Wednesday, July 29, 2015

Binahong di Kebun Bapak

Sewaktu baru pindah rumah ke area Bintaro, bapak dan ibu memberi saya beberapa tanaman. Ibu memberi beberapa tanaman hias untuk dipajang di teras, sementara bapak memberi tanaman obat bernama binahong. 

Saat itu, bapak dengan panjang lebar menceritakan manfaat binahong. Saya hanya menjawab “ya, ya” saja. Ibu juga memberi bekal pupuk buatan untuk tanaman-tanaman yang ia beri. Namun sayang, saya tak telaten merawat tanaman pemberian mereka. Satu persatu tanaman-tanaman itu mati dan kini tinggal satu pot tanaman hias yang tersisa. 

Duh, maaf ya pak, bu. Waktu saya saat ini memang lebih banyak mengurus keluarga dan mengembangkan hobi menulis. Ingin juga sih bertanam di pot di teras rumah. Namun sepertinya harus lebih banyak lagi ilmu bertanam yang saya pelajari supaya saya bisa merawat tanaman yang saya tanam. Berbeda dengan bapak yang sudah pensiun, beliau sudah punya banyak waktu luang sekarang dan bertanam memang hobi beliau.



Suatu pagi saat pulang kampung lebaran kemarin, saya mengikuti aktivitas bapak memberi makan ayam di kandang ayam belakang rumah. Raissa dengan antusias juga ikut, ingin melihat ayam-ayam diberi makan. Di belakang rumah bapak, selain ada kandang ayam ada juga berbagai tanaman buah dan obat. Salah satunya adalah binahong. Bapak terbiasa mengkonsumsi binahong sebagai obat dengan cara dimakan seperti lalap. 

Saya pun langsung teringat tanaman binahong yang bapak beri. Andai saja saya bisa mempertahankan si binahong, tentu manfaatnya sudah bisa saya petik. Tanaman asli Amerika Selatan ini memiliki manfaat untuk memperbaiki gagal ginjal, menyembuhkan batuk dan radang paru-paru. Menurut penelitian yang dilakukan Biofarmaka IPB, kandungan saponin dalam binahong berkhasiat sebagai anti bakteri sehingga banyak digunakan sebagai penyembuh berbagai luka.

Daun binahong yang diremas dapat menyembuhkan luka ringan akibat sayatan benda tajam. Herbalis Maria Margaretha Andjarwati memberikan resep luka bakar dengan menggunakan binahong. Ambil 7 helai daun binahong, tumbuk halus dan balurkan ke atas luka. Lakukan cara itu hingga sembuh.

Binahong juga dapat memperlancar aliran darah dan mempercepat pemulihan pasca operasi. Dokter herbalis dr. Zainal Gani meresepkan binahong untuk melancarkan darah dan mempercepat pemulihan pasca operasi dengan cara merebus 10-15 gram daun binahong segar dalam 1 gelas air mendidih. Konsumsi air rebusan itu sehari 3 kali, maksimal 4 kali.

Hayo, siapa yang di rumahnya punya tanaman obat seperti binahong? Bagi tipsnya yuk bagaimana cara merawat tanaman obat seperti binahong. Saya tentunya tidak mau mengulnag pengalaman lama yang gagal mempertahankan tanaman obat.

Sumber referensi:
100 Plus Herbal Indonesia, Trubus Volume 11.

14 comments :

  1. Aku punya binahong mbak di blkng rmh...sirih jg ada...susah2 gampang merawatnya... dua daun tsb mmg byk khasiatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagi tipsnya dong mba cara merawat tanaman ini..

      Delete
  2. Asal rajin disiram....kayaknya bisa deh mb. Aku nggak nanem sih....tp tetangga ada yang punya. Baru nanem sirih ak mb....tp masih sering lupa nyirami:-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu masalah sy juga mba, suka lupa siram

      Delete
  3. aku mah kalo ada juga pasti gak ngeh itu apa mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya mba, abis bentuknya itu seperti daun umumnya aja

      Delete
  4. saya pernah mengkonsumsi binahong mba buat ngobatin batuk
    sangat ampuh sekali

    ReplyDelete
  5. woalah aku kira binahong itu apa, tanaman obat toh hihi

    ReplyDelete
  6. di kampung nenek saya ada tanaman binahong

    ReplyDelete
  7. dulu di belakang rumahku ada binahong tapi sekarang udah enggga ada ga kerawat

    ReplyDelete
  8. Ngacung :))

    Sama dengan saya Mbak Kania. Bapak saya hobi banget bercocok tanam (sementara saya tidak hihihi). Di rumah (saya tinggal dengan orng tua), ada bbrp area tempat binahong tumbuh. Saya sering meminum air rebusannya. Efeknya ada juga, badan terasa lebih segar. Bagus juga buat menurunkan asam urat dan kolestreol, juga gula, Mbak

    Saya pernah bikin tulisannya, bbrp tahun yl:

    http://www.mugniar.com/2012/03/binahong-si-hijau-yang-berkhasiat.html

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...