Wednesday, July 8, 2015

Berpetualang Bersama Si Boci



Waktu berbuka puasa merupakan waktu yang ditunggu-tunggu semua umat Islam, termasuk saya sekeluarga. Kalau sudah Ashar, si kakak Zaidan sebentar-sebentar bertanya sama saya yang sedang masak di dapur. “Mi, jam berapa sekarang?” 

Kalau sudah kelihatan lapar dan haus, saya biasanya menawarkan Zaidan untuk berbuka. Usianya baru 8 tahun, belum wajib berpuasa. Kalau sedang sehat walafiat, biasanya kakak Zaidan akan bertahan, mencoba berpuasa sampai Maghrib. Mudah-mudahan sehat terus supaya bisa puasa sampai Maghrib terus.

Kalau masak sudah selesai, sudah shalat Ashar dan mandi sore, saya menemani anak ngabuburit. Tau kan ya istilah ini, artinya menunggu waktu berbuka di sore hari. Seringnya kami di rumah saja sih, melakukan berbagai kegiatan yang menarik sambil menunggu bedug berbunyi. Salah satunya, dengan bermain gadget.
petualanganboci.com
Sebenarnya, peraturan main gadget di rumah hanya hari Sabtu dan Minggu. Namun, karena libur sekolah dan berpuasa, peraturannya jadi longgar deh. Saya membolehkan kak Zaidan main gadget biar puasanya semangat. Tapi, seperti biasa, sebelum main gadget biasanya tugasnya seperti mandi dan membaca Alquran, harus sudah selesai.

Kebanyakan game di gadget kami adalah game sang kakak yang sebagian belum bisa dimainkan sang adik. Kadang dia cuma duduk di samping sang kakak yang sedang memainkan gamenya. Makanya, kemarin saya download-kan game buat Raissa. Sebuah game edukasi yang pasti disukai anak-anak usia 2-6 tahun. Namanya petualangan Boci. Boci sendiri adalah bunglon cilik yang tinggal di bawah potongan pohon besar bersama ayah ibunya. Banyak petualangan seru si Boci yang bisa dieksplor oleh anak.

Saya mencoba install seri baru petualangan si Boci yaitu Bociland Carnival atau Taman Bermain Boci Pasar Malam. Mm, menarik kan. Coba, kapan terakhir kita ke pasar malam? Saya sendiri sudah lama sekali rasanya tidak pergi ke pasar malam. Anak-anak bahkan belum pernah. Bayangan tentang pasar malam selalu ada lampu berwarna-warni, bianglala, dan berbagai permainan menarik lainnya yang pasti disukai anak.

Ini nih link seri terbaru Boci:
petualanganboci.com

Tapi, ternyata smartphone saya sepertinya terlalu penuh. Jadi, ketika berhasil diinstal, di tengah permainan game akan berhenti. Raissa jelas kecewa. Tapi, ternyata selain petualangan di Pasar Malam, masih banyak seri game edukasi lainnya dari si Boci. Ada seri petualangan, mewarnai, berhitung, dan sebagainya. Saya dan Raissa mencoba Boci Play "Tebak Warna" dan Petualangan Boci "Warna".

Boci Play: tebak Warna

Minigames ini sebenarnya untuk anak usia 1-3 tahun. Sedangkan Raissa sudah hampir 4 tahun. Tapi, Raissanya mau main game ini. Minigames ini bercerita tentang Kamar Boci sangat berantakan. Berbagai benda dengan berbagai warna bertebaran di kamarnya. Anak diminta membantu Boci untuk memilah dan menyimpan benda ke dalam box sesuai dengan warnanya. Beragamnya objek dan warna dalam game ini bertujuan untuk melatih kepekaan anak terhadap warna dan mengenalkan anak kepada bentuk dan objek, terutama yang sering ditemukan sehari-hari.

petualanganboci.com
Raissa asyik banget, dengan mudah ia memindahkan berbagai benda milik si Boci ke box yang warnanya sesuai. Malah, kakaknya jadi ikut-ikutan main. Minigames ini tersedia dalam 2 bahasa, bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Jadi, selain belajar warna anak juga bias belajar bahasa Inggris dengan menyenangkan. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan musik, narasi, dan efek suara yang lucu dan menarik untuk anak-anak.

