bersama Duo-K

Image
Bermain merupakan kebutuhan anak. Menurut Aase Erikse dalam bukunya yang berjudul Playground Design, Outdoor Environments for Learning and Development, mengatakan bahwa fungsi bermain adalah sebagai proses pembelajaran mengenai aturan tertentu, sarana pelepasan emosi dan cara anak memahami dunia dengan melakukan eksplorasi sebanyak-banyaknya. Tujuan bermain bagi anak adalah untuk mengeluarkan energi yang berlebihan, melatih dan menyempurnakan insting, persiapan bagi anak untuk kehidupan masa depannya, untuk memulihkan tenaga, dan penyegaran setelah kegiatan belajar secara formal.
Bermain bisa dilakukan di mana saja dan dengan media apa saja, tidak harus membeli mainan baru. Saya ingat suatu momen. Saya suka kesal kalau beli mainan langsung rusak oleh Za dan Ra. Kan beli mainan itu pakai uang. Rasanya kok seperti buang-buang uang saja. Nah, suatu hari Za dan Ra minta dibelikan balon. Saya buatkan balon dari kantong keresek warna-warni yang diisi udara. Dan ternyata mereka suka-suka aj…

Tips Menjual Ruko Dengan Cepat Dan Aman

Image
Sewaktu kecil, saya suka diajak amih (panggilan saya buat ibu) ke pasar untuk membeli bahan makanan dan barang lain yang akan dijual di warung amih. Sambil memandang ruko-ruko yang megah di pasar, saya suka berfikir, rasanya ingin sekali punyaruko semegah itu kelak ketika besar.
Setelah dewasa, saya menyadari bahwa membangun bisnis itu ternyata tidak mudah. Ada perjuangan berliku yang harsu dijalani. Di lingkungan saya banyak ruko dijual atau disewakan. Selama berbulan-bulan papan pengumuman penjualan atau penyewaan masih terpasang. Ruko dijual selama beberapa bulan tidak kunjung laku, adakah yang salah?
Penyebab sulitnya menjual ruko salah satunya disebabkan oleh terlalu besar mematok harga. Harga yang terlalu mahal memang bisa memberikan keuntungan berlipat, hanya saja sulit untuk dipasarkan. Sebaliknya, mematok harga terlalu rendah dari pasaran akan memberikan kerugian sendiri. Atau bila untung hanya sedikit saja.

Biaya Sekolah Dasar Islam di Bintaro

Image
Beberapa hari ini saya lagi pusiiiing bangetmemikirkan biaya masuk sekolah anak SD. Memang saya dan suami memutuskan untuk memasukkan anak ke sekolah swasta Islam dengan pertimbangan tertentu. Salah satunya ingin memberikan lingkungan yang baik dan pendidikan agama sejak dini kepada anak. Resikonya, sekolah swasta lebih mahal daripada sekolah negeri.
Berikut saya mencoba merangkum informasi yang daya dapat dan mungkin bermanfaat buat sahabat orangtua yang sedang mempertimbangkan sekolah buat anak. Menjelang akhir tahun ini, biasanya sekolah swasta membuka pendaftaran untuk tahun ajaran berikutnya.

Field Trip Ra Ke Kidzania

Image
Tanggal 20 Oktober yang lalu, Ra ikut field trip bersama teman-teman sekolahnya ke Kidzania. Syukutlah, Ra tak perlu saya temani. Gak wajib ditemani orangtua, kata bu guru, biar anaknya belajar mandiri. Kalau ditemani juga, sayanya bingung, kalau kakak Za pulang taka da orang di rumah. Seiring bertambahnya usia, skill bersosialisasinya, dan kenyamanan di lingkungan sekolah, Ra memang semakin mandiri di sekolah. Alhamdulillah.
Malam hari sebelum esoknya berangkat, saya sudah berikan sugesti sama Ra agar ia bangun pagi. Syukur sama Allah SWT dikasih kelancaran, Ra tidurnya cepat dan bisa bangun pagi. Ra bangun Subuh! Ah, rekor banget deh karena biasanya jam 5.30 an baru bisa bangun. Ra langsung mandi dan sarapan karena harus berkumpul dan naik bis jam 6.20. Emaknya? Tentu harus bangun lebih pagi agar sarapan siap saat anak-anak bangun.

