Friday, August 28, 2015

Makanan Yang Baik Dikonsumsi Saat Anak Diare



Pagi ini sulungku sudah 3 kali ke kamar mandi. Dia lagi diare. Semalam badannya demam, pagi harinya Alhamdulillah demamnya menurun. Terpaksa deh hari ini dia tidak sekolah dulu. Biar istirahat di rumah. Apalagi weekend ini kami sekeluarga punya rencana ke luar kota.

Saat diare, asupan makanan harus diperhatikan. Karena ada makanan yang menyebabkan diare makin parah, sebaliknya ada makanan yang justru dinajurkan saat diare. Makanan untuk penderita diare sebaiknya mudah dicerna, bisa mengentalkan feses, dan memenuhi kebutuhan cairan. Sedangkan makanan yang dihindari saat diare yaitu yang susah dicerna, membuang cairan tubuh, dan mengiritasi saluran pencernaan sehingga diare makin parah.

Menurut sumber yang saya baca, makanan ini penting untuk 24 jam pertama diare sehingga membantu meringankan diare serta memberikan vitamin penting, mineral dan karbohidrat yang mudah dicerna.


  • Pisang.Pisang dapat membantu saluran pencernaan dalam pembentukan feses atau tinja.
  • Nasi.Jika kita sedang diare, maka makanan sehat yang paling harus dihindari adalah serat. Nasi putih menjadi pilihan yang tepat untuk memberikan kebutuhan karbohidrat untuk tubuh.
  • Saus apel/apel.Makanan ini mengandung pektin yang baik untuk saluran pencernaan ketika sedang diare. Tidak hanya itu, saus apel juga bisa mengurangi gejala diare dengan cepat dan memberikan energi bagi penderita agar tidak terlalu merasakan sakit perut yang teramat sangat.
  • Roti Panggang.Roti dapat meningkatkan energy saat diare.
  • Yogurt.Beberapa penyebab diare adalah bakteri, virus, dan parasit lainnya. Mengonsumsi yoghurt yang mengandung probiotik alami menjadi sangat penting. Probiotik dapat mengurangi perkembangan bakteri di dalam pencernaan yang dapat menyebabkan terjadinya diare
  • Sereal/bubur yang mudah dicerna untuk penderita diare.
  • Kentang.Kentang mengandung banyak karbohidrat dapat menjadi sumber energi yang baik bagi tubuh anak. Selain itu kentang juga dapat mudah dicerna oleh sistem pencernaan, sehingga tidak semakin menambah beban pada sistem pencernaan anak yang sedang mengalami diare.
  • Wortel.Wortel mengandung vitamin yang dibutuhkan oleh usus agar menjadi lebih sehat dengan cepat.
  • Jahe, merupakan salah satu sumber utama kesehatan.
  • Tempe
  • Teh
  • Sup (bahan sup sebaiknya tidak menggunakan bahan yang tinggi serat)
  • Daging ayam tanpa tulang dan lemak.
  • Makanan lunak lainnya.
Sedangkan makanan yang sebaiknya dihindari saat diarea antara lain:

  • Makanan berlemak
  • Susu, mentega, keju, es krim (prebiotik dalam yogurt merupakan satu pengecualian)
  • Minuman alcohol dan kafein.
  • Sorbitol dan pemanis buatan lainnya.
  • Makanan yang menyebabkan gas berlebih seperti kol, kacang-kacangan, dan brokoli.
Dengan referensi yang saya dapat itu, saya tak bingung lagi mau masak apa buat si sulung yang lagi diare. Saya berbelanja pisang, tempe, kentang, wortel, dan ayam. Rencananya, saya akan membuat sup dengan bahan di dalamnya ayam, kentang dan wortel. Pisang dan kentang panggang bisa menjadi snack nya hari ini. Semoga diarenya tak berlanjut dan besok kami sekeluarga bisa menghabiskan weekend dengan ceria.

Sumber referensi:


23 comments :

  1. amin. semoga nikmat sehat selalu tercurah untuk kita semua mba :)
    kalau saya cuma taunya teh, ternyata banyak juga makanan dan minumn yang bisa membantu masalah diare,heu
    terimakasi infonya mba.

    ReplyDelete
  2. Wahhh, nice info Mak. Thanks yah :D

    ReplyDelete
  3. Kalau lg diare, yg saya mension: ngurangi makan sayur.
    Pengetahuan baru neh, daftr makanan yg recomended saatanak diare
    TFS ya Mbak

    ReplyDelete
  4. baru tahu kalau saus apel baik dikonsumsi, apa nggak kecut gitu ya :D

    ReplyDelete
  5. Kira2 baby yg masih full asi sma kgak ya makanan yg d konsumsi si emak biar anaknya cepat sembuh diarenya?

    ReplyDelete
  6. Bermanfaat bgd nih mbak, tengkiu yak

    ReplyDelete
  7. Biasanya klo aku...plus aku parutin kunir ma madu mbak....

    ReplyDelete
  8. hmm ternyata saus apel juga baik untuk di konsumsi yah mbak

    ReplyDelete
  9. Terimakasih sharingnya mak. Kalau diare yang paling penting diperhatikan juga asupan cairan supaya gak dehidrasi ya mak. Cepet sembuh buat si sulung :)

    ReplyDelete
  10. paling sering aku kasih roti bakar

    ReplyDelete
  11. kalau anak lagi terserang diare suka khawatir banget

    ReplyDelete
  12. Terima kasih ilmunya mak, kebetulan beberapa hari ini anak-anak saya terkena diare :)

    ReplyDelete
  13. Udah sembuh ya, Zaidan? Sehat terus, yaaa :)

    ReplyDelete
  14. klo bahasa inggrisnya disingkat jd BRATY ya :)

    ReplyDelete
  15. aku kadang malah ngasih obat serbuk itu loh..duh apa ya namanya --"
    atau kalo masih diare biasa pake oralit

    ReplyDelete
  16. Memag bunda juga baru tahu tuh, kalo ygurt bagus untuk pencernaan. Yuk, konsumsi yogurt, bisa buat pengobatan yang diari atau pun untuk kesehatan kita.

    ReplyDelete
  17. banyak juga, tapi sayangnya saya masih gak punya anak :D slama ini saya taunya hanya Jenis Makanan Bergizi Untuk Ibu Hamil Dan Janin hehehehe

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...