Monday, June 1, 2015

Menikmati Sejuknya Air Curug Putri di Bumi Perkemahan Palutungan



Hari Minggu kemarin, saya dan keluarga kecil berkunjung ke rumah orangtua saya. Kesempatan langka ini, kami gunakan sebaik-baiknya dengan berkunjung singkat ke rumah saudara dan jalan-jalan ke tempat wisata terdekat. 



Sumber: http://www.visitkuningan.com/id/images/stories/wisata/pinuspalutungan.jpg


Kami mengunjungi curug (air terjun) Putri yang terletak di dalam areal Bumi Perkemahan Palutungan, di Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. Tempat ini berada di ketinggian 1.100 – 1.150 mdpl di kaki Gunung Ciremai (Gunung tertinggi di Jawa Barat) dengan curah hujan 3.000 mm/tahun, dan sejuknya suhu udara antara 20 – 24C. Arealnya sebagian cukup datar hingga sangat cocok untuk dijadikan tempat perkemahan dan tempat outbound/gathering bersama keluarga atau teman. Dinaungi rindangnya pepohonan pinus merkusi khas pegunungan, membuat suasana di bumi perkemahan Palutungan menjadi lebih akrab dan romantis.

Curug Putri terletak 500 meter dari Bumi Perkemahan palutungan. Tinggi air terjun sekitar 20 meter dengan kualitas air yang sangat jernih karena berasal dari mata air alami Hutan Gunung Ciremai. Airnya dingiiin banget. Meski begitu, Zaidan dan Raissa tak ragu untuk bermain-main dengan air Curug Putri. 


Konon, nama Putri berasal dari legenda tempat tersebut sebagai tempat pemandian para putri dari Kahyangan, tempat para bidadari turun ke Bumi. Apabila ada hujan gerimis dan matahari bersinar maka dari Curug Putri ini dapat dilihat Pelangi sehingga masyarakat meyakini bahwa saat pelangi muncul artinya para dewi yang cantik jelita dari kahyangan sedang turun ke bumi. Tentu saja ini hanya legenda, karena bidadari itu hanya ada di surga yang disediakan Tuhan Allah SWT untuk orang-orang yang soleh.

Dari bumi perkemahan ini, pengunjung dapat melihat pemandangan spektakuler ke arah Kota Kuningan, Cirebon, Majalengka, waduk Darma, Ciamis, dan Laut Jawa. View spektakuler bumi perkemahan Palutungan tersebut (katanya) sebagai yang terbaik di Kabupaten Kuningan Di sepanjang jalan menuju tempat ini pun, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan dimana penduduk setempat sedang beraktivitas di ladang mereka. Sungguh takjub melihat para petani itu memanen hasil tanam mereka sendiri berkarung-karung seperti tanaman seledri, daun bawang, wortel, dan sebagainya. Sangat tepat jika datang ke tempat ini untuk melepas lelah, menghargai hasil kerja petani, dan mengagumi ciptaan Allah SWT. 



Dari pusat kota Kuningan, Curug Putri dan Bumi Perkemahan Palutungan dapat ditempuh dalam jarak 10 km atau selama 15 menit menggunakan kendaraan. Akses Jalan dua jalur sudah diaspal dan dapat dilalui oleh berbagai jenis kendaraan termasuk sedan. Dalam perjalanan menuju Bumi Perkemahan Palutungan akan dilewati beberapa obyek wisata Kabupaten Kuningan diantaranya Wisata Air Cigugur Fish Spa dan Wisata Religi Umat Kristiani Gua Maria.

Fasilitas Bumi Perkemahan Palutungan dilengkapi dengan Tempat Parkir, Toilet Umum, Sarana Ibadah, Warung Jajanan, Pusat Informasi, Sarana Olahraga, dan lainnya. Tiket masuk cukup terjangkau, hanya 12 ribu per orang (dewasa). Curug Putri dan Bumi Perkemahan Palutungan saat ini telah digunakan oleh masyarakat Kabupaten Kuningan, Cirebon dan sekitarnya untuk aktifitas kumpul keluarga, gathering dan outbound perusahaan, perkemahan sekolah, pelatihan alam, dan lainnya. Untuk informasi mengenai fasilitas dan sarana outbound serta paket- paketnya dapat menghubungi langsung pengelola di email linggarjati@visitkuningan.com.

Sumber referensi:
 
 

14 comments :

  1. Tempatnya sejuk bgt sptnya ya mbak...air terjunnya apalagi...segerrr...jd inget dl wkt sma...maen ke air terjun..

    ReplyDelete
  2. tempatnya asyik banget nih. kalau dari Bogor, gimana rutenya ya? nanti coba lihat google maps. makasih sharingnya nih Mak Kania

    ReplyDelete
    Replies
    1. dari Bogor lewat jalan tol kayanya mak ke arah cirebon atau Kuningan. Kalo dari Jakarta 7 jam an kalo lancar mak

      Delete
  3. indah banget pemandanganya,, mau donk kesanah. hihi

    ReplyDelete
  4. ooh ini di kuningan ya mba ternyata

    ReplyDelete
  5. Wah indah dan sejuk ya mbak, pemandangannya masih alami membuat saya takjub....

    ReplyDelete
    Replies
    1. jalan ke alam selalu membuat takjub mak...

      Delete
  6. Anak2 lagi ujian semua, jadi pengin piknik nih, refreshing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak saya juga baru hari ini ujian mak

      Delete
  7. Curug nya cantik. Saya baru tau klo da curug dari aliran gunung ciremai

    ReplyDelete

Terimakasih sudah meninggalkan komentar yang baik dan sopan.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...