Thursday, July 23, 2015

Warna Warni Kemenangan di Hari Raya Idul Fitri

Selama bulan Ramadhan, umat Islam harus menahan diri dari makan dan minum di siang hari. Berpuasa di bulan Ramadhan bertujuan mencapai gelar takwa sebagaimana firman Allah SWT dalam Alquran.

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)

Setelah sebulan berpuasa di bulan Ramadhan, seluruh umat Islam akan merayakan hari raya Idul Fitri. Idul Fitri pada hakikatnya adalah perayaan kemenangan bagi umat Islam atas usahanya melawan musuh terbesarnya, yaitu hawa nafsunya sendiri.

Sudah menjadi tradisi di masyarakat kita untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri dengan berbagai hal seperti pulang kampung, makan ketupat, dan berkumpul dengan keluarga besar. Begitu juga saya sekeluarga.

Tahun ini saya sekeluarga merayakan hari kemenangan dengan diwarnai berbagai hal seru seperti:

Siap pulkam, Foto pinjem kaka ^^

1. Pulang kampung (mudik)

Tidak seru rasanya kalau lebaran tidak pulang kampung. Meskipun bukan merupakan kewajiban, pulang kampung setiap lebaran biasanya selalu saya lakukan. Pulang kampung saat lebaran Idul fitri  bertujuan agar bisa berkumpul dengan keluarga besar untuk berbagi kabar dan berbagi bahagia di hari kemenangan. Terhitung hanya satu kali saya tidak berlebaran Idul fitri di kampung halaman, yaitu sesaat setelah melahirkan buah hati kedua di tahun 2011.

Sudah bisa dipastikan kalau pulang kampung di jalan pasti macet. Semua orang berfikiran sama untuk berlebaran di kampung halaman bersama orangtua yang sudah lama tak dikunjungi. Meskipun begitu, tak menyurutkan langkah saya untuk pulang kampung. Macet memang membuat emosi dan banyak waktu terbuang. Tapi, bayangan akan bertemu orang-orang yang dicintai menghilangkan sejenak pikiran buruk tentang kemacetan.

2. Membaca Takbir dan Shalat Idul Fitri

Biasanya sejak malam Idul Fitri, takbir sudah bergema dari mesjid-mesjid. Bahkan, sebagian masyarakat turun ke jalan melakukan pawai obor sambil mengucapkan takbir. Saya cukup bertakbir dari kamar sambil meninabobokan si kecil yang kecapean setelah menonton kakaknya bermain kembang api. Membaca takbir tak sekedar rutinitas lebaran, namun hendaknya dimaknai sebagai sebuah renungan tentang kebesaran Allah SWT.



Pagi hari hari, takbir terus bergema. Saya membangunkan Zaidan dan Raissa, memandikan mereka dan memakaikan pakaian yang rapi. Zaidan pergi ke lapangan dekat rumah terlebih dulu dengan sepupu-sepupu. Saya menyusul kemudian dengan Raissa. Karena saya sedang tidak shalat, saya duduk di belakang barisan shalat untuk mendengarkan khutbah Idul Fitri. Setelah khutbah selesai, biasanya orang-orang bersalaman untuk saling meminta dan memberi maaf. Eh, belum selesai khutbahnya, Raissa minta pulang karena kebelet pup!


Menunggu shalat Ied selesai untuk mendengar khutbah Idul Fitri

3. Makan ketupat dan hidangan khas lebaran lain

Lebaran tanpa ketupat tak lengkap rasanya. ketupat adalah makanan yang terbuat dari beras dan dibungkus dengan daun kelapa. Rasanya seperti lontong. Saat ini ada ketupat instan yang praktis, tinggal direbus dengan air sampai matang seperti yang terlihat di foto berikut.



Ketupat biasanya dimakan dengan opor ayam, opor sayur, rendang, balado ati ampela, balado kentang, tumis daging, emping dan sebagainya. Setelah shalat Idul Fitri, saya makan ketupat sambil menyuapi si kecil dan diselingi menyambut tamu-tamu yang datang ke rumah mama mertua.

Kue-kue khas lebaran juga terhidang rapi di meja untuk menjamu para tamu. Kue khas hari raya biasanya berupa nastar, putri salju, chocochips, dan sebagainya.

4. Kebersamaan Dengan Keluarga Besar

Setelah shalat Idul Fitri, rumah mama mertua didatangi banyak sanak saudara. Ini adalah kesempatan besar untuk saling bertukar kabar dan mengenal anggota keluarga besar lain. Setelah menerima tamu, giliran saya bersama anggota keluarga besar lain yang berkunjung beramai-ramai ke rumah saudara yang lain.

Kebersamaan bersama keluarga besar tidak hanya saat silaturahim. Kami juga pergi ziarah ke kuburan anggota keluarga yang sudah meninggal, juga mengunjungi tempat wisata terdekat. Kebersamaan dengan keluarga besar kami manfaatkan juga dengan berwelfie ria agar kenangan tentang kebersamaan ini tersimpan rapi dalam sebuah foto.

Saya dan keluarga suami, foto pinjem kakak.

saya dan keluarga kakak kandung

5. Suasana Baru Rumah Mama Mertua

Pada bulan Januari  tahun 2014, rumah mama mertua terkena banjir yang merendam rumah dan seisinya lebih dari 1 meter. Beberapa barang seperti kasur dan pakaian tidak terselamatkan karena rusak. Dinding rumah juga jadi rusak dan kusam, catnya mengelupas di sana sini.