Merawat Kulit Dari Luar dan Dalam

Image
Permasalahan kulit saya sejak remaja adalah kulit sensitive, berminyak dan berjerawat. Salah saya juga sih, saya suka mencoba produk ini dan itu yang belum tentu cocok di kulit sehingga memperparah jerawat saya. Maklum, anak muda yang sedang mencari jati diri dan mencoba ini itu dengan informasi yang tidak mencukupi. 
Ibu sempat membawa saya ke sebuah klinik kecantikan setiap beberapa bulan sekali. Biayanya? Lumayan mahal, sekitar kurang lebih 300 ribu sekali datang untuk obat-obatan dan cream yang harus dibeli. Mana saya datang dari luar kota lagi. Tapi orangtua saya tidak mengeluh tentang uang yang yang harus dikeluarkan dan jarak yang harus ditempuh. Mereka ingin yang terbaik untuk saya, putrinya. Malahan saya yang suka mengeluh, “Duuh, kok jerawatnya gak hilang-hilang yaaa. Kok jerawatnya makin banyak ya..”.

Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan Tubuh dan Kulit

Image
Aw..aw..”
Sudah dua hari ini Za berteriak-teriak terus kalau mulutnya tersentuh makanan. Za lagi sariawan cukup besar di bibir depannya. Tapi dia mau makan sedikit agar ada asupan nutrisi ke badannya. Saya juga meminta Za untuk tetap menggosok gigi di bagian yang tidak sakit agar bau mulut karena sariawan berkurang.
Banyak orang beranggapan kalau sariawan itu berarti kekurangan vitamin C. Saya pun awalnya beranggapan demikian. Namun menurut Ahli kesehatan mulut dari Lembaga Kedokteran Gigi (Ladokgi) TNI AL Jakarta Drg. Dyah Juniar Sp.PM, kekurangan vitamin C akan menyebabkan radang gusi atau gingivitis, bukannya sariawan. Menurut beliau, penyebab sariawan sangat beragam. Mulai dari tergigit ketika makan, luka ketika menyikat gigi, alergi terhadap suatu makanan (misalnya rujak, nanas, atau cabai), adanya infeksi oleh bakteri, tidak seimbangnya hormon, dan sebagainya. Kalau penyebab utamanya diketahui dan diobati, sariawan tidak akan muncul lagi.

Dampak Buruk Menakuti Anak

Image
Assalaamualaikum sahabat Za dan Ra,
Pernahkah sahabat menakuti anak dengan mengatakan, “Ayo makan, kalau tidak nanti ditangkap polisi!”, “Ayo belajar, nanti dimarahi guru”, “Jangan main di luar, nanti ada monster/penculik!”, dan sebagainya. Hati-hati sahabat, bisa jadi maksud kita baik agar anak bersikap baik namun justru malah berdampak sebaliknya.
Sering orangtua menakuti anak agar anak bersikap manis atau mengikuti keinginan orangtua, atau juga mungkin agar rumah ramai dengan teriakan anak. Padahal menakuti anak itu berdampak buruk bagi perkembangan anak. Diantara dampak buruk yang mungkin terjadi pada anak adalah:

Travelling Hemat Bersama Keluarga

Image
Travelling bersama keluarga adalah hal yang selalu saya nantikan. Setiap hari bergelut dengan rutinitas yang sama membuat saya seringkali merasa jenuh. Oleh karena itu, saat ada kesempatan travelling bersama keluarga, dalam hati saya selalu bersorak gembiira. Setidaknya, untuk beberapa hari, saya akan terbebas dari rutinitas lalu menikmati suasana yang baru, dan kembali ke rumah dengan hati yang lebih senang untuk mengurus keluarga.
Mm, tapi kan travelling sebenarnya butuh dana yang lumayan juga ya. Jadi, gak usah travelling aja gitu? Menurut saya sih tetap sesekali kita butuh travelling. Bahkan di dalam Alquran pun dianjurkan bagi manusia berjalan di muka bumi . Tujuannya apa? Agar manusia bisa mengambil hikmah apapun dari perjalanannya sehingga ia menjadi manusia yang lebih baik kelak. Wallahua’alam, sahabat bisa mencari keterangan yang lebih baik mengenai hal ini dari ulama yang dipercaya.

