Tuesday, November 10, 2015

Makan Sayur dan Buah Yuk, Nak!



Sayur dan buah memiliki pernan yang penting untuk kesehatan, baik orang dewasa maupun anak-anak. Kandungan nutrisi di dalamnya sangat baik untuk kesehatan. Bagi anak-anak, sayur dan buah sangat penting untuk pertumbuhannya. Manfaat sayur dan buah untuk anak antara lain:
  1. Nutrisi sayur dan buah sangat penting untuk kekebalan tubuh anak. Penelitian juga menunjukkan bahwa konsumsi buah dan sayuran membantu mencegah berbagai penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, Alzheimer, dan lain-lain.
  2. Konsumsi buah dan sayuran mengurangi resiko obesitas pada anak. Tidak heran, karena kandungan nutrisi tinggi buah dan sayuran dilengkapi dengan kandungan lemak dan kalori yang rendah.
  3. Kandungan serat tinggi pada buah dan sayuran membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan.
  4. Menurut penelitian yang diterbitkan pada Journal of School Health edisi April 2008, anak dengan pola makan sehat dan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran lebih sukses secara akademis dibandingkan anak yang jarang mengkonsumsi buah dan sayuran.
  5. Memperbanyak konsumsi buah dan sayuran akan membuat anak mengurangi konsumsi makanan dan cemilan kemasan yang tidak sehat.

Sayur

Di rumah, saya berusaha mengenalkan sayuran yang berbeda sama Za dan Ra. Ada beberapa tips yang pernah saya terapkan sama Za dan Ra dalam memperkenalkan sayuran pada mereka, sudah pernah saya ceritakan di sini. Pada umumnya sih mereka suka semua jenis sayuran. Apalagi kalau sambil main dan disuapi, kayaknya mereka gak peduli apa yang ibunya masukkan ke mulut mereka hehe.
Salad sayur disiram saus mayo dan tomat

Biasanya sayuran untuk anak saya sajikan dengan cara digoreng, ditumis, dibuat sop dan salad. Ini nih beberapa menu sayur yang pernah saya buat untuk Za dan Ra:

  • Brokoli goreng tepung. Ini yang paling disukai Za untuk snack maupun teman makan nasi, baik di rumah maupun bekal sekolah. Kalau Ra belum terlalu suka brokoli.
    Brokoli goreng tepung
  • Jamur kriuk. Ini juga disukai Za dan Ra, apalagi kalau pakai tepung instan. Tapi sesekali saja saya pakai tepung instan. Pakai campuran tepung terigu dan tapioka juga bisa renyah kok. Tapi saya belum menemukan formula campurannya yang paling tepat.
  • Kentang goreng. Siapa sih yang gak suka kentang goreng. Semua anak pasti sukaaa. Sebenarnya bisa dipanggang juga ya dengan memakai bumbu-bumbu alami. Cuman, belum punya oven nih.
  • Jus wortel. Ini kadang-kadang di-request Za, soalnya matanya kadang-kadang udah gak jelas kalau membaca. Efek main gadget. :(
    jus wortel
  • Tumis-tumisan. Kalau Za suka-suka aja, Cuma kadang habis atau nggak kalau dibekalkan ke sekolah. Kalau Ra masih milih-milih, belum terlalu suka sama toge, mentimun dan brokoli.
  • Sop sayur, ditambah potongan ayam atau bakso biar gurih.
  • Sayur asem juga kadang saya suapkan ke anak, dan mereka mau-mau aja.
  • Dan sebagainya.
Buah

Setiap hari minimal ada 1 macam buah di rumah, kalau lagi ada rejeki. Kalau akhir bulan, bisa gak ada buah sama sekali hehe. Biasanya sih saya beli buah yang sesuai dengan keuangan atau musim. Kadang juga Tanya dulu ke Za dan Ra, maunya buah apa ntuk hari itu.
salad buah disiram saus mayo susu/madu

Untuk anak, buah bisa disajikan dengan cara:

  • Dimakan langsung. Misalnya buah anggur, pisang, salak, dan sebagainya. Salak kesukaan Ra banget nih. Selain itu salak murah, sekilo bisa buat sekeluarga.
  • Dipotong-potong. Biasanya buah yang harus dipotong dulu sebelum makan adalah melon, semangka, mangga, pepaya, dan lain-lain. Ah sekarang kan masih musim manga ya. Biasanya kalau lagi musim mangga, saya pasti beli terus. 1 kg isinya 3 buah seharga 17 ribu di tukang sayur langganan. Pasti langsung habis soalnya Za dan Ra suka banget. Nah, kalau lagi demam, panas dalam, sariawan, atau kondisi tubuh nggak fit, biasanya Za dan Ra saya suapi pepaya yang bermanfaat membantu menurunkan panas dan menyegarkan badan. Oh ya sudah tau belum kalau pepaya selain dimanfaatkan buahnya, bagian tanaman lainnya juga bisa bermanfaat loh. Bisa dibaca tulisan saya di blog Happyfresh, dari atas sampai bawah bagian tanaman ini bermanfaat untuk manusia. Belanja buah di HayyFresh juga praktis dan segar karena kurir membawa barang belanjaan di box khusus. Seperti pengalaman saya yang saya tuliskan di sini.
    hasil belanja buah dan sayur di Happyfresh
  • Dibuat jus. Biasanya pagi-pagi kan malas ngunyah ya, saya kadang buat jus untuk saya dan Za. Za paling suka jus manga, kalau Ra baru dalam tahap belajar menyukai jus. Entah kenapa, padahal enak banget tinggal glek-glek aja.
  • Dibikin puding. Saya ada rencana bikin puding mangga tapi belum kesampaian. Semoga dalam waktu dekat.
  • Dibikin sop buah. Seringnya sih bikin sop buah waktu Ramadhan untuk buka puasa. Za dan Ra sudah pasti suka karena rasanya manis dari sirup dan susu.  Tapi biasanya Cuma bertahan 2-3 hari karena bosan.
    sop buah biasa dibuat saat Ramadhan
Share yuk, bagaimana cara mama-mama menyajikan sayur dan buah untuk anak-anaknya. Pasti pada kreatif!

Sumber referensi:

28 comments :

  1. Bagus tuh mbak membiasakan anak untuk konsumsi sayur dan buah biar sehat dan pencernaan bagus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya alhamdulillah susah susah gampang ya biar anak suka makan sayur buah

      Delete
  2. beuh cuma untuk mamah", ikut nyimak aja atuh ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi, oh ya saya ga nyadar...yaudah ajak papa-papa juga...

      Delete
  3. kalo anakku paling suka sayur yang bening2 seperti sayur bayem. Mudh lagi bikinnya hehee...

    ReplyDelete
  4. kalau boleh tahu pake minyak goreng apa nih buat goreng sayur2nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. minyak goreng biasa mba Ria, minya sayur gitu...

      Delete
  5. Trio krucils relatif suka buah dan sayur diapain aja sekarang..bahkan jus sayur. asalkan warnanya menarik.
    klo sayurannya lalapan2 yg seger juga suka...tp yang tidak langu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. asik banget mba anaknya suka lalapan...praktis ya gausah dimasak dulu

      Delete
  6. aku inget banget tuh waktu aku kecil ga suka makan sayur dan buah sampe2 mamah aku gemes dan langsuk cekokin aku makan sayur setiap hari, eh sekarang sayur dan buah malah jadi makanan sehari hari aku untuk diet hehee,

    nice post tante, sehat terus ya untuk buah hatinya :)

    http://litarachman.blogspot.com/

    ReplyDelete
  7. Kadang anak susah makan sayur atau buah. Alhamdulilah anakku gak susah makan sayur

    ReplyDelete
  8. keren nih, emang harus kecil kudu dibiasaain makan sayur dan buah, biar kebiasaan baik ini terbawa sampe dewasa.. :) salut,,

    ReplyDelete
  9. aku suka sayur bayam sama tauge hehehehe dari kecil juga

    ReplyDelete
  10. duh memang sekarang hrs diakali agar anak2 suka ya. dan itu kadang bikin mumet secara aku malas masak

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, harus kreatif ya saya kdanga malas juga soalnya

      Delete
  11. salut deh mbak Kania...kalau anak saya susah makan sayur dan buah nih mbak... maunya ayam goreng mulu... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayam goreng anak saya juga suka mba, tapi masa ayam tiap hari ya nanti tekor sayah

      Delete
  12. Buah dan sayur memang harus dibiasakan ya sejak kecil, Si kecil suka sekali buah dan sayur, bahkan smeangkok cpcay habis. tapi sejak tinggal di India, dia nggak mau sayur, maunya makan daging terus. Buahpun nggak terlalu suka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. disana masakan daging enak2 kali ya mba:)

      Delete
  13. Brokoli goreng tepung enak keliatannya gan .. apalagi di makannya pas anget" yaa, hhi

    ReplyDelete
  14. Salad buah di siram saus mayo .. beuuuh , seger kayanya

    ReplyDelete
  15. mantapp nieh mau dong jadinya anak bunda bisa diberikan makanan buah dan sayur tiap hari nih. . .hihihi !

    ReplyDelete
  16. Di kreasiin gan biar si kecilnya gak bosen makan sayurnya, hhi

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...