Ini vidoe ketika Raissa dan kakak asyik bantuin merapikan kamar si Boci.


Untuk menginstal  minigames ini klik saja link ini:

Petualangan Boci: Warna (Dikejar Kucing Misterius)

Petualangan Boci “Warna" adalah storybook interaktif untuk anak yang berisi ilustrasi-ilustrasi menarik dan juga minigame tentang warna. Storybook ini membawa anak dan orang tua untuk berpetualang bersama dalam mengeksplorasi warna sambil belajar tentang nilai-nilai hidup.
Ceritanya ada dua sahabat, Boci dan Kato seekor burung kakatua, yang sangat senang bermain lumpur dan mengotori hutan. Suatu hari, orang tua Boci pergi dan berpesan kepada Boci agar berjanji untuk tidak bermain di dekat rumah pak Belalang karena ada bahaya mengintai di sana. Akan tetapi meskipun sudah berjanji, Boci dan Kato tetap pergi bermain ke sana. Disaat sedang asik bermain, tanpa mereka sadari ada seekor kucing yang mengawasi dari balik kegelapan dengan sepasang mata berwarna hijau menyala. Tiba-tiba kucing tersebut melompat keluar dan mengejar Boci dan Kato. Anak diminta menyelamatkan Boci dan Kato dari kejaran kucing itu.

petualanganboci.com




Dalam seri ini, anak akan diajak untuk bermain dan belajar mencampur warna dalam misi menyelamatkan Boci dari kejaran si Kucing . Sama seperti aplikasi yang lain, petualangan Boci “Warna” juga tersedia dalam 2 bahasa yatiu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Anak juga bisa memilih ceritanya akan dibacakan oleh aplikasi atau oleh orangtua. 
Seri petualangan Boci “Warna” terdiri dari 35 halaman cerita bergambar yang interaktif, banyak minigames, dan dilengkapi dengan halaman eksperimen. Narasi, musik, lagu, dan efek suaranya yang sangat menarik pasti disukai anak.
Petualangan Boci “Warna” sudah mendapat penghargaan loh, antara lain:
  • MERIT Award APICTA 2013 (Asia Pasific ICT Alliance) di Hongkong pada kategori Profesional E-Learning Category.
  • Best Prototype 2013 oleh Segitiga.net
Ini video saat Raissa membantu Boci menyeberang sungai, menghindari kejaran si kucing.


Untuk mengunduh aplikasi Petualangan Boci “warna”, klik link ini:

Melalui petualangan Boci, orangtua diajak untuk membantu anak dalam memahami dan menjelajahi cerita yang ada. Pada akhirnya, interaksi antara anak dan orang tua adalah hal yang menjadi tujuan utama dari aplikasi ini. Mau mencobanya? Atau, ingin lebih tahu aplikasi lainnya? Lihat di www.petualanganboci.com ya. Selamat berpetualang!


16 comments :

  1. *langsung cuss ke GooglePlay*

    Sedja biasanya selama ini paling nonton Upin Ipin di Yutub, makasih infonya ya mbak :))

    ReplyDelete
  2. seru ni bisa buat variasi maenan anak klo pas bosen :D

    ReplyDelete
  3. Ahh udah lama nggak buka-buka google play dan belum update juga dengan games hihihi

    ReplyDelete
  4. Wah, hebat sudah bisa puasa sampe maghrib, penasaran sama boci, main dulu ah ke playstore hehehe

    ReplyDelete
  5. Wah, hebat sudah bisa puasa sampe maghrib, penasaran sama boci, main dulu ah ke playstore hehehe

    ReplyDelete
  6. Lucu gambarnya ya mak, kayaknya seru jadi pengen download juga nih. Kadangan aku bingung milihin game yg sesuai umur buat keponakan. Taunya pou aja sampe bosen :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya dan anak malah belum pernah main pou

      Delete
  7. wah asyik ya main sama Boci, yobain ah buat Alvin

    ReplyDelete
  8. Mau ah..nyobain ke ken..
    Tengkiu infonya ya mbak :)

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...