Rindu Terobati Berkat Teknologi

Image
“Zaidaaaaan, Raissaaaa, mamih kangen…bapak kangen…”
Begitulah kata orangtua saya kalau ada kesempatan menelepon ke rumah atau ketika saya yang menelepon mereka. Saya dan orangtua memang tinggal beda kota. Orangtua saya di Kuningan, sementara saya di Tangerang. Tidak terlalu jauh sebenarnya, hanya 5-7 jam perjalanan. Tapi karena berbagai hal, saya tidak bisa terus menerus menengok orangtua di kampung halaman. Diantaranya karena tenaga dan biaya yang terbatas. 
Dengan adanya teknologi telekomunikasi seperti sekarang, tentu saja saya sangat bersyukur. Saya bisa menelepon ke kampung halaman kapan saja. Orangtua saya bisa mendengar suara cucunya meskipun dari luar kota. itu sudah menjadi kebahagiaan tersendiri bagi mereka.

Membuat Header Blog Menggunakan Canva

Image
Beberapa waktu lalu, saya berkunjung ke blognya Mbak Ety Abdoel, seorang blogger Solo yang juga penulis. Lalu saya menuliskan pengalaman saya jalan-jalan di blognya dalam tulisan berjudul “Tips Mempercantik Blog Dari Blogger Solo”. Salah satu tips Mbak Ety adalah membuat gambar pelengkap tulisan di blog menggunakan Canva. Saya pun jadi terinspirasi membagikan pengalaman saya menggunakan Canva untuk membuat Header Blog.
Saya memang orangnya moody-an. Saya bisa berkali-kali otak-atik blog untuk mendapatkan hasil yang diinginkan sesuai keinginan. Suasana yang baru kadang membuat mood bagus untuk semangat menulis lagi. Karena ingin suasana baru, saya mengganti header blog Petualangan Za &Ra dengan yang baru.

Anak Tumbuh Sehat dan Cerdas Dengan Grow n Health

Image
Akhir-akhir ini hujan datang terus, bahkan beberapa waktu lalu rumah sampai tergenang banjir karena hujan yang datang begitu deras. Musim hujan seperti ini membuat udara lembab sehingga kembangbika bakteri dan kuman meningkat. Penyebarannya pun sangat mudah, seperti melalui genangan air yang terbawa sepatu, cipratan lumpur, jejak kotor dari hewan, dan lainnya. Berbagai penyakit akan mudah menyerang saat musim penghujan, misalnya diare, demam berdarah, chikunguya, ISPA (infeksi Saluran Pernafasan Atas), penyakit kulit, dan sebagainya.

Tak Selalu Sesuai Rencana Manusia

Image
Suatu hari menjelang weekend, saya sudah merencanakan akan menonton sebuah film keluarga yang kelihatannya sangat menarik dan inspiratif. Itu tuh, film Indonesia “Wondeful Life” dengan tagline “Setiap Anak Terlahir Sempurna.” Dari judul dan taglinenya saja, saya sudah bisa membayangkan akan mendapat manfaat memahami kehidupan lebih dalam, khususnya dunia parenting.
Rencana pun diatur, saya akan pergi dengan si kecil Ra dan kakak Za di rumah dengan ayah. Sebenarnya, dua kakak adik Za dan Ra sedang agak kurang sehat karena diare, tapi saya sudah terlanjur berjanji akan datang memenuhi undangan untuk menonton film tersebut. Saya pun meminta Ra untuk banyak istirahat dan minum obat beberapa hari sebelum berangkat.

Berbagi Cinta Lewat Tarian L.O.V.E

Image
Punya anak yang aktif bergerak? Kalau iya, berarti kita senasib. Kedua anak saya pun demikian, terutama Ra yang masih 5 tahun. Menurut hasil tes psikologi di sekolahnya, Ra ini termasuk anak yang kecerdasan kinestetik dan naturalisnya lebih menonjol dibanding yang lainnya. Duuh, pantesan..gadis kecil ini kayaknya nggak ada capenya kalau di rumah. Pulang sekolah, ia ngajak saya main atau main di rumah teman. Sayanya sudah ngantuk, Ra-nya masih seger aja.

Sore harinya, Ra main lagi di lapangan dekat rumah. Malam harinya, ia ngaji di masjid dekat rumah dan masih saja kuat untuk lari-lari dan bercanda dengan temannya di halaman masjid. Itu seringkali tanpa tidur siang loh. Saya suka merasa aneh sama anak-anak, itu energy darimana sampai kuat dan semangat begitu.