Banjir Januari 2014, rumah mama mertua di belakang sekolah ini. Foto pinjeman.

Untuk menyambut hari kemenangan tahun ini, mama mertua menyuruh seorang tukang untuk mengecat rumahnya. Dinding rumah di setiap ruangan dibersihkan dan diampelas sebelum dicat, agar cat melekat sempurna ke dinding. Warna putih dipilih sebagai warna kemenangan untuk menyambut hari Raya Idul Fitri dengan warna oranye di bagian bawah agar rumah semakin cerah. Pagar dicat warna biru untuk menyesuaikan dengan warna pintu.


Bicara tentang cat, Dulux adalah salah satu merek cat yang terpercaya karena selalu menggunakan material kualitas tinggi dan ramah lingkungan. Dulux diproduksi oleh AkzoNobel (PT ICI Paints Indonesia), sebuah perusahaan cat dan pelapis terbesar di dunia dan produsen utama untuk bahan kimia. PT ICI Paints Indonesia banyak terlibat dalam komunitas pembangunan Indonesia dan telah turut berkontribusi di berbagai bangunan besar di Indonesia, seperti The Ritz Carlton Hotel, Grand Kuta Leisure Apartment, Pondok Indah Mall, Istana Negara, Mesjid Baiturrahman di Aceh, dan juga berbagai gedung perkantoran dan perumahan di seluruh Indonesia.
Beberapa produk Dulux dengan berbagai keunggulannya antara lain:
  1. Dulux Weathershield PowerFlexx memiliki Teknologi PowerFlexx yang dapat meregang 3 kali dibandingkan cat premium eksterior biasa. Teknologi ini memberikan perlindungan dari retak rambut, serangan garam alkali, panas matahari, hujan, dan kotoran. Dinding eksterior akan tampak indah dan cerah lebih lama dengan produk ini.
  2. Dulux Weathershield dengan teknologi Keep Cool dapat memantulkan panas dari cahaya matahari yang diserap dinding sehingga mengurangi suhu permukaan dinding rumah Anda hingga 5 derajat Cwlcius dibandingkan cat merek lain.
  3. Dulux Pentalite Ultra Matt Smooth Finish adalah cat berbahan dasar air yang bermutu tinggi dengan hasil akhir halus dan tidak mengkilap/matt. Dulux Pentalite menghadirkan sentuhan maksimal dengan kualitas ProCover Technology TM dengan fungsi utama daya sebar maksimal, hasil akhir menawan dan warna tahan lama.
  4. Dulux Pearl Glo adalah cat tembok dengan kualitas premium dan diformulasikan khusus yang memberikan tampilan dinding yang sangat halus sempurna, dengan hasil akhir semi kilap bagaikan kilauan mutiara.
  5. Dulux EasyClean adalah cat tembok berkualitas tinggi untuk interior, berbahan dasar air. Dengan KidProof TechnologyTM sehingga noda sehari-hari yang menempel pada cat dinding mudah dibersihkan tanpa merusak lapisan cat.
Saat ini, Dulux tengah menyelenggarakan promo “Warna Warni Kemenangan 2015” dengan memberikan voucher sebesar 100 ribu untuk pembelian produk Dulux senilai 1 juta rupiah. Tersedia juga voucher Cathylac sebesar 50 ribu rupiah untuk pembelian produk Dulux sebesar 500 ribu. Caranya, daftarkan diri melalui SMS ke 2000 Format : DULUX(spasi)Nama#No.Telepon. Promo ini berlangsung sampai 31 Juli 2015. Jadi, segera kunjungi toko terdekat yang bekerjasama dengan Dulux!

Oh ya, Dulux juga mengadakan photo competition loh. Saya sudah ikutan, sekarang giliran kamu ya. Kunjungi saja link ini untuk informasi lebih lengkap: http://warnawarnikemenangan.com/
Atau media sosial Dulux berikut ini:
Di akhir tulisan ini, saya juga ingin mengucapkan “Selamat Hari Raya Idul Fitri 1436 H” untuk anda semua. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah dan puasa kita semua, dan kita termasuk orang yang meraih kemenangan! Aaamiin.


16 comments :

  1. momen idul fitri selalu mengharukan dan membahagiakan yaa mbak
    selamat idul fitri, mohon maaf lahir batin :)

    ReplyDelete
  2. Waduh..banjirnya sampai 1 meter ya Mak.. buat cat dinding jadi rusak juga ya... untung ada Dulux ya Mak... :)

    ReplyDelete
  3. Selamat idul fitri mb..... Dah mulai produktif yaaaa..... Mohon maaf lahir batin...*salaman

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, kangen ngeblog nih, tp belum sempat BW banyak :)

      Delete
  4. mohon maaf lahir batin Mak ...lebaran memang penuh kenangan ya :)
    BTW rumah saya juga pakai Dulux :) Ini dia ceritanya :D
    http://braveandbehave.blogspot.com/2015/07/warna-warni-kemenangan-kue-lebaran.html

    ReplyDelete
  5. Wah asiknya lebaran mudik :)

    ReplyDelete
  6. Bener-bener warna-warni lebaran ya mba...lengkap ulasannya, semoga menang ya

    ReplyDelete
  7. Ya ampun itu banjirnya :(
    tapi keindahan warna-warni lebaran menghapus kesedihan pastinya ya mak :*)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...