5 Hal Yang Harus Disiapkan Sebelum Melakukan Perjalanan

Image
Desember tahun lalu, ada sebuah kejadian yang cukup mengejutkan buat saya sekeluarga. Suatu hari, pagi-pagi sekali saya, suami, Za dan Ra berangkat ke Bandung untuk emnghadiri pernikahan adik ipar. Seorang supir yang juga merupakan teman suami, disewa untuk membawa kami ke kota kembang.
Pagi itu begitu sunyi dan hening. Saya mengantuk karena semalam tidur cukup larut. ANak-anak juga langsung terlelap saat masuk mobil karena dibangunkan pagi buta. Begitu juga suami yang tak lama kemudian tertidur begitu masuk mobil. Tinggallah pak sopir sendirian mengarungi jalan tanpa teman mengobrol.

3 Hal Yang Saya Lakukan Saat Anak Ujian

Image
Minggu ini Za sedang menghadapi mid test (ujian Tengah semester). Momen ini bukan hanya ujian kesabaran buat anaknya, tapi juga untuk orangtuanya. Karena selalu ada tarik menarik antara anak dan orangtua. Anak inginnya main terus, dan orangtua ingin anaknya belajar agar nilainya bagus. Apalagi jika kedua orangtua memiliki cara yang berbeda dalam mendampingi anak belajar, suasana di rumah akan semakin tegang.
Za ini anak yang mudah diarahkan sih, insyaallah ya. Dia senang main, tapi juga mau belajar. “Mi, kakak takut nilai ujiannya jelek.” kata Za. Saya mengartikan ini sebagai pintu agar Za mau belajar. “Kalau gitu, kakak harus berusaha belajar buat mid test.” Kata saya.

Mie Ayam dan Mie Bakso “Retjo Pentung Tulungagung”

Image
Mie, walaupun bukan makanan asli Indonesia, banyak dikonsumsi orang karena mengenyangkan dan bisa jadi pengganti nasi. Saya pun sering demikian. Bila bosan dengan nasi, mencoba mie sebagai pengganti karbohidrat. Sayangnya saya belum punya alat membuat mie sendiri. Padahal seru ya kelihatannya kalau bisa membuat mie sendiri, bebas berkreasi bahkan menambahkan bahan yang kita suka ke dalam mie. Misalnya membuat mie sayur sendiri, kan lebih sehat. Seringnya saya memasak mie instan, atau mie telor yang ditambahkan bahan-bahan lain, atau…beli di luar rumah!

Memilih Asuransi Kesehatan Untuk Keluarga

Image
Kamis malam ini seperti biasa saya menunggui Za dan Ra les ngaji di masjid dari Magrib sampai selepas Isya. Sambil nunggu anak-anak, saya biasanya menggunakan waktu untuk membaca Alquran. Di rumah, saya malah tak sempat membaca Alquran karena terganjal tugas kerumah-tanggaan dan deadlinetulisan. Kalau lelah, barulah Alquran dimasukkan ke kantong dan mengobrol dengan ibu lain yang juga mengantar anaknya.
Seorang ibu yang anaknya belajar ngaji dengan Ra, bercerita tentang tetangganya yang terkena kanker payudara stadium IV. Setelah berbagai pengobatan dilakukan, akhirnya kanker tersebut sempat dinyatakan sembuh oleh dokter. Namun, setelah beberapa lama kanker ternyata kambuh lagi, dan kali ini stadium II.

Doodle Atau Kartun?

Image
Melihat dunia doodling sekarang ramai sekali. Doodle? apakah itu? Saya sendiri baru dengar istilah ini akhir-akhir ini karena beberapa teman blogger ternyata adalah doodler. Sebuat saja mba Winda Krisnadefa dan Tanti Amelia yang karya doodle artnya berseliweran di blog mereka dan media sosialnya. Aiiih, cantik-cantik banget. Saya tergoda, tangan saya tergoda untuk ikut corat-soret. Tentu saja apalah saya, Saya corat-coretnya tak beraturan dan sesuai dengan mood saja sebagai pelepas jiwa yang lelah. Halah.
Buar yang baru dengar istilah doodle, saya kutip penjelasan tentang doole dari blognya Tanti Amelia berikut ini.

Ketika Pekerjaan Idaman Tak Kunjung Datang

Image
Assalaamualaiku, sahabat Za dan Ra,
Sebagai seorang ibu, pernahkah kita berfikir, "Nanti anak kita masa depannya seperti apa ya? Nikah sama siapa? Pekerjaannya apa?". Pasti walau selintas pikiran itu pernah ada ya, termasuk saya pun demikian. Saya pun hanya bisa mengarahkan Za dan Ra sesuai bakat dan potensi mereka agar apa yang mereka cita-citakan kelak berhasil. Amiiin.
Bicara tentang mencari pekerjaan itu gampang-gampang susah. Gampang jika pekerjaan apa saja kita ambil walau gaji dan jenis pekerjaannya tak sesuai dengan keinginan. Dan susah jika kita menginginkan pekerjaan yang betul-betul sesuai dengan pendidikan, lingkungan yang sesuai dengan kemauan, serta gaji dan jabatan yang diinginkan. Karena adaptasi dengan satu pekerjaan itu butuh proses dan negosiasi dengan diri kita sendiri.

Banjir Lagi

Image
Sore itu, saya sedang menikmati waktu dengan anak-anak. Tanggal tua, saya memilih untuk tak pergi kemana-mana demi menghemat pengeluaran. Lagipula, suami sedang keluar kota. Rasanya lebih aman memang di rumah bersama anak-anak, aman untuk kantong, aman untuk keselamatan anak-anak. Kalau pergi keluar rumah yang agak jauh, seringnya saya memilih menitipkan anak di rumah dengan suami atau sekalian menagajak suami biar ada yang bantu menjaga anak-anak di perjalanan.
Sore itu, hari Sabtu yang kelabu, hujan deras turun di luar rumah. Saya membuat mie goreng untuk makan sore. Makan malam saya seringnya disantap sore hari. Kata para pakar sih, memang baiknya begitu, di atas jam 7 malam sudah tak boleh makan lagi biar perut tak terlalu penuh yang mana bikin gendut. Tapi kadang juga kalau ada suami di rumah harus menunggu suami sampai malam untuk bisa makan bersama. Yah, tergantung situasi saja.

Butuh Smartphone Baru Yang Menjaga Privasi dan Keleluasaaan Data

Image
Pernahkah teman-teman mengalami hal ini: Teman atau anggota keluarga membuka smartphone kita dan melihat isi smartphone tanpa ijin? Atau, teman-teman menginstall aplikasi di smartphone dengan terlebih dulu melakukan uninstall aplikasi lain karena memori smartphone terbatas? 
Untungnya saya rasanya belum pernah mengalami hal yang pertama. Suami tidak pernah sedikit pun ngintip-ngintip isi smartphone, karena begitupun saya yang tak pernah membuka smartphonennya tanpa ijin. Za dan Ra pun demikian, walau mereka sudah tahu password smartphone saya, mereka tetap minta ijin kalau hendak meminjam smartphone saya. Alhamdulillah. Terbayang rasanya kalau ada orang yang suka ngintip smartphone kita tanpa ijin, pasti saya merasa kesal karena privasi terganggu.

Pilih Mana, Wallpaper Atau Cat Dinding?

Image
Punya anak balita berarti harus siap juga rumahnya akan penuh dengan corat-coret. Hampir setiap teman yang saya temui dan punya anak kecil, mereka juga punya pengalaman yang sama seperti saya. Yaitu rumah mereka yang tidak luput dari coretan si kecil. Di rumah saya, coretan anak mendominasi dinding kamar tidur anak dan ruang makan. Artinya, anak kita kreatif, begitu kami selalu menghibur diri. 
Sekarang rasanya sudah jarang Za dan Ra mencorat-soret dinding karena mereka sudah semakin besar. Za sudah 9 tahun, lebih senang main gadget. Dan Ra 5 tahun, lebih senang main berrsama teman. Seringkali terpikir di benak saya untuk mempercantik rumah agar ada suasana yang baru.

Saat Anak Ingin Belajar Membuat Video

Image
“Mi, kakak pengen belajar bikin video” Sudah dua kali si sulung Za yang berusia 9 tahun mengungkapkan hal ini sama saya. Rasa penasaran saya muncul, kenapa Za pengen belajar membuat video, pasti ada sebab di baliknya. Sebagai ibu, saya pun jadi kepo, apa Za terpengaruh provokasi positif temannya, atau memang di sekolahnya ada program seperti ini?

“Emangnya kakak mau bikin video apa? Kita kan udah pernah bikin” Tanya saya (video di bawah buatan Za, menggunakan hape saya)

Latihan Nulis, Yuk!

Image
Mau doong latihan menulis sama bu Kania!
Begitu kata seorang teman di salah satu grup yang saya ikuti. Kalau diminta seperti itu, terus terang saya sendiri bingung karena tidak menguasai standar penulisan yang benar. Saya menulis, ya menulis saya apa yang ingin saya tulis. Perkara ejaan, tanda baca, dan sebagainya itu bisa dipelajari sambil jalan.
Macam-macam alasan orang untuk menulis. Dari mulai menyalurkan hobi, sebagai terapi, atau tuntutan pekerjaan. Dengan latihan, semua orang pasti bisa menulis karena menulis itu sesuatu yang bisa dipelajari seperti hal lainnya. Kata orang saya ini termasuk pendiam, tapi saya pernah mengajar yang megharuskan saya banyak berbicara di depan orang. Hal itu bisa saya lakukan karena melalui proses latihan, ada berbagai program training mengajar yang saya ikuti sebelum dan selama mengajar.

Semaraknya Ulang Tahun RI ke-71

Image
Pertama-tama mau sungkem dulu sama pembaca blog ini. Ya, tema ulang tahun RI sudah tak menggairahkan tentunya karena suah lewat sebulan yang lalu. Sebenarnya saat itu ingin menuliskan tentang hal ini tapi belum sempat, jadi baru menuliskan idenya saja di dalam pikiran.
Flashback dulu ya…
Saya tak ingat apakah saya mengikuti berbagai kegiatan ulang tahun RI di sekolah sewaktu kecil. Tapi saya ingat begitu ramainya desa saya saat menyambut ulang tahun RI. Ada sebuah lapangan kecil di depan masjid. Di sanalah biasanya keramaian berasal. Ada lomba balap karung, lomba makan kerupuk, dan perlombaan lainnya.

Nikmati Cita Rasa Kari Khas jepang di A&W Restoran

Image
Family Chef, itu adalah salah satu label yang saya sematkan di media sosial saya. Seperti ibu rumah tangga lainnya, saya merasa menyediakan masakan untuk keluarga adalah tugas saya sebagai ratu rumah tangga. Keterpaksaan, kewajiban dan kadang-kadang kesenangan pada makanan, membuat saya harus memasak. Terpaksa karena saya gak punya asisten rumah tangga yang membantu saya memasak. Lagipula memasak sendiri ada keuntungannya juga. Kita bisa membuat menu yang sesuai keinginan dan bahan makanan di rumah. Wajib bagi saya karena anggota keluarga lain punya tugas masing-masing. Kalau lagi semangat, saya juga bisa senang nguplek di dapur membuat aneka masakan sederhana buat keluarga.

Ingin Traveling sendirian? Baca Dulu Tips Ini!

Image
Traveling memang menyenangkan apalagi jika datang dan mengexplore tempat-tempat baru yang belum pernah dikunjungi. Untuk sahabat Za dan Ra yang hobi traveling, pasti pernah punya keinginan untuk mencoba solo traveling atau traveling sendirian. Kelihatannya memang seru karena akan lebih menantang dan kita bisa lebih banyak kenal orang-orang baru, tapi kita harus tetap berhati-hati karena banyak orang jahat yang akan memanfaatkan kesendirian kita. Sebelum merencanakan solo traveling, simak dulu yuk beberapa tips berikut.

Chick n Roll, Ayam Goreng Yang Renyah dan Kaya Rasa

Image
“Baru kali ini rasanya hari raya gak makan ketupat, gak sempat siapin karena seharian sebelum lebaran di rumah teteh @emmaamsya yg lagi walimah khitan anak bungsunya. Alhamdulillah, gak ada ketupat..@chicknroll pun jadi. Makasih traktirannya teh. Walau anak lagi diet ayam, tapi rejeki yg datang masa ditolak :D”
Kalimat di atas adalah status instagram saya hari Senin lalu. Dulu-dulu, saya kadang suka merasa gak lengkap kalau hari raya gak makan ketupat. Tapi ternyata saya tak sepenuhnya benar. Hari raya selain makna religiusnya yang kental, kebersamaan dengan keluarga besar pun sangat membesarkan hati. Hari Raya Idul Adha ini, keluarga suami berkumpul karena kakak ipar sedang mengkhitan anak bungsunya sekalian merayakan Idul Adha bersama.

3 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengkhitan Anak

Image
Liburan sekolah biasanya dijadikan waktu yang tepat bagi sebagian orangtua untuk mengkhitan anak. Karena biasanya diperlukan waktu untuk kesembuhan pasca khitan, sehingga saat libu anak bisa istirahat sampai luka khitannya pulih.
Bicara tentang ketentuan agama, memang bukan kapasitas saya. Setahu saya, khitan itu ada ulama yang mewajibkan tapi ada juga yang memberinya hukum sunnah dengan masing-masing dalilnya. Wallahua’lam, yang jelas hikmah melakukan khitan banyak sekali. Diantaranya adalah untuk kesehatan, kebersihan dan bentuk ketaatan pada Allah SWT.

Jalan-jalan di Taman Bxchange Mall Bintaro

Image
Assalaamualaikum,
Sahabat Za dan Ra, Selamat hari raya Idul Adha ya bagi yang merayakan. Hari raya selain penuh dengan makna religius, juga biasanya jadi momen berkumpul bersama dengan keluarga besar. Mau jalan-jalan bersama keluarga setelah shalat Iedul Adha, ke tempat yang asri dan murah meriah? Taman bisa jadi salah satu pilihan yang tepat. 
Di deket rumah saya di Bintaro ada Taman Menteng dan Taman Bxchange Mall. Kemarin, setelah shalat Iedul Adha lalu makan bersama keluarga besar dan jalan-jalan di Taman Bxchange Mall Bintaro. Tak tersedia kendaraan umum yang lewat depan mall, jadi untuk mencapai lokasi mall ini bisa naik taksi atau ojek dari stasiun Jurangmangu.

Mengais Rejeki Bersama qwords.com

Image
Sebenarnya saya sudah menulis di blog sejak tahun 2000 awal. Waktu itu, saya ngeblog di Friendster dan multiply untuk menyalurkan hobi saja. Setelah punya anak, saya sempat berhenti menulis di blog. Lagipula, 2 blog saya tersebut sudah tidak ada karena Friendster dan multiply sudah gulung tikar. Lalu saya mulai lagi menulis di blog sekitar tahun 2009 dan banyak bercerita tentang tumbuh kembang anak karena sedang asyik-asyiknya mengikuti perkembangan anak pertama.
Yang belum mengerti dunia ngeblog, mungkin akan bertanya ngapain sih nulis di blog dan curhat gak penting? Ya, memang tak semuanya mengerti karena passion tiap orang berbeda. Sebagian mungkin mengira ngeblog itu pekerjaan yang sia-sia. Tapi coba deh, kalau kita nyari suatu informasi biasanya darimana? Yang sudah mengenal dunia gadget, pasti salah satunya dari internet. Bahkan curhat seseorang pun bisa diambil pelajarannya oleh pembaca blog. Apalagi kalau kita masuk komunitas, kita akan tahu bahwa dunia blogging itu banyak seka…

Percantik Wajah dengan Bio Spray

Image
Memiliki wajah cantik dan bersinar tentu saja menjadi dambaan bagi tiap wanita. Tapi sayangnya untuk mendapatkan wajah seperti ini biasanya harus ditempuh dengan perawatan yang kompleks dan mahal. Bagi yang punya banyak waktu atau kalangan atas mungkin melakukan berbagai perawatan mahal tidak masalah. Namun bagi yang berasal dari kalangan menengah ke bawah atau tidak punya banyak waktu untuk perawatan seperti saya, tentu saja akan terasa berat. Meski begitu sebaiknya kita jangan berputus asa dahulu karena sekarang ini ada produk Bio Spray yang bisa mempercantik wajah. Nah, untuk lebih jelasnya tentang produk ini lebih baik baca pada ulasan berikut.

Datanglah Ke Kotaku..!

Image
Jika Katon Bagaskara meminta penikmat musiknya datang ke Jogyakarta, maka saya ibu-ibu yang seneng nulis di blog ini ingin memperkenalkan kota kelahirannya. Jangan bosan ya, menuliskan kota kelahiran merupakan salah satu cara saya mengobat rindu pada kampung halaman dan orangtua. 
Saya lahir dan dibesarkan di Kota Kuningan, sebuah kota kecil di Jawa Barat yang udaranya relative sejuk karena berada di kaki Gunung Ciremai. Kota ini hanya setengah sampai satu jam perjalanan dari Kota Cirebon. Dari Jakarta, perjalanan ke Kuningan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih 5 jam lewat tol CIpali.
Kuningan diberi julukan Kota Kuda ini karena kuda adalah maskot Kota Kuningan. Tak heran, di perkotaan masih terdapat delman yang ditarik dengan kuda. Lalu, apa saja sih yang bisa dilakukan di kota kecil ini jika kebetulan lewat atau sengaja berkunjung? Berikut ini yang bisa sahabat lakukan berdasarkan pengalaman saya.

Ayo Ke IKEA!

Image
Rumah seharusnya menjadi tempat yang menyenangkan bagi setiap orang. Karena di rumahlah biasanya orang menghabiskan banyak waktu dengan orang-orang yang dicintainya. Banyak cara yang dilakukan orang untuk membuat rumah mereka nyaman. Secara psikis, setiap orang berusaha membuat hubungan dengan setiap anggota keluarga hangat. Secara fisik, mungkin orang akan membuat rumah menjadi rapi dan bersih sehingga nyaman ditinggali. Atau, menata rumah dengan perabotan yang sesuai dengan keinginan.
Salah satu tempat belanja perabotan rumah yang bisa kita kunjungi adalah IKEA. Visi IKEA yaitu "Menciptakan kehidupan sehari-hari yang lebih baik bagi banyak orang". IKEA menawarkan berbagai rancangan yang didesain dengan baik, produk perabotan rumah yang fungsional dengan harga yang rendah sehingga orang akan mampu membelinya.

(Review) Eskulin Kids shampoo + Conditioner Mickey Mouse

Image
Memiliki anak yang sehat dan percaya diri tentu saja merupakan dambaan setiap orangtua. Namun saat beberapa waktu lalu kesehatan rambut Ra, anak saya, terganggu karena kutu, saya sempat merasa tidak percaya diri karena merasa sebagai orangtua yang kurang perhatian sama anak. Ra mungkin belum mengerti , dia sih ayik-asyik aja main sama temannya. Namun dia pasti tidak nyaman karena berkali-kali menggaruk kepalanya.
Salah satu penyebab rambut berkutu menurut beberapa sumber adalah kurangnya kebersihan rambut sehingga kutu lebih mudah menetap. Sebenarnya Ra rajin pakai sampo, hampir tiap hari malah. Mungkin karena kurang bersih saat membersihkan busanya atau hal lain, sehingga kutu menghuni kepalanya saat itu.

Penghargaan Untuk Indera Penglihatan

Image
Penghargaan ialah sesuatu yang diberikan pada perorangan atau kelompok jika mereka melakukan suatu keulungan di bidang tertentu. Penghargaan biasanya diberikan dalam bentuk medali, piala, gelar, sertifikat, plakat, atau pita. Suatu penghargaan kadang-kadang disertai dengan pemberian hadiah berupa uang seperti Hadiah Nobel untuk kontribusi terhadap masyarakat, dan Hadiah Pulitzer untuk penghargaan bidang literatur. Penghargaan bisa juga diberikan oleh masyarakat karena pencapaian seseorang tanpa hadiah apa-apa.
Itulah pengertian penghargaan menurut Wikipedia. Intinya, penghargaan itu adalah segala sesuatu yang diberikan atas pencapaian seseorang atau sesuatu. Bagi manusia, jelas Allah SWT lah Dzat Yang Paling Menghargai makhuk-Nya. Setiap kebaikan yang dilakukan hamba (mencari nafkah, mengurus keluarga, menuntut ilmu, sedekah, membaca Alquran, dan sebagainya), dihargai Alllah SWT dengan pahala, nikmat dan balasan surga.
Sementara itu, manusia kadang-kadang lalai dan harus sering diberi p…

Menjelajahi Puncak Gunung Ciremai Jawa Barat dalam Paket Wisata Indonesia

Image